6 Cara Menjaga Kesehatan Mata

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Seiring bertambahnya usia atau karena kondisi kesehatan tertentu, pengelihatan bisa menjadi lebih buruk. Namun, ada sejumlah cara alami yang dapat dilakukan untuk melindungi atau menjaga kesehatan penglihatannya.

Ada beberapa cara alami dan intervensi gaya hidup yang dapat membantu seseorang meningkatkan dan melindungi penglihatan mereka.

Pada artikel ini, kami menyajikan 6 cara untuk menjaga penglihatan tetap baik atau mencegah jadi lebih buruk.

1. Tidur yang cukup

Ketika Anda terlalu lelah, mata Anda bisa lebih mudah tegang dan terasa kering. Tidur yang cukup dapat mencegah mata mudah lelah dan menjaga kesehatan penglihatan.

2. Berolahraga secara teratur

Fisik yang bugar dan rajin olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke mata. Ini juga dapat membantu mengurangi mata kering.

3. Lindungi mata dari sinar matahari

Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat Anda berada di bawah paparan sinar matahari yang cukup lama. Kaca mata UV membantu untuk mencegah sinar berbahaya yang dapat mengurangi kesehatan penglihatan Anda.

4. Beristirahatlah dari waktu layar

Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk melihat layar, seperti komputer atau smartphone, istirahatlah dan lihat pemandangan setidaknya sejauh 6 meter setiap 20 menit paparan layar selama 20 detik. Cara ini dapat membantu mencegah mata tegang, yang dapat menyebabkan mata lelah, sakit kepala, tegang leher, dan penurunan penglihatan.

5. Mengontrol diabetes

Kadar gula yang tinggi dalam darah secara bertahap dapat merusak pembuluh darah di retina, menyebabkannya menjadi bengkak, bocor, atau tersumbat. Ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan parut dan pembuluh darah baru yang abnormal.

Tanpa pengobatan, retinopati diabetik dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan akhirnya kebutaan. Orang dengan kontrol gula darah yang buruk berisiko lebih tinggi terkena kondisi ini.

Perubahan gula darah yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan penglihatan kabur yang hilang ketika kadarnya menjadi lebih stabil. Mempertahankan kontrol gula darah yang baik dan melakukan pemeriksaan mata tahunan dapat membantu mengurangi risiko terkena retinopati diabetik.

6. Makanan Alami Kaya Vitamin atau Suplemen

Makan makanan yang bernutrisi seimbang dan sehat, yang kaya akan antioksidan dan vitamin A seperti wortel dan ikan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Makan makanan yang bergizi bergizi dapat membantu meningkatkan penglihatan dan memperlambat kehilangan penglihatan terkait usia.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, C, dan E baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menurunkan risiko degenerasi makula.

Cara terbaik mendapatkan cukup vitamin ini adalah dengan makan buah-buahan dan sayuran yang bervariasi dan seimbang. 

Sumber vitamin A, C, dan E yang baik diantaranya :

  • Brokoli
  • Jeruk
  • Pepaya
  • Bayam
  • Wortel
  • Paprika merah
  • Labu
  • Almond

Karotenoid yang terdapat pada sayuran dan buah berwarna merah, oranye dan kuning dapat membantu membatasi kerusakan oksidatif.

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan laut juga berperan dalam kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia. Bisa juga omega-3 didapat dari mengonsumsi suplemen omega-3.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Mata Minus

 

Sumber

WebMD. (2020). How to Keep Your Eyes Healthy. www.webmd.com

NVision. (2019). HOW TO IMPROVE YOUR EYESIGHT NATURALLY (FACTS & MYTHS). www.nvisioncenters.com

Medical News Today. (2019). How to improve and protect eyesight without glasses. www.medicalnewstoday.com