8 Manfaat Penting Kacang Almond

8 Manfaat Penting Kacang Almond

Image : naturalfoodseries.com

Penulis : Dhiya | Editor : Niahappy

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki segudang manfaat. Kacang almond mengandung protein, serat, zat besi, kalsium, vitamin E, lemak nabati, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kacang almond atau prunus dulcis ini biasa dikonsumsi sebagai cemilan sehat atau sebagai campuran dari suatu makanan.

Kacang almond memiliki harga yang relatif mahal, namun banyak orang yang senang mengkonsumsinya. Harga yang mahal bukanlah penghalang bagi yang gemar dengan kacang ini, karena pada dasarnya kacang almond memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang akan bisa Anda dapatkan dari kacang almond:

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengendalikan Gula Darah

Almond terbukti dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini disebabkan karena almond mengandung magnesium yang tinggi. Almond mengandung hampir dari setengah jumlah harian yang direkomendasikan hanya dalam 2 ons almond. Bagi Anda pengidap diabetes dan memiliki kadar magnesium yang rendah, almond bisa menjadi solusinya.

2. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Sistem saraf pusat manusia adalah otak, jika sistem terganggu maka sistem yang lainnya pun dapat terganggu. Untuk menjaga sistem otak tetap bekerja dengan baik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rutin mengkonsumsi kacang almond.

Kandungan vitamin E berfungsi untuk mencegah penurunan kognitif otak, meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas memori otak. Selain itu, vitamin B di dalam kacang almond juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan kemampuan komunikasi antar sel-sel otak.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan dan hobi ngemil, hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi kacang almond. Karena kacang almond merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik untuk mengurangi nafsu makan Anda, sehingga Anda dapat merasa lebih kenyang. Serta jika pola makan Anda dilengkapi dengan kacang almond akan mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan makanan berkarbohidrat tinggi.

4. Mengobati Peradangan

Kacang almond dapat mengatasi peradangan khususnya yang berhubungan langsung dengan darah dan jantung. Kacang almond dapat menghasilkan flavonoid antioksidan sehingga tidak ada celah bagi virus atau bakteri untuk menembus dinding arteri.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kacang almond dikonsumsi dengan cara direbus supaya senyawa baik yang di dalamnya tidak hilang. Dianjurkan untuk tidak menggoreng kacang almond karena akan bercampur dengan minyak sehingga kurang baik untuk dikonsumsi.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kacang almond secara rutin dapat membuat jantung lebih kuat dan sehat. Selain itu kacang almond juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner. Kandungan lemak omega 3, magnesium, mangan, tembaga, dan kalsium dapat menangkal berbagai macam ancaman penyakit, menurunkan kadar LDL, serta menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah Penuaan

Penuaan merupakan salah satu masalah bagi sebagian wanita. Selain membuat kulit wajah yang tampak tidak segar, penuaan juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Kacang almond dapat membuat kulit wajah Anda terbebas dari penuaan atau kerutan.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam kacang almond membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit. Jika Anda mengaplikasikan kacang almond ke wajah, dapat membantu mencegah munculnya garis-garis halus atau keriput.

7. Membuat Kulit Lebih Sehat

Kacang almond yang diaplikasikan pada wajah bisa membuat kulit wajah lebih sehat. Anda bisa menggunakan kacang almond sebagai masker wajah dengan cara ditumbuk hingga halus. Kandungan asam lemak essensial, protein, dan serat dapat membantu melembapkan, menghaluskan, menghidrasi sekaligus membuat wajah Anda tampak lebih cerah.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam kacang almond bermanfaat untuk menghilangkan mata panda dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, semua kandungan tersebut dapat membantu menangkal berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, komedo, flek hitam, bahkan kanker kulit.

8. Membuat Rambut Lebih Indah

Berbagai masalah kerusakan rambut seperti rambut rontok dan kulit kepala gatal bisa Anda atasi dengan kacang almond. Kandungan vitamin E, biotin, mangan, tembaga, asam lemak, dan zinc dapat mengatasi rambut rontok, menyehatkan kulit kepala, menyehatkan jaringan rambut, menjaga kesehatan rambut, serta memperbaharui sel rambut kulit kepala.

Sebaiknya oleskan minyak almond ke rambut Anda seminggu sekali sehingga dapat memperbaiki kualitas rambut dan membuat kulit kepala lebih lembap.

Beberapa manfaat kacang almond di atas bisa Anda dapatkan dari kacang almond secara langsung maupun produk olahan almond seperti minyak almond. Sebaiknya lakukan perawatan atau mengonsumsi kacang almond secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

Sumber:
Halodoc. (2018). 6 Dampak Kacang-Kacangan untuk Kesehatan dan Kecantikan. www.halodoc.com
Dokter.id. (2016). Manfaat Almond untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan. www.dokter.id
Buku Medis. (2018). 47 Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan dan Kesehatan Terbukti Ampuh Mengatasi Berbagai Macam Penyakit. www.bukumedis.com
Naturalfoodseries. (2019). 13 Impressive Health Benefits of Almond. www.naturalfoodseries.com
Medicalnewstoday. (2017). The Heatlh Benefits of Almonds. www.medicalnewstoday.com



Add Your Comment