Ketahui Manfaat Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Buah mahkota dewa atau Phaleria macrocarpa merupakan salah satu tanaman obat yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengatasi peradangan, mencegah tubuh terkena berbagai infeksi, dan masih banyak lagi. Tanaman Mahkota Dewa berasal dari Papua, tapi kini sudah semakin banyak dibudidayakan di kota lain di Indonesia seperti Yogyakarta dan Surakarta.

Pada awalnya, tanaman mahkota dewa ditanam sebagai tanaman hias karena bentuk buahnya bulat dan berwarna hijau ketika masih muda dan ketika matang akan berubah berwarna merah maroon.

Tidak hanya itu, buah mahkota dewa juga licin dan memiliki alur serta daging buahnya berwarna putih. Biji mahkota dewa berbentuk bulat, bertekstur keras dan berwarna cokelat dan tidak boleh untuk dikonsumsi karena beracun.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Banyak orang menjadikan buah, daun, dan batang dari tanaman mahkota dewa sebagai obat herbal. Hal ini karena daun tanaman mahkota dewa memiliki kandungan senyawa polifenol, saponin, dan alkaloid. Sedangkan kulit buah mahkota dewa mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Buah mahkota dewa mengandung jenis senyawa lebih banyak yaitu tanin, flavonoid, alkaloid, fenol, saponin, minyak atsiri, dan sterol.

Oleh karena itu, buah mahkota dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah mahkota dewa mengandung senyawa saponin yang berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh memproduksi antivirus dan antibakteri sehingga daya tahan tubuh dapat meningkat dan Anda dapat terhindar dari sakit. Selain itu, kandungan saponin juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Oleh karena itu, buah mahkota dewa kerap dianggap sebagai salah satu obat diabetes alami. Meski begitu, bagi Anda penderita diabetes sebaiknya tidak hanya mengonsumsi buah mahkota dewa saja sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi diabetes.

2. Membersihkan Racun di Dalam Tubuh

Buah mahkota dewa mengandung senyawa alkaloid yang dapat mendetoksifikasi atau membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun yang berada di dalam tubuh perlu dibersihkan karena jika dibiarkan menumpuk di dalam tubuh dapat berisiko membahayakan kesehatan.

3. Membantu Melancarkan Pembuluh Darah

Buah mahkota dewa mengandung zat flavonoid yang berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah yang mengalami penyumbatan. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menghilangkan kolesterol dan lemak sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

4. Meredakan Alergi

Buah mahkota dewa mengandung polifenol yang bermanfaat sebagai anti histamin atau anti alergi. Antihistamin memang sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi reaksi alergi seperti saat Anda tergigit serangga, biduran, konjungtivitis, dan hayfever. Tidak hanya itu, kandungan antihistamin ini juga dapat meredakan mabuk perjalanan atau motion sickness dan anemia jangka pendek.

5. Mengatasi Hipertensi

Buah mahkota dewa mengandung senyawa flavonoid yang diyakini dapat membantu membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah atau mengatasi hipertensi.

6. Mengatasi Peradangan

Buah mahkota dewa memiliki banyak antioksidan yang kuat seperti flavonoid, terpenoid, tanin, polifenol, saponin, dan alkaloid. Ekstrak buah dari tanaman herbal ini memiliki manfaat sebagai anti radang yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid.

7. Mengontrol Kadar Minyak pada Kulit Wajah

Buah mahkota dewa sering diolah menjadi produk herbal salah satunya yaitu teh mahkota dewa. Jika teh tersebut dikonsumsi secara teratur pada seseorang yang mengalami kulit berminyak, teh mahkota dewa dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar minyak sehingga kulit wajah tidak mudah tampak kusam dan mencegah munculnya jerawat.

Meski buah mahkota dewa memiliki banyak manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh, Anda tetap harus berhati-hati jika menggunakan buah tersebut sebagai obat. Hal ini karena tanaman buah mahkota dewa tidak boleh dimakan mentah-mentah karena dapat menimbulkan risiko efek samping yang fatal.

Anda juga perlu mengingat bahwa meski buah mahkota dewa sering dijadikan sebagai obat herbal, obat tersebut tidak dapat menggantikan obat yang diberikan oleh dokter. Selain itu, tidak semua orang dapat mengonsumsi obat herbal apalagi jika Anda memiliki riwayat alergi tertentu yang terkandung dalam tanaman ini.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan

Sumber

Core. Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa Dalam Upaya Mengurangi Kadar Minyak Berlebih pada Jenis Kulit Wajah Berminyak. core.ac.uk

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak. (2021). Manfaat Herbal Mahkota Dewa. dinpertanpangan.demakkab.go.id

Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2022). Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi. dinkes.jogjaprov.go.id

IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. (2019). Effect of Mahkota Dewa Ethanolic Extract (Phaleria macrocarpa) to Kidney Histology of Preeclampsia Rats. ipscience.iop.org