8 Tips Ampuh Bepergian Tanpa Mabuk Perjalanan

8 Tips Ampuh Bepergian Tanpa Mabuk Perjalanan

Image : womenfitness.com

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Apakah Anda sering merasa mual saat perjalanan dengan menggunakan mobil, bus, kapal atau kereta api? Jika ya, berarti Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami hal serupa. Tentu kondisi ini sangat mengganggu, saat Anda berharap selama perjalanan akan menyenangkan justru yang terjadi Anda tidak dapat menikmatinya karena ingin muntah. 

Mabuk perjalanan terjadi ketika tubuh mengirim sinyal yang bertentangan sehingga otak tidak dapat menafsirkan dengan benar. Bukan hanya itu, faktor kesehatan, seperti sedang masuk angin atau perut dalam keadaan kosong juga dapat mengakibatkan mabuk perjalanan. Gejala umum mabuk perjalanan, yaitu mual, pusing, pucat, berkeringat, dan perasaan tidak enak badan.

Agar perjalanan Anda tidak terganggu, di bawah ini ada tips ampuh untuk mengantisipasi mabuk perjalanan. Simak yuk!

Baca Juga : Cara Alami Atasi Pusing dan Mual

1. Atur Posisi Duduk

Saat Anda bepergian menggunakan kendaraan umum, seperti bus, kapal, pesawat atau kereta pilihlah tempat duduk di bagian depan. Kalau ada kesempatan duduk di samping pengemudi sebaiknya manfaatkan hal itu, khususnya bagi Anda yang menggunakan mobil dan bus. Selain lebih luas, duduk di kursi depan memudahkan Anda untuk melihat pemandangan depan dengan jelas sehingga dapat mengurangi rasa mual. Anda juga bisa mengobrol dengan pengemudi selama di perjalanan.

Begitu pula saat Anda menggunakan kereta, duduk di dekat jendela dan menghadap ke arah lokomotif adalah posisi yang tepat karena dapat menurunkan tingkat kejenuhan.

Namun, lain halnya apabila Anda bepergian dengan menumpang kapal dan pesawat terbang, usahakan memilih tempat duduk yang berada di sebelah jendela bagian tengah sayap pesawat atau kabin kapal untuk meminimalisir guncangan selama perjalanan.

2. Jaga Pandangan

Jika Anda pengemudi, kecil kemungkinan Anda akan merasakan mabuk perjalanan. Ini mungkin karena Anda terus-menerus fokus pada jalan di depan dan mengontrol laju kendaraan. Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh penumpang. Untuk mencegah mabuk perjalanan, fokuskan pandangan ke depan pada satu titik. Sesekali lihatlah ke luar jendela bagian depan, stabilkan pandangan pada suatu titik di kejauhan.

3. Cobalah Untuk Tidur

Tidur atau setidaknya memejamkan mata adalah cara paling ampuh untuk mengantisipasi mabuk perjalanan. Bahkan banyak orang telah membuktikannya. Dengan tidur, otak akan mengabaikan beberapa informasi visual dan sinyal yang tubuh kirimkan karena mata Anda tertutup. Jika kesulitan untuk tidur, Anda dapat meminum obat tidur sebelum berangkat. Pastikan Anda tidak mengemudi selama perjalanan.

4. Hindari Bermain Gadget Terlalu Lama

Kebanyakan dari Anda pasti beranggapan bahwa dengan bermain gadget dapat membuat perjalanan menjadi lebih singkat. Padahal, bermain gadget terlalu lama selama perjalanan justru bisa membuat Anda pusing dan mual, lho. Ketika mata berfokus pada satu titik bukan pada pergerakan otomatis akan membuat Anda jadi lebih mudah mabuk perjalanan. Oleh karena itu, gunakan gadget seperlunya saja. Jika bosan, Anda dapat mengatasinya dengan mendengarkan musik lewat earphone atau menyalakan radio di dalam mobil.

Baca Juga : Dampak Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

5. Sesekali Buka Jendela dan Hirup Udara Segar

Selama perjalanan, pastikan Anda mendapat udara yang cukup dalam kendaraan. Udara pengap dan bau yang bercampur adalah salah satu pemicu rasa mual dan mabuk perjalanan. Dengan membuka jendela, dapat terjadi sirkulasi udara sehingga udara di dalam kendaraan menjadi segar. Namun, Anda harus lihat kondisi sekitar dahulu, jangan membuka jendela ketika kondisi di luar penuh dengan polusi udara.

6. Pastikan Perut Sudah Terisi

Sebelum bepergian, ada baiknya mengisi perut terlebih dahulu untuk mencegah mabuk perjalanan. Waktu terbaik untuk mengisi perut adalah 30 menit sampai 1 jam sebelum keberangkatan. Hindari makan makanan yang pedas, bersantan, dan berlemak yang rentan memicu rasa mual. Jika dirasa tidak sempat untuk mengisi perut sebelum berangkat, Anda dapat membawa camilan, seperti roti kering atau biskuit asin untuk mengurangi rasa lapar selama perjalanan.

7. Membawa Minyak Angin atau Aromaterapi

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, membawa minyak angin atau aromaterapi menjadi hal yang penting dan tidak boleh terlupakan. Selain untuk mencegah rasa mual selama perjalanan, minyak angin atau aromaterapi juga dapat digunakan untuk menghangatkan badan. Tahukan Anda jika pusar merupakan pintu angin di tubuh manusia? Jadi, untuk mengantisipasi mabuk perjalanan, Anda dapat mengoleskan minyak angin di daerah perut hingga pusar.

Baca Juga : 8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

8. Sempatkan Untuk Beristirahat

Apabila Anda melakukan perjalanan jauh, sempatkan berhenti sejenak untuk beristirahat. Anda dapat beristirahat selama 30 menit setiap 4 jam perjalanan atau dirasa cukup. Baik pengemudi maupun penumpang, sebaiknya keluar sebentar dari kendaraan dan lakukan peregangan kaki. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam melalui mulut untuk membuat tubuh Anda rileks. Dengan begitu, tubuh Anda akan siap melalui perjalanan panjang apalagi jika jalan yang dilalui berkelak-kelok.

Bagi Anda yang telah merencanakan liburan dalam waktu dekat dan sering mengalami mabuk perjalanan, semoga 8 tips di atas bermanfaat! Buat diri Anda senyaman mungkin agar perjalanan terasa menyenangkan.

Baca Juga : 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Sumber:
Divein. (2018). 21 Ways to Avoid Motion Sickness. www.divein.com
Draxe. (2017). How to Prevent Motion Sickness + 13 Natural Treatments. www.webmd.com
Medicinenet. (2018). 10 Tips to Prevent Motion Sickness. www.medicinenet.com
Rac (2018). How to put the brakes on motion sickness. www.rac.co.uk
Webmd (2018). Why Do I Get Motion Sickness? www.webmd.com
Whichcar (2019). How to prevent car sickness. www.whichcar.com