12 Minuman Sehat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

12 Minuman Sehat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Penulis: Mustika | Editor: Umi

Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda pasti telah melakukan banyak usaha, seperti berolahraga dan menjaga makanan yang Anda konsumsi. Faktanya, menurunkan berat badan ternyata tak cukup hanya dengan merubah kebiasaan tersebut.

Anda juga perlu mengimbanginya dengan minuman tertentu agar mempercepat proses penurunan berat badan. Berikut ini minuman sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan jika Anda memasukkannya ke dalam menu diet sehat Anda.

1. Jus Sayuran

Jika jus buah dikenal memiliki gula tinggi, sehingga perlu dihindari dalam menu diet Anda. Jus sayuran justru membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung banyak serat yang dapat mencegah rasa lapar. Di samping itu, jus sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Air Lemon

Air lemon dapat menjadi pilihan minuman rendah kalori yang membantu Anda menurunkan berat badan. Minuman ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, dan membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Untuk membuatnya, peras atau letakkan dua irisan jeruk lemon ke dalam segelas air atau teh.

Baca Juga : Mengenal Diet Mediterania

3. Air Jahe

Kandungan gingerol dalam jahe bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol jahat. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan, minum air jahe sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan mendorong tubuh untuk membakar kalori sehingga cara ini dapat membantu diet Anda berhasil.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki dua kandungan utama yang membantu membakar lemak yaitu kafein dan antioksidan. Kafein merupakan senyawa yang dikenal membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Sedangkan kandungan antioksidan dalam teh hijau yang disebut catechin berguna meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Untuk memaksimalkan manfaatnya, minumlah 2-3 cangkir teh hijau sehari. Konsumsi teh hijau secara teratur juga akan bermanfaat bagi kulit Anda.

5. Teh Hitam

Sama seperti teh hijau, teh hitam mengandung kafein (sekitar 47 mg) yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Selain kafein, kandungan polifenol dalam teh hitam juga berguna untuk mengurangi asupan kalori, meningkatkan bakteri sehat dalam usus, dan meningkatkan pembakaran lemak.

6. Kopi

Dibandingkan dengan teh hitam dan hijau, kopi memiliki kafein paling banyak yaitu sekitar 95 mg per cangkir. Selain itu, kopi juga mengandung theobromine, theophylline, dan asam klorogenat yang mampu meningkatkan metabolisme. Sayangnya, manfaat kopi untuk menurunkan berat badan tidak bisa digunakan dalam jangka panjang, sehingga kopi tidak bisa selalu diandalkan.

7. Air Kelapa

Air kelapa dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang karena mengandung rendah kalori, enzim, dan mineral alami. Kandungan asam laurat dalam air kelapa juga berguna meningkatkan metabolisme tubuh yang berkontribusi membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga : Ketahui Dampak dari Diet DEBM bagi Kondisi Tubuh

8. Air Putih

Air putih merupakan minuman paling sehat karena tidak mengandung kalori, memfasilitasi proses metabolisme, dan membantu detoksifikasi. Oleh karena itu, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi air putih daripada minuman yang mengandung banyak kalori.

Kandungan H2O dalam air putih juga memiliki kualitas yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi banyak air putih juga bisa membantu ginjal dan hati berfungsi dengan baik serta menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga membantu memuaskan nafsu makan Anda.

9. Yogurt

Penelitian yang dipublikasi oleh International Journal of Obesity menemukan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt secara teratur memiliki BMI lebih rendah, berat badan lebih rendah, pinggang lebih rendah, dan lemak tubuh lebih rendah.

Hal ini karena kandungan protein dalam yogurt bermanfaat untuk membangun otot dan menjaga rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihlah yogurt tanpa rasa dan tanpa tambahan gula.

10. Air Detoksifikasi (Infused Water)

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan tetap sehat pada saat yang sama, Anda dapat memilih air detoksifikasi. Air detoks adalah minuman sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

Untuk menyiapkan air detoks, Anda dapat menambahkan mentimun, irisan lemon, daun mint, dan irisan jahe ke dalam air dan disimpan dalam beberapa waktu. Konsumsi air tersebut di pagi hari dan sepanjang Anda beraktivitas.

11. Cuka Apel

Asam asetat merupakan bahan utama dalam cuka apel yang dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar insulin, dan membakar lemak. Dilansir dari Healthline, minum air campuran cuka apel juga dapat memperlambat laju pengosongan makanan dari perut anda sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda hanya perlu mengambil segelas air dan menambahkan satu sendok makan cuka apel. Pastikan tidak menambahkan cuka apel dalam jumlah ekstra karena mengonsumsi minuman dengan kandungan asam tinggi dapat mengikis gigi. Serta minumlah dengan sedotan untuk melindungi enamel gigi Anda dari kandungan asam.

12. Air Jintan

Jintan mengandung thymoquinone yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar dan meningkatkan proses pembakaran lemak. Anda bisa membuatnya dengan merendam satu sendok makan biji jintan ke dalam segelas air dan simpan semalaman. Kemudian saring campuran air pada pagi hari dan konsumsilah setiap pagi.

Itulah deretan minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Pastikan Anda mengonsumsi minuman tersebut dengan takaran tepat dan hindari penggunaan gula berlebih. Lakukan juga olahraga secara rutin agar berat badan turun secara efektif.

Baca Juga : 10 Kesalahan Diet yang Harus Dihindari

Sumber


Activebeat. Superfoods For Weight Loss! www.activebeat.com
Healthline. 2018. The 8 Best Weight Loss Drinks. healthline.com
Healthline. 2018. How Green Tea Can Help You Lose Weight. www.healthline.com
Medical News Today. 2019. What are the best drinks for losing weight? www.medicalnewstoday.com
NDTV. 2019. 5 Weight Loss Boosting Drinks To Kick-Start Your Morning With. www.ndtv.com