Beragam Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Image : nutridiction.id

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Dikenal sebagai minuman alami yang baik bagi tubuh, air kelapa kini banyak dikonsumsi. Air kelapa populer digunakan untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau penyakit seperti diare. Terlebih lagi, air kelapa memiliki beragam nutrisi penting terutama mineral elektrolit yang penting untuk mengontrol keseimbangan cairan tubuh, baik di luar dan di dalam sel di tubuh Anda. Selain itu, air kelapa mengandung vitamin C, potasium, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Tidak seperti sari pada buah lainnya, air kelapa tidak memiliki rasa / rasanya ringan, dan memiliki kadar gula dan kalori yang rendah. Sebagai minuman biasa, air kelapa dianggap aman. Dalam satu gelas  air kelapa, sekitar 200 gram, terdapat 45 – 60 kalori.

Di balik kesegarannya,  air kelapa memang kaya akan manfaat. Berikut setidaknya 4 manfaat utama dari air kelapa bagi tubuh.

1. Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang

Air kelapa secara alami mengandung mineral elektrolit yang membuatnya sangat cocok untuk minuman rehidrasi saat panas terik matahari, saat berbuka puasa, dan setelah olahraga. Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, banyak orang memilih air kelapa muda sebagai minuman elektrolit.

Dilansir dari Web MD, ahli gizi olahraga Nancy Clark mengungkapkan bahwa air kelapa lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air putih biasa, sehingga proses penggantian cairan tubuh yang hilang bisa lebih cepat.

Baca Juga : Ragam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Performa Olahraga

Berhubungan juga dengan cairan tubuh yang hilang, saat berolahraga cairan tubuh bisa tidak seimbang dan berkurang drastis melalui keringat. Karena itu, konsumsi air kelapa setelah berolahraga membantu rehidrasi tubuh. Air kelapa mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi, bagi orang yang berolahraga karbohidrat memproduksi energi lebih efisien daripada lemak dan protein.

Elektrolit dan karbohidrat berfungsi untuk mendukung performa olahraga, keduanya sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi kardiovaskuler. Rehidrasi dengan air kelapa efektif memulihkan kondisi tubuh yang kehilangan cairan melalui keringat untuk segera kembali ke keadaan normal. Hal tersebut juga memengaruhi tubuh untuk menjaga volume plasma sehingga sirkulasi darah dan proses metabolisme dapat berjalan optimal.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa diklaim sebagai minuman kesehatan jantung karena kandungan potasiumnya. Potasium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada pemilik tekanan darah tinggi dengan menangkal efek natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah naik.

4. Menutrisi Kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering, konsumsi air kelapa mampu membersihkan kulit dan memberikan hidrasi pada kulit Anda. Selain itu, bagi kulit berminyak air kelapa juga membantu dari dalam untuk mengurangi produksi sebum berlebih.

Air kelapa kaya akan antioksidan yang mampu menangkal dan menetralisiri radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dari luar dan dalam tubuh bisa mengakibatkan kulit wajah mudah berjerawat dan tampak kusam. Vitamin C yang tinggi pada air kelapa mampu mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini, mengurangi pigmentasi, dan memicu produksi kolagen kulit.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

 

Sumber :
Web MD. The Truth about Coconut Water. www.webmd.com
Life Hack. 8 Benefits of Coconut Water You Didn’t Know About. www.lifehack.org
Medical News Today. (2016). Seven health benefits of coconut water. www.medicalnewstoday.com
Mayo Clinic. (2016). What is coconut water and what’s behind the hype?. www.mayoclinic.org
Nurhamida Siregar. (2016). Pengaruh Rehidrasi Setelah Olahraga dengan Air Kelapa. Vol 15, No 2 : 12 – 20. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Medan