5 Manfaat Kopi untuk Tubuh & Tips Meminumnya

Image: medicalexpress.com

Kebiasaan minum kopi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Tidak salah jika kopi dinobatkan menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia. Kini, bukan hanya sebagai teman setia saat bergadang, namun sudah menjadi gaya hidup. Nah sebelum menjadi penikmat kopi sejati, ada baiknya Anda tahu beberapa manfaat kopi hitam bagi kesehatan.

Kopi dan Resiko Diabetes Tipe 2

Tahun 2005, tim peneliti Australia memaparkan hasil penelitian tentang kopi. Disebutkan bahwa setiap satu cangkir kopi per hari mampu turunkan resiko diabetes tipe 2 sebanyak 7%. Penurunan resiko tersebut terjadi pada orang yang minum kopi dengan atau tanpa kafein. Ternyata antioksidan yang terkandung dalam kopi adalah faktor kunci turunnya resiko diabetes tipe 2 tersebut. Antioksidan mampu cegah kerusakan sel tubuh dan melawan radikal bebas. Kopi juga mengandung magnesium dan kromium yang merangsang hormon insulin (hormon pengatur gula darah) dalam tubuh.

Kopi untuk Kesehatan Jantung

Fakta kopi dapat tingkatkan tekanan darah memang benar. Namun ternyata peningkatan yang terjadi hanya sedikit, yaitu 3-4 mm/Hg. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dari Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) dan Harvard School of Public Health, disimpulkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi setiap hari berisiko 11% lebih rendah untuk alami gagal jantung.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi menurunkan resiko terkena stoke sebesar 20%. Hal ini disebakan kopi dapat turunkan resiko gangguan irama jantung yang merupakan faktor serangan jantung dan stroke. Namun, efek mengenai kopi terhadap irama jantung berbeda pada setiap orang. Konsumsi kopi dalam jumlah ap harus diawasi bila anda punya tekanan darah tinggi.

Kopi dan Penyakit Hati

Dr. Carlo La Vecchia, peneliti dari Milan temukan fakta bahwa konsumsi 3 cangkir kopi hitam dalam sehari mampu turunkan risiko kanker hati lebih dari 50%. Selain itu  Jurnal Hepatology (2014), mengemukakan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari berhubungan dengan penurunan resiko kematian akibat sirosis hati sebesar 66%.

Kopi dan Penyakit Parkinson

Parkinson merupakan penyakit syaraf dan masih jarang ditemui. Parkinson sebabkan tubuh penderitanya bergerak diluar kehendak dan tidak terkendali. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Penelitian di Pusat Kesehatan Universitas McGill, konsumsi kopi yang tinggi berhubungan dengan penurunan resiko parkinson. Frank B Hu menyatakan kemungkinan besar ada kaitannya dengan kadar kafein dalam kopi. Sebab penurunan resiko parkinson hanya terjadi pada orang yang konsumsi kopi berkafein.

Kopi dan Penurunan Berat Badan

Ternyata kafein merupakan zat alami yang bisa bantu pembakaran lemak.  American Journal of Clinical Nutrition juga menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan rasa kenyang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat tingkatkan penggunaan energi tubuh sebesar 3-11%, peningkatan pembakaran lemak 10-29%, dan membantu penguraian lemak tubuh.

Tips Meminum Kopi

Menjadi pecinta kopi sejati sih boleh saja, namun tetap pintar dalam mengonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa tips agar konsumsi kopi anda lebih sehat:

1. Jangan Mengonsumsi Kopi Terlalu Malam

Soalnya kafein dalam kopi dapat pengaruhi ritme tidur. Kekurangan tidur pun tidak baik karena dapat sebabkan anemia.

2. Jangan Terlalu Banyak Menambahkan Gula

Kopi aslinya hanya mengandung 2 kalori. Tapi jika terlalu banyak ditambah gula atau pemanis lainnya, maka total kalori pun akan meningkat. Ingat, kelebihan kalori dapat menyebabkan obesitas!

3. Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

Setiap orang punya batas kemampuan mengonsumsi kopi yang berbeda. Beberapa orang dengan gen DNA tertentu tidak cocok untuk mengonsumsi kopi. Ada baiknya terlebih dulu kenali reaksi tubuh anda terhadap kopi.

4. Tambahkan Bahan Herbal ke Dalam Kopi

Penambahan bahan herbal seperti kayu manis dapat tingkatkan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, bagaimana keputusan anda setelah membaca artikel di atas? Apakah siap menjadi penikmat kopi yang baik dan sehat?  

Sumber :

Healthline. Top 13 Benefits of Coffee. www.healthline.com

Webmd. Coffee New Health Food. www.webmd.com

Mayoclinic. Nutrition and Healthy Eating Coffee. www.mayoclinic.org

Healthline. 8 Ways to Make Your Coffee Super Healthy Coffee. www.healthline.com