Penyebab Berat Badan Susah Turun

Image : eatthis.com

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Ada banyak mitos yang beredar terkait berat badan, penurunan berat badan dan diet. Banyak orang yang berpikir bahwa kegagalan menurunkan berat badan adalah karena diet mereka salah. Padahal ada banyak alasan yang jadi faktor mudah atau tidaknya seseorang kehilangan berat badan. Makan lebih sedikit kalori juga tidak menjamin bobot Anda akan turun.

Faktanya, banyak sekali kasus orang yang kelebihan berat badan karena ada masalah dengan sistem metabolismenya. Inilah yang membuat mereka jadi lapar sepanjang waktu. Kondisi ini terjadi ketika mekanisme tubuh yang mengenali rasa kenyang sudah tidak berfungsi lagi. Kegagalan diet bukan sekadar karena cara yang salah atau keinginan yang kuat, tapi karena ada hal mendasar yang tak bisa dilawan: lapar.

Selain masalah metabolisme, ada beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan seseorang susah kehilangan berat badan antara lain:

1. Berat Badan Sebenarnya Turun, Namun Tidak Disadari

Ketika Anda sudah melakukan diet dan olahraga namun timbangan masih sama saja, jangan keburu berpikir itu adalah sebuah kegagalan. Bobot tubuh manusia biasanya berfluktuasi sepanjang waktu, tergantung pada makanan dan hormon yang berpengaruh saat Anda menimbang berat badan. Ada juga kemungkinan Anda sebenarnya kehilangan lemak tapi di saat yang sama massa otot bertambah karena olahraga. Ini merupakan pertanda bagus, terutama jika Anda memang ingin menghilangkan lemak, bukan sekadar menurunkan berat badan.

2. Tidak Mengawasi Apa yang Dimakan

Banyak orang gagal dalam menurunkan berat badan karena tidak sadar seberapa banyak yang sudah mereka makan. Orang yang mencatat apa saja yang mereka makan dalam sehari cenderung memiliki kesempatan untuk menurunkan berat badan lebih besar ketimbang mereka yang hanya asal makan saja.

Baca Juga:7 Prinsip Utama Sukses Diet

3. Kurang Makan Protein

Untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, protein adalah nutrisi yang paling penting. Mengonsumsi 25-30% kalori dalam bentuk protein bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi hasrat untuk makan camilan. Orang yang sarapan dengan menu tinggi protein juga cenderung tidak cepat lapar dan memiliki hasrat lebih untuk mengemil.

4. Nutrisi yang Tidak Lengkap

Makanan bukan hanya tentang kuantitas tapi juga kualitas. Makan santapan yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan sekaligus menjaga selera makan. Menyantap menu bergizi akan lebih mengenyangkan dibanding makan santapan olahan.

5. Tidak Melakukan Olahraga Kardio

Latihan kardio adalah berbagai jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan detak jantung. Kardio bisa dilakukan dengan jogging, bersepeda hingga berenang dan ini merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan sekaligus membakar lemak. Agar penurunan berat badan berlangsung teratur, pastikan melakukan kardio.

6. Kualitas Tidur yang Buruk

Kualitas tidur yang baik adalah faktor penting untuk kesehatan fisik dan mental, termasuk berat badan Anda. Banyak studi menunjukkan bahwa kurang tidur bertanggung jawab pada banyak kasus obesitas. Anak-anak maupun orang dewasa yang buruk kualitas tidurnya memiliki risiko lebih dari 50% lebih tinggi untuk menderita kelebihan berat badan. Meskipun kelihatannya sepele, tidur pola tidur yang salah bisa jadi penyebab kenapa berat Anda tak kunjung turun.

7. Kurang Minum Air

Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu proses penurunan berat badan. Dalam sebuah studi 12 minggu yang dilakukan pada orang-orang yang sedang menurunkan berat badan, tampak bahwa orang yang minum setengah liter air setengah jam sebelum makan, berhasil mengurangi bobot tubuhnya 44% lebih banyak dibanding yang tidak minum. Minum air putih juga mampu meningkatkan metabolisme sebanyak 24-30% dalam periode 1,5 jam.

Menurunkan berat badan pada dasarnya tidak hanya bisa dilakukan dengan 1 langkah saja. Anda harus menyeimbangkan pola makan dengan olahraga. Jika setelah melakukan berbagai langkah di atas Anda masih sulit menurunkan bobot tubuh, ada baiknya berkonsultasi dengan tenaga ahli agar Anda bisa menemukan masalah yang sebenarnya.

Baca Juga: 6 Mitos Penyebab Gagal Diet

 

Sumber:

Healthline (2018). 20 Common Reasons Why You’re Not Losing Weight. www.healthline.com
The Blood Sugar Diet (2019). Why Do I Find It So Hard to Lose Weight. www.thebloodsugardiet.com
Verywell Fit (2019). 10 Reasosn Why It’s so Hard to Lose Weight. www.verywellfit.com
Quartz (2018). Thin People Don’t Understand this Crucial Truth About Losing Weight. www.qz.com