7 Prinsip Utama Sukses Diet

Image : wish-bone.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Tubuh yang sehat, ideal, dan tampak proporsional adalah idaman semua orang. Baik pria maupun wanita yang mempunyai berat badan berlebih, pasti mencoba beragam cara diet supaya tubuh tampak ideal dan proporsional. Tapi, kenyataannya banyak sekali orang yang gagal dalam melakukan diet. Beragam jenis diet sudah dijalani, tempat fitness pun dikunjungi, tapi tetap tidak ada perubahan bentuk tubuh.

Nah, supaya diet Anda sukses, sebenarnya ada 7 prinsip utama yang harus diterapkan supaya diet Anda sukses. Berikut penjelasannya.

Baca Juga5 Cara Efektif Disiplin Diet

1. Niat Diet yang Kuat

Modal paling utama untuk diet yang sukses adalah niat yang kuat. Tidak adanya niat yang kuat biasanya akan berakibat pada berhentinya aktivitas diet yang dilakukan. Jangan hanya niat di mulut saja, tapi harus dengan keyakinan yang kuat.  Jangan berfikir karena “masih ada hari esok” membuat niat awal Anda untuk melakukan diet akan musnah begitu saja.

2. Olahraga Kardio dan Beban

Jangan karena ingin kurus dengan cepat, kemudian Anda berpikir bahwa melakukan olahraga dengan berlebihan dapat dengan cepat menurunkan berat badan. Apalagi banyak orang yang ingin cepat kurus biasanya terobsesi dengan olahraga kardio.

Misalnya pagi jogging, siang jogging, sore treadmill, malam senam. Bukannya kurus dengan badan yang sehat tapi Anda akan jatuh sakit. Kalaupun berat badan Anda turun drastis, itu bukan dari lemak yang terbakar, tapi air dalam tubuh dan sebagian besar massa otot yang menurun. Kardio memang membuang berat badan engan efektif, tapi bukan hanya lemak yang dibakar, sebagian besar justru massa otot.

Lakukan olahraga yang cukup, namun efektif dan rutin. Caranya dengan menyeimbangkan olahraga kardio dan beban. Kardio memang membakar lemak lebih cepat, namun membuang otot juga. Karena itulah olahraga beban juga diperlukan untuk menjaga dan membentuk massa otot. Sehingga, bukan sekedar berat badan yang turun, tapi bentuk badan menjadi lebih indah dan kencang.

3. Jangan Takut Karbohidrat

Jangan terlalu takut dengan karbohidrat karena karbohidrat juga merupakan nutrisi penting untuk stamina Anda, khususnya sebagai energi saat olahraga dan aktivitas lainnya. Mike Roussell, Ph.D., ahli nutrisi dari majalah Shape Amerika mengatakan bahwa karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi yang membantu Anda tetap berstamina saat berolahraga.

Hindari mindset ekstrim bahwa nasi putih itu jahat. Mindset seperti itu berbahaya dan dapat memicu hubungan tidak sehat dengan makanan, serta menyebabkan gagal diet. Karena antipati berlebihan pada karbohidrat justru bisa membuat lupa diri saat bertemu hidangan dengan karbohidrat tinggi.

Anda hanya perlu membatasi karbohidrat, bukan menghindarinya. Anda perlu menyeimbangkan karbohidrat karena tubuh juga memerlukan nutrisi lain seperti protein, serat dan vitamin, sementara Anda juga harus menyeimbangkannya dengan batas kalori harian Anda.

4. Penuhi Kebutuhan Protein Harian

Protein sangat penting bagi tubuh, apalagi saat melakukan diet. Makanan kaya protein rendah lemak seperti ikan, dada ayam, dan kacang-kacangan akan menjaga perut kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga berguna untuk menjaga dan membentuk massa otot ketika berolahraga.

Kebutuhan protein untuk orang dewasa sendiri berkisar 50-60 gram dalam sehari. Itu berat proteinnya ya, bukan berat sumber makanannya. Dada ayam dengan berat 100 gram memiliki 30 gram protein, sementara sebutir telur proteinnya hanya 6 gram saja. Belum lagi kita juga memerlukan nutrisi dari sumber makanan lain.

Nah, untuk memastikan kebutuhan protein Anda terpenuhi saat menjalankan diet, Anda bisa mengonsumsi susu protein. Namun, kalau kebutuhan protein Anda sudah terpenuhi dari real food, maka Anda tidak perlu mengonsumsi susu protein.

Baca JugaMengenal Whey Protein dan Manfaatnya

5. Jangan Mengkonsumsi Obat Diet / Suplemen Diet

Yang satu ini juga sering sekali terjadi. Banyak sekali orang yang ingin kurus tanpa melakukan apapun, hanya minum obat diet saja. Tapi tahukah Anda bahwa kebanyakan suplemen diet hanya terbukti keampuhannya jika diuji cobakan pada hewan, tapi sangat kecil kemungkinannya berfungsi di tubuh manusia. Logikanya kalau memang suplemen diet itu efektif, kenapa justru makin banyak orang obesitas?

Lebih dari itu, suplemen diet justru bisa memiliki dampak buruk bagi tubuh seperti gangguan tidur, dan gangguan hormon. Bahkan banyak juga suplemen diet yang bisa memicu penyakit serius seperti jantung dan kanker.

6. Hindari Tidur Larut Malam

Kenapa kurang tidur dapat menyebabkan kegemukan? Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa tidur terlalu larut malam dapat menyebabkan tubuh membakar kalori 5% lebih sedikit dibandingkan dengan yang mempunyai jam tidur yang cukup dan berkualitas.

Selain itu, tidur terlalu malam menyebabkan hormon ghrelin meningkat. Hormon inilah yang memicu rasa lapar dan ingin ngemil saat malam hari. Pada akhirnya tidur larut malam hanya akan merusak diet Anda, jadi hindari begadang dan tidur larut malam, ya.

Baca JugaCara Efektif Mengurangi Kebiasaan Ngemil

7. Banyak Minum Air Putih

Air putih sangat berperan penting bagi tubuh kita. Siapa sangka kalau air putih dapat membantu Anda melakukan Diet. Semakin sering Anda mengkonsumsi air putih, semakin perut Anda cepat merasa kenyang. Dengan demikian, makanan yang Anda konsumsi akan lebih terkontrol jumlahnya. Selain itu, air putih juga dapat menghilangkan lemak jahat yang terdapat di tubuh.

Cukup dengan menerapkan 7 Prinsip diet di atas, Anda pasti akan sukses melakukan diet. Ingat, yang bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat, adalah diri Anda sendiri. Selamat melakukan diet!

 

Sumber :
Live Strong. (2018). The 7 Principles of Fat Loss. www.livestrong.com
Shape. A Day in My Diet: Nutrition Consultant Mike Roussell. www.shape.com
UW Health. Sleep Deprivation and Weight Gain. www.uwhealth.org