7 Gerakan Olahraga Mengencangkan Paha dan Bakar Lemak Paha

7 Gerakan Olahraga Mengencangkan Paha dan Bakar Lemak Paha

Image: powerofpositivity.com

Penulis : Dhiya | Editor: Niahappy

Lemak di paha merupakan salah satu masalah bagi sebagian wanita. Selain membuat berat badan bertambah, lemak di paha juga seringkali membuat tidak percaya diri. Tidak hanya wanita, pria pun menginginkan bentuk badan yang ideal. Biasanya sumber lemak yang menumpuk di paha timbul dari makanan yang dikonsumsi. Untuk membakar lemak paha dan mengencangkannya, banyak yang melakukan diet demi mencapai tubuh yang ideal.

Tidak hanya itu, olahraga juga menjadi solusi ampuh untuk membakar lemak di paha. Terdapat beberapa gerakan olahraga untuk membakar lemak dan mengencangkan paha. Lakukan gerakan olahraga bakar lemak dan mengencangkan secara teratur seperti di bawah ini:

Baca Juga : 7 Gerakan Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Malam Hari

1. Squat

Image: self.com

Squat merupakan gerakan olahraga terbaik untuk membakar lemak dan mengencangkan paha. Karena gerakan squat membantu membakar jumlah kalori yang lebih tinggi dengan laju yang lebih cepat. Gerakan ini memberikan rangsangan untuk tubuh bagian bawah yang akan membentuk otot paha Anda.

Selain itu, gerakan squat merupakan raja dari semua gerakan karena dapat bekerja di seluruh tubuh Anda. Gerakan olahraga ini melibatkan otot besar di tubuh dan membakar lemak tubuh secara efektif pada tingkat yang lebih cepat. Dengan rutin melakukan gerakan squat, Anda akan mendapatkan hasil betis yang kuat,serta membuat paha depan dan paha belakang menjadi kencang.

Cara melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak dan kaki dibuka lebih lebar dari bahu. Lihat lurus dan rentangkan tangan ke depan. Pegang perut erat-erat dan tarik napas. Jongkok perlahan sampai pinggul Anda di bawah lutut. Kemudian buang napas dan jongkok kembali ke posisi normal.

2. Running

Image: Runnerworld.com

Gerakan lari merupakan salah satu gerakan paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Berlari tidak hanya fokus pada membakar lemak dan mengencangkan paha, tetapi juga fokus pada gerakan tubuh secara keseluruhan. Sebaiknya lakukan selama 30 hingga 40 menit sehari.

Bagi pemula, Anda bisa memulainya dengan jalan cepat dan kemudian berlari. Berlari atau berjalan cepat juga dapat meningkatkan detak jantung dengan membuat tubuh merangsang energi. Dengan berlari atau berjalan kaki secara teratur, Anda dapat merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

3. Burpees

Image: oxygenmagazine.com

Gerakan tubuh yang satu ini membantu dalam menghilangkan lemak paha. Melakukan burpe dengan cara yang benar dapat memberikan hasil yang efektif. Burpe juga membangun kekuatan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Burpe merupakan dorongan jongkok dengan dorongan ke atas di bagian bawah gerakan dan lompatan vertikal di bagian atas.

Untuk memulainya pun cukup mudah, berdirilah dengan kaki selebar bahu. Kemudian jongkok dengan mendorong pinggul Anda ke belakang dan tekuk lutut Anda. Letakkan tangan Anda di lantai ke depan dan tepatnya di dalam kaki Anda. Jaga supaya lengan Anda tetap panjang, lompat ke belakang untuk mendarat dengan pelan pada bola kaki anda dalam posisi papan yang terangkat.

Pastikan tubuh Anda membentuk garis lurus, dari kepala hingga tumit. Lalu lompat ke belakang  sehingga mendarat tepat di luar tangan Anda. Raih lengan Anda di atas kepala dan lompat. Terakhir mendarat dan segera turun kembali menjadi jongkok. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 hingga 20 kali secepat mungkin.

4. Jumping Jacks

Image: Popsugar.com

Selain membakar lemak dan mengencangkan paha, gerakan ini dapat mengaktifkan berbagai kelompok otot di tubuh Anda. Tidak hanya itu, gerakan ini juga membantu memperkuat kaki dan lengan Anda. Jumping jacks juga merupakan salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru karena merangsang otot-otot jantung Anda dengan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat membakar kalori.

Cara melakukannya dimulai dari beridri dengan kedua kaki dan lengan berada di samping. Lompat dan buka kedua kaki sedikit lebih lebar dari bahu, sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Lompat lagi untuk kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali pengulangan.

5. Lunges

Image: popsugar.com

Sesuai dengan namanya, gerakan ini fokus pada paru-paru pada paha depan, glutes, paha belakang, betis, dan otot Anda. Selain itu, membantu membentuk tubuh bagian bawah. Gerakan lunges termasuk gerakan sederhana, tetapi sangat efektif untuk membakar lemak paha. Gerakan ini diklaim sebagai gerakan terbaik untuk mengencangkan paha selain jongkok.

Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri lurus dan tegak kemudian melangkah maju dengan satu kaki dan bergerak keluar sampai paha sejajar dengan tanah. Tepatnya sampai kedua lutut ditekuk sampai sudut 90 derajat. Kemudian tarik kembali setelahnya. Ulangi gerakan ini di sisi yang berlawanan. Tidak hanya bermanfaat untuk membakar lemak paha, gerakan ini juga membakar lemak di sekitar pinggang Anda.

6. Lateral Dumbbell Lunges

Image: Yurielkaim.com

Lateral dumbbel lunges adalah latihan olahraga yang menargetkan paha depan dan juga melibatkan abs dan glutes & fleksor pinggul dan paha belakang.

Caranya mudah mulailah berdiri dengan kaki selebar pinggul. Pastikan untuk mengarahkan lutut Anda ke arah yang sama dengan kaki Anda, ambil langkah besar ke kanan, menjaga halter di sisi Anda. Dorong glutes Anda ke belakang dan turunkan pinggul Anda hingga paha Anda sejajar dengan lantai, jaga lutut Anda di belakang jari-jari kaki dan tulang belakang Anda lurus. Kembali ke posisi awal Anda menggunakan glutes dan hamstring Anda. Ulangi, sisi bergantian.

7. Leg Lift

Image: Verywell.com

Dengan mengangkat kaki Anda di atas tubuh Anda tidak hanya mengecilkan perut bagian atas dan bawah, tetapi juga paha bagian atas Anda karena gerakan ini menggerakan seluruh otot perut dan paha Anda.

Untuk melakukannya Anda hanya perlu berbaring di atas matras dengan tangan di samping samping tubuh Anda atau Anda letakkan di bawah kepala Anda. Lalu rapatkan kedua kaki dan angkat setinggi 45 derajat. Tahan selama kurang lebih 20 detik. Lalu turunkan kaki Anda secara perlahan. Ulangi gerakan ini selama kurang lebih sepuluh kali.

Bagaimana? Gerakan olahraga di atas mudah dilakukan bukan? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa lakukan gerakan-gerakan di atas secara rutin ya!

Baca Juga : 5 Cara Efektif Disiplin Diet

Sumber:
ETimes. (2018). These 5 Exercises Will Tone Your Thighs in a Month!. www.Timesofindia.indiatimes.com
Shape Magazine. The Best Inner-Thigh Exercises of All Time. www.shape.com
Live Osumly. Best 8 Exercises to Reduce Thigh Fat to Make it Slim and Firm. www.liveosumly.com
Yuriel Kaim. How to Get Rid of Thigh Fat for Good. www.yurielkaim.com