7 Gerakan Olahraga Ringan yang Aman di Malam Hari

Image : yogajournal.com

Penulis : Dina R | Editor : Nia Happy

Sebagian besar orang menghabiskan waktu sebelum tidur dengan menonton tv atau bermain gadget. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan tersebut. Menonton tv atau bermain gadget di malam hari hanya akan membuat Anda sulit tidur.

Ada baiknya Anda melakukan olahraga ringan di malam hari. Hal tersebut dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan fungsi otot, membantu merilekskan tubuh setelah seharian beraktivitas, dan membuat tubuh lebih bertenaga esoknya. Selain itu, bagi Anda yang tidak sempat untuk melakukan olahraga di pagi hari, olahraga ringan di malam hari dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Orang dewasa memerlukan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga, dengan melakukan olahraga ringan di malam hari Anda dapat melakukannya dengan efektif dan efisien.

Berikut 7 gerakan olahraga ringan yang aman dilakukan pada malam hari:

Baca Juga : Mana yang Lebih Baik? Olahraga Siang vs Olahraga Malam

1. Wide Child Pose

Image: yogajournal.com

Lakukan posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar. Dorong tubuh ke bawah, dan luruskan tangan ke depan seakan ingin meraih sesuatu. Atur napas, minimal tiga tarikan napas panjang atau sekitar 60 detik. Olahraga ringan ini dapat meredakan ketegangan leher, bahu, punggung, dan pinggul Anda. Selain itu, dapat pula mengurangi stress dan kecemasan, serta membuat napas dan tubuh Anda tenang.

2. Head to Knee Pose

Image : pinterest.com

Lakukan posisi duduk sila, lalu luruskan kaki kanan. Dorong tubuh Anda ke depan untuk meraih jari kaki kanan hingga kepala menyentuh lutut. Tahan selama 60 detik, dan lakukan bergantian dengan kaki kiri. Dalam kondisi yang diam dan tenang, tariklah napas dan hembuskan maka aliran energinya akan sangat terasa hingga ke bagian leher, wajah, dan kepala. Olahraga ringan ini dapat menyembuhkan sakit kepala, dan merupakan terapi untuk insomnia serta tekanan darah tinggi lho!

3. Wide Angle Seated Forward Bend Pose

Image : yogajournal.com

Lakukan posisi duduk tegak, buka kaki Anda sehingga berada pada sudut 90 derajat dengan panggul. Dorong badan ke bawah, dan luruskan tangan Anda menyentuh lantai. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Olahraga ringan ini dapat menenangkan otak, menghilangkan stres, mengurangi kekakuan pada persendian, dan membuat tubuh Anda terasa ringan.

4. Legs Up the Wall Pose

Image : lifenlesson.com

Lakukan posisi terlentang, angkat kaki Anda dan luruskan ke dinding. Lalu, angkat pinggul Anda tumpu dengan tangan, dan tahan selama 5 sampai 15 menit. Olahraga ringan ini dapat mengatur aliran darah, menenangkan pikiran, mengurangi migrain dan sakit punggung ringan yang Anda rasakan.

5. Wide Foot Intense Stretch Pose

Image : yogapaws.com

Lakukan posisi berdiri, buka lebar kedua kaki Anda. Lalu, dorong tubuh ke bawah dengan posisi kepala ditumpu oleh tangan menyentuh lantai. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Olahraga ringan ini dapat mengurangi ketegangan pada leher dan bahu Anda. Selain itu, dapat pula merilekskan tubuh, membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

6. Twisting Pose

Image: yogajournal.com

Lakukan pose tidur terlentang, tekuk lutut kanan dan kiri Anda ke samping kiri atau kanansambil merentangkan tangan. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Olahraga ringan ini dapat membuat otot perut Anda lebih kencang, melemaskan tulang belakang, dan menghilangkan kekakuan pada punggung bawah Anda.

7. Bicycle Exercise

Image: bodylastics.com

Lakukan pose tidur terlentang, dan taruh kedua tangan Anda di belakang kepala. Angkat lutut kanan bersama dengan kepala dan pundak kiri ke depan. Lakukan gerakan seperti mengayuh bergantian selama 30-60 detik. Olahraga ringan ini akan membakar lemak, membuat kaki lebih jenjang, menghilangkan kekakuan dan ketegangan pada tubuh Anda.

Bagaimana? Mudah dan bermanfaat bukan? Lakukanlah dengan benar, dan sesuaikan intensitasnya dengan kapasitas tubuh Anda. Jangan sampai Anda dehidrasi, dan malah sulit tidur karena olahraga yang berlebihan. Olahraga ringan pada malam hari ini juga tidak dapat dilakukan sembarangan karena bisa menyebabkan kelelahan atau cedera.

Jika Anda ingin melakukannya, disarankan untuk melakukan olahraga ringan ini ketika 3 atau 4 jam sebelum tidur, dan lambatkanlah ritme olahraga dari biasanya. Hal tersebut dilakukan agar detak jantung dan pernapasan Anda teratur, serta hormon Anda tetap normal. Jangan lupa pula untuk melakukan pemanasan, dan pendinginan setelah berolahraga ya!

Baca Juga : 8 Camilan Sehat yang Bagi Anda yang sedang Diet

Sumber:
Stylecraze. (2017). 7 Light Exercises To Do Before Going To Bed. www.stylecraze.com
Live Strong. (2019). Is It Bad to Work Out at Night?. www.livestrong.com
Woman Talk. (2018). 5 Gerakan Olahraga Malam Sebelum Tidur yang Bisa Ratakan Perut. www.womantalk.com
Halo Sehat. (2017). 12 Gerakan Yoga untuk Sakit Kepala Dijamin Efektif. www.halosehat.com