Mineral yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Mineral yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Penulis: Shania | Editor: Ratna

Tubuh Anda membutuhkan berbagai elemen dan zat untuk menjaga fungsi dan kesehatan. Salah satu aspek penting dalam tubuh adalah kandungan mineral. Mineral mampu menjaga berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh tubuh Anda. Hal ini termasuk pada proses penjagaan tulang, otot, jantung, dan otak Anda. Kandungan mineral yang tepat akan membuat setiap bagian bekerja dengan baik. Mineral juga memiliki peran penting dalam pembuatan enzim dan hormon dalam tubuh.

Tubuh dapat menyerap mineral dari konsumsi makanan sehari-hari. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin merekomendasikan suplemen yang berfungsi untuk menambah asupan mineral. Namun, orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu mungkin perlu membatasi asupan mineral. Seperti yang terjadi pada penderita penyakit ginjal kronis. Mereka perlu membatasi asupan kalium untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Baca Juga: 5 Suplemen Vitamin dan Mineral untuk Usia 20 dan 30-an

Jenis Mineral dalam Tubuh

Secara umum, mineral dibagi menjadi dua jenis, yaitu makro mineral dan mikro mineral (trace mineral). Melalui beberapa penelitian dibuktikan bahwa jumlah makro mineral yang dibutuhkan tubuh jauh lebih besar dari mikro mineral. Anda dapat mendapatkan keduanya melalui asupan-asupan makanan yang mengandung mineral. Berikut adalah jenis-jenis mineral yang telah dikelompokan menurut bentuknya:

Makro Mineral

1. Fosfor

Fosfor adalah zat makro mineral yang memiliki fungsi penting dalam membentuk enzim dan sel. Mineral jenis ini juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, sendi, serta mengoptimalkan metabolisme tubuh. Secara ideal, tubuh membutuhkan asupan fosfor sekitar 700 mg/hari. Kelebihan fosfor juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan gula darah Anda.

2. Kalsium

Salah satu makro mineral yang sering dibahas, adalah kalsium. Kalsium secara pemahaman luas memiliki peranan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Namun, pada kenyataannya terdapat berbagai fungsi lain dari kalsium yaitu mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh, melancarkan darah yang telah membeku, mencegah preeklampsia. Anda dapat mengonsumsi produk olahan dairy yang diklaim banyak mengandung kalsium.

3.Magnesium

Magnesium diperlukan untuk mengatur gula darah, tekanan darah, dan kontraksi otot. Magnesium juga bertanggung jawab dalam menghantarkan sinyal pada tubuh serta menjaga elektrolit dalam tubuh.

4. Natrium

Natrium adalah salah satu makro mineral yang keberadaanya penting namun perlu dijaga dan diwaspadai. Kandungan ini penting untuk menjaga kadar udara namun juga dapat menyebabkan hipertensi pada penggunaan yang tidak tepat.

Mikro Mineral

1. Yodium

Yodium adalah bagian dari mineral yang penting untuk mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan fungsinya untuk menjaga kelenjar tiroid. Kekurangan yodium dapat menyebabkan gejala hipotiroid yang mengakibatkan kenaikan berat badan dan munculnya gondok.

2. Mangan

Mangan memiliki peran untuk pembentukan tulang, meregenerasi sel darah merah, dan membantu siklus reproduksi.

3. Selenium

Selenium diperlukan tubuh untuk metabolisme hormon tiroid, pembentukan DNA, serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

4. Kromium

Kromium juga termasuk ke dalam jenis mikro mineral. Tubuh memerlukan kromium untuk mengatur kadar glukosa dalam darah, serta untuk mengaktifkan hormon insulin.

Mineral memiliki banyak peranan dalam fungsi tubuh. Namun, asupan mineral yang berlebihan juga dapat membawa kerusakan bagi tubuh Anda, terutama bila memang ada gangguan kesehatan. Anda perlu mengonsumsi zat-zat lainnya agar tubuh kesehatan tubuh Anda menjadi sehat dan seimbang.

Baca Juga: Pahami Fungsi Penting Vitamin bagi Tubuh

Sumber

MedicineNet. 13 Essential Minerals. www.medicinenet.com

SFGATE. (2018). What Are the Main Functions of Minerals in the Body?. www.healthyeating.sfgate.com

MedlinePlus. (2015). Minerals. www.medlineplus.gov

HFA. (2020). ESSENTIAL NUTRIENTS: VITAMINS & MINERALS. www.hemophiliafed.org