5 Suplemen Vitamin dan Mineral untuk Usia 20 dan 30-an

Image : biobalanceinstitute.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Tubuh memerlukan vitamin untuk membentuk fondasi yang kuat bagi daya tahan dan kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin bisa berdampak pada terganggunya kesehatan tubuh.

Selain dengan mengonsumsi buah dan sayur, suplemen multivitamin bisa membantu dalam menjaga keseimbangan vitamin bagi daya tahan tubuh dan penyerapan nutrisi.

Nah, untuk usia 20 – 30 tahunan yang sedang masa padat-padatnya beraktivitas multivitamin sangat dibutuhkan. Apalagi kalau tidak sempat menata pola makan yang padat dan seimbang nutrisinya.

Tetapi dengan begitu banyak kombinasi vitamin dan mineral, bagaimana kita tahu persis apa yang harus dicari ketika berbelanja multivitamin? Berikut 6 bahan multivitamin yang harus Anda miliki.

Baca Juga : 6 Manfaat Kolagen bagi Tubuh Anda

1. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat penting bagi tubuh secara keseluruhan. Pada usia dewasa, vitamin D berperan untuk meningkatkan kekuatan otot, membantu dalam penyerapan kalsium yang penting untuk menjaga kepadatan tulang, dan mencegah risiko berbagai penyakit seperti nyeri punggung, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Vitamin D terkenal karena membangun tulang. Namun, vitamin yang sangat kuat ini sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan. Kadar vitamin D yang optimal dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan fungsi otak Anda secara keseluruhan, dan secara umum meningkatkan kesejahteraan Anda. Vitamin D dapat terlibat dalam regulasi sehat sebanyak 900 gen manusia.

Vitamin D diubah oleh hati dan ginjal menjadi hormon secosteroid yang sangat penting bagi fungsi otak, dan mempengaruhi mood / suasana hati. Sayangnya, kekurangan vitamin D menjadi semakin umum, karena kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan menghindari panasnya matahari.

Terlalu lama terkena paparan matahari memang tidak baik untuk kulit, tapi menghindari matahari khususnya di pagi hari mempengaruhi defisiensi / kekurangan vitamin D. Hal ini telah dikaitkan dengan suasana hati yang mudah gelisah dan stres. Karena iulah, suplemen vitamin D secara konsisten akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin D harian, supaya tubuh dan mental terjaga kesehatannya.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

2. Vitamin B Komplek

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamni larut, yaitu B-1 (thiamine), B-2 (riboflavin), B-3 (niacin), B-5 (pantothenic acid), B-6 (pyridoxine), B-7 (biotin), B-9 (folic acid), B-12 (cobalamin).

8 jenis vitamin B ini sangat berkontribusi terhadap keseluruhan kesehatan fungsi tubuh. Setiap jenis vitamin B ini memiliki fungsinya masing-masing, di antaranya meningkatkan energi tubuh, menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan funsi otak, mencegah penuaan dini, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Selain itu, vitamin B kompleks juga berperan dalam mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Kedelapan vitamin B yang penting ini bekerja bersama untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat yang kita konsumsi menjadi sumber energi.

3. Kalsium

Di usia 30an menjelang 40, hal yang paling dikhawatirkan adalah pengeroposan tulang dan pengikisan kepadatan sendi. Cegah risiko tersebut dengan asupan kalsium yang seimbang, namun jika Anda tidak bisa memperolehnya dari makanan, maka suplemen bisa menjadi alternatif.

Suplemen kalsium akan membantu Anda menjaga kepadatan tulang dan gigi. Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, Anda disarankan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai kebutuhan tubuh Anda.

4. Magnesium

Magnesium adalah salah satu bagian dari makro mineral, meski jarang didengar sebagai sumber nutrisi penting, sebenarnya magnesium sangat penting bagi dewasa sejak usia 20 an. Nutrisi ini berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang. Bersama dengan vitamin D, magnesium bekerja untuk membantu penyerapan kalsium.

Selain untuk menjaga kepadatan tulang, magnesium masih memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh, seperti mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

5. Serat

Semua pasti setuju kalau serat sangat penting bagi tubuh. Meski semua orang tahu hal tersebut, kenyataannya masih banyak sekali orang kekurangan serat. Jika anda salah satunya, suplemen serat bisa menjadi pilihan untuk menjaga asupan serat dalam tubuh.

Serat sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem saluran cerna dan mencegah terjadinya sembelit. Suplemen serat dibutuhkan sesekali saat Anda mungkin kekurangan serat harian. Namun, bagaimanapun sumber serat terbaik tetap dari makanan yang Anda konsumsi. Seplemen serat tidak mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang ada dalam makanan kaya serat. Selain itu, suplemen serat bisa memicu buang gas berlebih.

Konsumsi suplemen serat saat Anda memang membutuhkannya dan dengan dosis kecil. Baiknya juga jangan dikonsumsi setiap hari. Suplemen ini hanya menjadi pelengkap saat Anda membutuhkannya saja.

Baca Juga : Suplemen untuk Olahraga dan Menurunkan Berat Badan

 

Sumber :
Arash Hossein-nezhad. (2013). Vitamin D for Health: A Global Perspective. www.mayoclinicproceedings.org
Brain MD. (2018). How to Boost Your Mood with Vitamin D. www.brainmdhealth.com
Medical News Today. (2017). Why do we need magnesium?. www.medicalnewstoday.com
WebMD. 4 Vitamins and Minerals for Adults. Webmd.com
Health Line. Best Vitamin to Take Daily. www.healthline.com