7 Manfaat Penting Magnesium bagi Tubuh

Image: sixtyandme.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang memiliki peranan serta manfaat penting dalam kesehatan tulang, jantung dan sistem metabolisme tubuh. Di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 50% kandungan magnesium baik itu di organ tubuh manusia maupun di dalam tulang manusia.

Kandungan ini memiliki banyak manfaat yang mungkin banyak dari beberapa orang tidak menyadarinya dan ternyata sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, jika dibuat urutan, magnesium merupakan mineral urutan ke-empat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda temukan jika mengonsumsi magnesium:

Baca Juga: Inilah 7 Fungsi Penting Zat Besi bagi Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium dikenal sebagai salah satu jenis mineral terbanyak di dalam tulang manusia dengan takaran 50-60%. Mineral ini dibutuhkan untuk tubuh untuk mengatur kadar kalsium, vitamin D serta zinc, agar kepadatan tulang bisa terus terjaga, dan bermanfaat untuk menghindari manusia dari penyakit Osteoporosis.

Jika kadar magnesium kurang, hal ini bisa berdampak tulang akan mudah rapuh serta kram otot. Maka untuk menjaga kadar magnesium tercukupi, beberapa suplemen yang dianjurkan seperti susu, alpukat, sayuran dan pisang jangan lupa untuk  tetap dikonsumsi.

2. Membantu Mengobati Asma

Asma merupakan salah satu penyakit radang saluran pernafasan yang bisa terjadi karena alergi, ciri-cirinya adalah sesak nafas, dada terasa berat dan batuk.  Beberapa penelitian mengungkapkan fakta bahwa orang yang kekurangan magnesium, rentan terkena asma sehingga disarankan untuk mengonsumsi asupan yang memiliki kandungan magnesium. Hal ini dikarenakan magnesium dapat membantu untuk meningkatkan fungsi paru serta meringankan serangan asma dan relaksasi otot di area pernafasan.

3. Mencegah Konstipasi

Sembelit merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan yang berujung pada kesulitan buang air besar dan berujung pada ambeien. Jika Anda mengalami gejala atau keluhan seperti ini, mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium tiap malam, bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Hal ini dikarenakan, magnesium mampu menarik air ke dalam pencernaan yang membantu untuk melembutkan kotoran sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu, magnesium mengurangi ketegangan otot pencernaan sehingga otot di area pencernaan dapat berfungsi lebih baik.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain untuk kesehatan tulang, magnesium juga terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan menjaga irama detak jantung serta mengendalikan tekanan darah tetap normal. Sedangkan, jika badan Anda memiliki kandungan magnesium yang rendah, hal ini perlu diwaspadai karena bisa saja Anda rentan terkena hipertensi.

Hal ini juga ditambah, magnesium merupakan suplemen yang tepat untuk menjaga pola tidur malam hari, yang jika Anda kekurangan bisa berujung pada hipertensi. Sehingga, sangat disarankan untuk mengonsumsi Magnesium sebelum anda tidur.

5. Mengurangi Penyakit Diabetes

Manfaat lain yang tidak disadari oleh beberapa orang adalah, magnesium dapat mengurangi penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan magnesium dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga tubuh tetap sensitif untuk mengeluarkan insulin dari dalam tubuh.  

Jika kekurangan magnesium, maka insulin bisa teristensi dan dipenuhi oleh glukosa.  Maka dari itu, untuk orang-orang yang terkena diabetes selain dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis, melakukan diet, memperbanyak asupan magnesium yang cukup, dipercaya mampu membuat hormon insulin bekerja dengan baik, sehingga kadar gula darah di dalam tubuh Anda tetap akan stabil.

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes. Makanan yang direkomendasikan untuk penderita Diabetes seperti Kenari, Alpukat, Stroberi, dan Bayam.

Baca Juga: 7 Penyebab Diabetes di Usia Muda 

6. Mengurangi Insomnia

Magnesium merupakan salah satu mineral yang dapat membantu Anda tertidur pulas dan mengurangi gangguan tidur sepanjang malam. Magnesium membuat tubuh Anda mudah untuk tidur dengan mengendurkan otot-otot Anda. Hal ini juga membantu untuk mengistirahatkan pikiran dan menenangkan saraf Anda.

Magnesium juga penting untuk menjaga “jam biologis” dan siklus tidur yang sehat. Bagi Anda penderita Insomnia sangat disarankan mengonsumsi suplemen magnesium sebagai nutrisi utama yang harus diminum atau dimakan sebelum tidur, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

7. Mengurangi Depresi

Magnesium memiliki peranan penting untuk peningkatan fungsi dan suasana hati otak. Saat kadar magnesium rendah, Anda bisa berpotensi adanya peningkatan risiko depresi. Jika Anda ingin terhindar dari depresi, konsumsilah beberapa suplemen yang mengandung mineral dan magnesium. Anda bisa menjadikannya asupan tambahan selain  makanan yang bisa membuat suasana hati Anda meningkat.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rajin mengonsumsi beberapa makanan ataupun suplemen yang mengandung magnesium. Jadi, jangan lupa tambahkan asupan ini di porsi makanan Anda, ya.

Baca Juga: 7 Suplemen Tingkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Sumber: 
Medicalnewstoday. (2017). Why do we need magnesium? www.medicalnewstoday.com
Healthline. (2018). 10 Evidence Based Health Benefits of Magnesium. www.healthline.com
Thesleepdoctor (2017). Magnesium-How it affects your sleep. www.thesleepdoctor.com
Draxe (2019). Magnesium Benefits, Dosage Recommendations and Best Types. www.draxe.com