Pahami Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

Pahami Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

Penulis: Heldania | Editor: Opie

Ditinjau oleh: dr. Tommy

Terakhir ditinjau: 9 Juni 2023

 

Memasuki usia 27 minggu berarti Anda kehamilan sudah sampai pada minggu terakhir trimester kedua. Waktu persalinan semakin dekat dan ada sejumlah perkembangan janin di usia kandungan ini.

Di samping bertambahnya berat badan janin, usia 27 minggu kehamilan juga ditandai dengan sejumlah perkembangan janin, seperti perkembangan otak dan organ tubuh janin lainnya. Untuk ibu hamil, Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan yang bertambah.

Penasaran dengan berbagai perkembangan janin di usia 27 minggu? Yuk, simak informasinya berikut.

Baca Juga: Pahami Perkembangan Janin 28 Minggu 

Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

Ada beberapa perkembangan yang dialami oleh janin pada usia 27 minggu, termasuk:

  • Berat dan panjang badan janin bertambah

Setiap bulannya, janin di dalam kandungan mengalami penambahan berat dan panjang badan.

Di usia 27 minggu ini, janin umumnya memiliki berat sekitar 0,8 – 0,9 kilogram dengan panjang badan mencapai sekitar 36 – 36,5 cm. Bertambahnya berat badan janin mungkin membuat perut makin membesar.

  • Fisik janin makin terbentuk

Di usia 27 minggu, pertumbuhan fisik janin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Wajahnya yang mulai terbentuk bisa Anda lihat melalui USG. Janin kini memiliki lengan dan tungkai yang ukurannya makin bertambah.

Organ janin juga sudah mulai berfungsi. Penambahan pada jaringan lemak, otot, dan tulang janin juga terjadi di usia kandungan ini.

  • Indra dan motorik yang berkembang

Perkembangan motorik janin bisa dilihat dari kemampuannya dalam merespons sentuhan, suara, dan cahaya lewat tendangan kecil yang dilakukannya.

Sebagai bentuk perkembangan pancaindra, janin sudah mulai mampu mendengar dan mengenali suara di sekitarnya, khususnya suara ibu dan ayahnya.

Anda mungkin dapat merasakan janin cegukan sesekali yang merupakan kondisi normal. Di usia 27 minggu ini janin juga sudah mulai bisa merasakan perubahan suhu di lingkungan luar rahim.

Baca Juga: Perkembangan Janin 31 Minggu

  • Perkembangan paru-paru dan otak

Organ tubuh janin yang mengalami perkembangan cukup besar terjadi pada pernapasan. Janin belajar menggunakan paru-parunya yang mulai berkembang untuk bernapas.

Mengingat janin masih berada di dalam rahim, tentu saja yang ia hirup bukan oksigen, melainkan cairan ketuban ibu. Selain paru-paru, jaringan otak janin juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan di usia 27 minggu ini.

  • Perkembangan mata dan kepala

Untuk bagian mata, kelopak mata janin mulai berfungsi. Ia sudah mampu melakukan gerakan sederhana seperti menutup dan membuka kelopak mata.

Bagian kepala janin juga mengalami perkembangan. Ia sudah mulai bisa memutar posisi kepala turun ke arah jalan lahir. Gerakan ini dilakukan oleh janin sebagai persiapan menjelang proses persalinan.

  • Waktu tidur lebih teratur

Menambah daftar perkembangan janin usia 27 minggu, sekarang janin juga sudah mulai mempunyai waktu tidur yang lebih teratur. Perlu Anda ketahui, jadwal tidur janin berbeda dengan waktu tidur Anda.

Perubahan Ibu Hamil di Usia Kandungan 27 Minggu

Tidak hanya janin, ibu hamil juga akan mengalami beberapa perubahan di usia kandungan 27 minggu, seperti:

Kondisi ini akan lebih sering menyerang di usia kandungan 27 minggu. Efeknya adalah Anda akan lebih sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai solusi, peregangan dengan meluruskan kaki secara perlahan bisa dilakukan. Pastikan juga untuk tidak berdiri terlalu lama.

  • Punggung sakit

Anda mungkin akan merasakan punggung sakit yang disebabkan oleh bertambahnya ukuran rahim. Anda bisa meredakan rasa sakit di punggung dengan melakukan latihan peregangan dan berenang. Melemaskan otot tubuh juga baik, salah satunya dengan yoga ibu hamil.

Untuk mengatasi kondisi yang kerap terjadi di usia kandungan 27 minggu ini, Anda sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berserat. Melakukan senam kegel juga baik dilakukan untuk melancarkan aliran darah. Senam kegel juga diketahui berfungsi mengencangkan otot sekitar dubur, vagina, dan panggul.

Gejala Usia Kandungan 27 Minggu

Di usia kandungan 27 minggu, Anda mungkin mengalami beberapa gejala berupa:

Karena hormon kehamilan, gusi bisa membengkak, meradang, dan berdarah. Meskipun gusi berdarah adalah hal biasa dan mungkin akan hilang setelah melahirkan, Anda perlu menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi sekali sehari.

  • Pusing atau ingin pingsan

Ini adalah gejala kehamilan yang umum. Tapi, pastikan untuk memberitahu kondisi ini pada dokter, terutama jika Anda pingsan. Pusing bisa diatasi dengan berbaring dan mengangkat kaki segera setelah Anda merasa pusing atau ingin pingsan.

Perut yang buncit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Atasilah dengan rutin mengoleskan pelembap secara teratur. Bisa juga dengan berendam oatmeal hangat untuk meredakan gatal.

Kondisi hidung tersumbat bisa Anda alami di usia kandungan 27 minggu. Setelah melahirkan, gejala ini umumnya akan hilang sendirinya. Sebaiknya periksa dengan dokter untuk rekomendasi produk yang aman digunakan untuk meredakan hidang tersumbat selama kehamilan.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Sumber

BabyCenter. (2020). 27 Weeks Pregnant: Symptoms & Signs. www.babycenter.com

What to Expect. (2021). 27 Weeks Pregnant: Baby Development, Symptoms & Signs. www.whattoexpect.com

Verywell Family. (2021). Week 27 of Your Pregnancy. www.verywellfamily.com

Raising Children Network. (2020). 27 weeks pregnant. raisingchildren.net.au