10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Penulis: Opie | Editor: Handa

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan janin dalam kandungan agar senantiasa sehat selama kehamilan, terutama saat awal kehamilan. Jika ibu hamil tidak berhati-hati dalam menjaga kehamilan yang masih awal, hal ini dapat berisiko mengalami keguguran.

Namun, Anda tidak perlu cemas berlebihan akan hal tersebut. Pasalnya, terdapat beberapa cara untuk menjaga bayi dalam kandungan agar terhindar dari berbagai risiko yang tidak diinginkan. Berikut adalah 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Hamil

Tidak hanya memastikan kesehatan, namun Anda juga harus mempertimbangkan usia ketika memutuskan untuk mengandung. Hal ini karena ada beberapa kondisi yang membuat Anda berisiko melahirkan bayi prematur, jika:

  • Mengandung di usia yang terlalu muda (kurang dari 16 tahun)
  • Memutuskan hamil di usia yang terlalu tua (di atas 35 tahun)
  • Memiliki jeda kehamilan yang terlalu pendek dengan kehamilan sebelumnya (kurang dari 18 bulan).

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan dapat mendorong perkembangan otak janin, berat lahir yang sehat, serta mengurangi risiko berbagai cacat lahir. Selain itu, makanan yang bergizi juga dapat mengurangi risiko anemia dan berbagai gejala kehamilan yang tidak menyenangkan, seperti morning sickness atau kelelahan.

Untuk itu, mulailah kebiasaan mengonsumsi buah-buahan, sayuran yang berwarna, biji-bijian, makanan kaya kalsium, dan makanan rendah lemak jenuh. Beberapa contoh makanan bergizi yang baik dikonsumsi selama kehamilan, seperti:

  • Protein, seperti daging tanpa lemak, telur matang, ayam, tahu, produk kedelai, dan kacang-kacangan.
  • Vitamin C, seperti tomat, jeruk, dan stroberi.
  • Lemak sehat, seperti alpukat, biji-bijian, dan minyak zaitun.
  • Kalsium, seperti susu yang telah dipasteurisasi dan susu kedelai.
  • Zat besi, seperti ikan salmon, kacang merah, dan brokoli.

3. Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Meski asupan nutrisi ibu hamil banyak terpenuhi oleh makanan, namun vitamin dapat memberi nutrisi tambahan bagi Anda dan janin yang sedang berkembang.

Sebagian besar, vitamin prenatal mengandung asam folat dari vitamin B. Hal ini karena asam folat berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah risiko bayi lahir cacat dan menjaga kesehatan ibu hamil.

4. Melakukan Olahraga Ringan

Hamil tidak menjadi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Pasalnya, olahraga masih menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.

Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan, jogging, berenang, senam, atau yoga. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda telah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, terutama jika kehamilan Anda berisiko tinggi.

Baca Juga : 8 Strategi Agar Tidak Mudah Lelah Berolahraga

5. Menghindari Stres

Stres biasanya berkaitan dengan ketakutan atau kekhawatiran dalam menghadapi kehamilan maupun melahirkan. Kondisi ini seringkali membuat ibu hamil mengalami sakit kepala, insomnia, cemas, tidak nafsu makan, bahkan napas dan denyut nadi yang cepat.

Jika dibiarkan berlarut, stres bisa memengaruhi kondisi janin sehingga menyebabkan pertumbuhannya terlambat. Untuk menghindari stres selama kehamilan, ada baiknya jika Anda menceritakan segala ketakutan atau kekhawatiran pada pasangan, keluarga, atau orang terdekat Anda lainnya.

6. Tidur yang Cukup

Ketika hamil, Anda harus memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 hingga 9 jam setiap hari. Berbaring miring dengan menekuk lutut merupakan posisi tidur paling nyaman selama kehamilan. Pasalnya, posisi ini dapat membuat jantung bekerja lebih mudah, serta membantu mencegah atau mengurangi varises, wasir, dan pembengkakan di kaki.

Sebagian besar dokter merekomendasikan ibu hamil agar tidur di sisi kiri karena dapat membantu memperlancar aliran darah ke plasenta. Selain itu, agar tidur lebih nyaman, Anda dapat meletakkan bantal di antara kaki, belakang punggung, atau bawah perut.

7. Perbanyak Minum Air

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, ibu hamil dianjurkan minum air putih yang cukup setiap hari. Asupan cairan yang cukup dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan pada ibu hamil, seperti sembelit, wasir, dehidrasi, kelelahan, dan infeksi saluran kencing. Usahakan minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari.

8. Hentikan Konsumsi Obat Pereda Rasa Nyeri

Sebaiknya Anda menghindari konsumsi obat pereda rasa sakit ketika hamil, terutama di trimester pertama kehamilan. Untuk meredakan rasa nyeri yang muncul di bagian tubuh tertentu saat hamil, beralihlah ke pengobatan-pengobatan alternatif, seperti mengonsumsi makanan sehat atau mandi dengan air hangat,

9. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minuman Beralkohol

Anda sangat disarankan untuk mengurangi bahkan menghndari kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Mungkin Anda tidak merasakan dampaknya secara langsung.

Akan tetapi organ pada janin, seperti liver belum kuat dalam memproses alkohol yang Anda konsumsi saat hamil. Sebagian besar, dokter pasti juga turut melarang Anda untuk merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol saat hamil karena dapat membahayakan janin.

10. Cegah Infeksi Saat Hamil

Infeksi tertentu selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir. Infeksi dapat dicegah dengan mengambil langkah-langkah tertentu, termasuk menjauhi penderita infeksi, sering mencuci tangan, dan memasak daging hingga matang.

Selain itu, vaksin tertentu juga dapat melindungi ibu hamil dari infeksi yang dapat menyebabkan cacat lahir. Bicarakan dengan dokter kandungan agar Anda mendapat rekomendasi vaksin yang tepat.

Baca Juga : Vaksin untuk Kehamilan dan Manfaatnya

Sumber


Brigham Health Hub.12 Ways to Stay Healthy During Pregnancy.www.brighamhealthhub.org 
Familydoctor.org.Taking Care of You and Your Baby While You’re Pregnant.www.familydoctor.org 
Parent24.2016.How to keep your unborn baby safe.www.news24.com 
Pregnancy, Birth & Baby.2020.Bonding with your baby during pregnancy.www.pregnancybirthbaby.org.au 
Very Well Family.2020.How to Keep Your Unborn Baby Healthy.www.verywellfamily.com 



3 Comments Hide Comments

Hello there, I found your website by way of Google at the same time as searching for a comparable topic,
your website came up, it looks great. I have bookmarked
it in my google bookmarks.
Hello there, simply became alert to your blog via Google, and located that it is
really informative. I’m gonna watch out for brussels.
I’ll be grateful when you continue this in future.

Many other people will be benefited from your writing.
Cheers!

Add Your Comment