Sesak Napas Karena Maag, Begini Cara Mengatasinya

Sesak Napas Karena Maag, Begini Cara Mengatasinya

Penulis: Devita | Editor: Handa

Bagi penderita maag pasti tidak asing dengan sesak napas. Sesak napas ini bila dibiarkan bisa mengancam jiwa. Dispnea atau nama lain dari sesak napas terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan dan masuk ke paru-paru,sehingga menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Peradangan inilah yang membuat Anda kesulitan bernapas, terutama saat tidur. Lama-kelamaan sesak napas karena maag bisa menyebabkan asma atau pneumonia. Selain, asam lambung, kondisi tersebut juga bisa merusak saluran pernapasan sehingga Anda sering batuk dan mengi.

Jika memiliki penyakit maag, konsultasikanlah kepada dokter agar Anda memiliki obat yang sesuai jika sewaktu-waktu maag Anda kambuh. Berikut cara mencegah dan mengatasi sesak napas akibat maag yang bisa Anda lakukan:

1. Minum Obat Maag

Penyebab utama sesak napas bagi penderita maag adalah maag itu sendiri. Sehingga cara mengatasinya harus dengan mengonsumsi obat maag yang biasa Anda konsumsi sesuai saran dokter. Anda bisa mengonsumsi obat-obatan, seperti antasida, prokinetik, atau antibiotik.

2. Mengonsumsi Jahe

Jahe dikenal sebagai antiinflamasi alami sehingga bisa mengatasi peradangan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh maag. Selain itu, jahe sendiri juga bisa digunakan untuk meredakan maag. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk air jahe yang diminum selagi hangat atau menambahkan parutan jahe pada masakan atau smoothie.

Namun, ada batasan yang perlu Anda perhatikan, sebab mengonsumsi terlalu banyak jahe juga bisa memperparah iritasi. Jumlah jahe yang bisa Anda konsumsi perharinya adalah 5 gram sehari, tidak boleh lebih dari itu. Cara ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, jadi ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter.

3. Menghindari Pakaian yang Ketat

Saat maag kambuh dan Anda mulai sesak napas, sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, Pakaian ketat bisa memperparah sesak napas dan membuat lambung semakin nyeri. Sebaiknya segera lepaskan ikat pinggang Anda.

Gunakanlah pakaianan dan celana longgar yang nyaman. Jika Anda sudah tahu memiliki maag dan membuat sesak napas, pastikan saat bepergian tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Baca Juga : Cara Jitu Mencegah Maag Kambuh Kembali

4. Minum Air Putih

Air mineral dapat membantu membersihkan kerongkongan dari asam lambung yang meningkat dengan menormalkan PH di kerongkongan. Minum air juga membantu membasahi saluran pernapasan Anda secara tidak langsung sehingga meringankan peradangan akibat asam lambung. Air putih baik untuk diminum tanpa menimbulkan efek samping.

5. Menarik Napas Dalam-Dalam

Tariklah napas dalam-dalam dengan pernapasan perut. Cara ini dinilai bisa membantu mengatasi sesak napas. Ikutilah cara berikut ini untuk melakukannya:

  • Berbaring dengan meletakan tangan di atas perut.
  • Tarik napas melalui hidung dan kembangkan perut selagi penarikan napas.
  • Buang napas melalui mulut sambal mengempiskan perut.

6. Inhalasi Uap

Inhalasi uap atau menghirup uap bisa membantu membersihkan saluran pernapasan. Panas dan kelembaban udara dapat membantu mempermudah pernapasan dan mengurangi asam lambung yang masuk ke saluran pernapasan.

Anda bisa mencobanya dengan mengisi mangkuk dengan air panas, tambahkan essential oil seperti eucalyptus dan peppermint untuk melegakan napas. Posisikan wajah Anda menghadap mangkuk dan tutuplah kepala menggunakan handuk. Tariklah nafas perlahan-lahan. Namun Anda harus hati-hati karena uap atau air panas bisa mengenai wajah.

Baca Juga : 6 Gejala Maag Kronis Ini Perlu Anda Ketahui

Cara Mencegah Sesak Napas Karena Maag

Berikut ini cara mencegah sesak napas karena maag yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Menghindari Makanan Penyebab Sesak Napas

Mawas diri karena memiliki maag amatlah penting. Anda harus lebih protektif dengan diri sendiri dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidak telat makan, dan menghindari makanan pemicu maag.

Hindarilah yang bisa membuat maag Anda kambuh seperti makanan pedas, makanan asam dan makanan berlemak. Pastikan juga saat mengunyah makanan perlahan jangan terlalu cepat.

2. Mengurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan sudah lama diketahui sebagai penyebab berbagai penyakit, salah satunya maag. Kelebihan berat badan menyebabkan perut lebih tertekan oleh lemak, sehingga terjadi kebocoran asam lambung yang bisa memicu maag dan GERD.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan hingga masuk ke saluran pernapasan bisa memicu sesak napas. Oleh karena itu, mengurangi berat badan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah asam lambung meningkat.

3. Berhenti Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Merokok bisa membahayakan sistem pernapasan terutama paru-paru. Selain itu, baik merokok dan alkohol dapat memperparah kondisi maag. Jika Anda tidak ingin mengalami maag dan sesak napas, sebaiknya berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca Juga : Waspada, Kenali Perbedaan Sesak Napas karena Maag dan Serangan Jantung

Sumber

Medical News Today (2020). What to know about indigestion or dyspepsia. www.medicalnewstoday.com
Medical News Today (2020). 7 home remedies for shortness of breath. www.medicalnewstoday.com
Aquaid (2018). Drinking Water helps you Breathe Easier. www.aquaidwatercoolers.co.uk
Healthline (2016). Weight Loss and Acid Reflux. www.healthline.com
Healthline (2019). Acid Reflux and Shortness of Breath. www.healthline.com
Healthline (2020). 7 Foods to Help Your Acid Reflux. www.healthline.com