Daftar Obat Maag yang Perlu Anda Pahami

Daftar Obat Maag yang Perlu Anda Pahami

Penulis: Opie | Editor: Handa

Maag merupakan keadaan yang diakibatkan oleh kelebihan asam pada lambung sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di perut Anda. Lambung sendiri terletak di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati). Maka tidak heran jika Anda mengeluh sakit di bagian tersebut ketika Anda sedang mengalami maag.

Keadaan ini sering dikaitkan dengan gastritis, yakni keadaan di mana  terdapat peradangan atau pembengkakan pada selaput lendir (mukosa) di lambung Anda. Selain itu, maag juga tidak jarang dikaitkan dengan tukak lambung atau ulkus peptikum.

Untuk mengatasi keadaan-keadaan ini, terdapat berbagai macam obat yang dapat Anda konsumsi. Beberapa diantaranya bahkan dapat Anda beli dengan bebas di pasaran. Berikut adalah informasi tentang daftar obat maag yang dapat Anda pilih:

1. Antasida

Antasida adalah obat yang dijual bebas di pasaran yang dapat membantu menetralkan asam lambung Anda. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi atau mencegah sekresi asam di lambung Anda. Antasida umumnya tersedia dalam bentuk cair, permen, atau tablet.

Meskipun antasida dapat dengan cepat meredakan gejala Anda hanya dalam beberapa jam saja, tetapi obat ini tidak dapat mengobati penyebab yang mendasari maag Anda. Berikut ini adalah kandungan umum yang ada di dalam antasida:

  • Aluminium hidroksida
  • Magnesium karbonat
  • Magnesium trisilikat
  • Magnesium hidroksida
  • Kalsium karbonat
  • Natrium bikarbonat

Untuk mengonsumsinya, Anda sebaiknya membaca baik-baik tentang petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Anda sebaiknya mengonsumsi obat ini segera setelah Anda merasakan maag Anda kambuh. Sebagai peringatan tambahan, mengonsumsi antasida dalam jangka panjang tidak dianjurkan demi kesehatan Anda.

2. Penghambat Pompa Proton

Penghambat pompa proton adalah golongan obat yang paling sering digunakan untuk pengobatan sakit maag dan gangguan terkait asam lambung lainnya. Penghambat pompa proton bekerja dengan memblokir tempat produksi asam di sel parietal lambung.

Obat yang biasanya tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul ini biasanya diminum 30 menit sebelum makan. Beberapa obat dalam golongan ini dapat dibeli di toko tanpa resep, namun jika Anda memperolehnya dengan resep dokter, maka sebaiknya Anda mengikuti saran berikut ini:

  • Konsumsi semua obat Anda seperti yang diperintahkan dokter.
  • Sebaiknya Anda mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan berhenti minum obat ini tanpa melakukan konsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Berbagai Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Diperoleh di Apotek

3. Sukralfat

Obat ini digunakan untuk mengobati dan mencegah tukak atau bisul di lambung. Sukralfat membentuk lapisan di atas luka lambung serta melindungi area tersebut dari cedera lanjutan yang memperparah keadaan.

Dengan fungsi tersebut, sukralfat membantu tukak lambung sembuh lebih cepat. Untuk obat jenis oral, sukralfat umumnya dikonsumsi 2-4 kali dalam sehari, dengan keadaan perut kosong, setidaknya 1 jam sebelum makan, atau sesuai petunjuk dokter Anda.

4. Bismuth Subsalicylate

Bismuth Subsalicylate merupakan bahan aktif yang terkandung dalam berbagai macam merek obat yang digunakan untuk mengobati mual, mulas, gangguan pencernaan, sakit perut, diare, dan ketidaknyamanan lain pada perut dan saluran pencernaan Anda. Obat Ini bekerja sebagai agen anti-inflamasi dan juga bertindak sebagai antasida dan antibiotik ringan.

Beberapa pasien yang mengonsumsi bismuth subsalicylate mungkin akan mengalami hal-hal, seperti buang air besar dengan kotoran berwarna gelap dan juga lidah yang menggelap. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena keadaan ini hanya sementara dan akan hilang ketika Anda berhenti mengonsumsi obat ini.

5. H2 Blocker

H2 blocker adalah kelompok obat yang bekerja dengan mengurangi jumlah asam yang diproduksi oleh sel-sel di lapisan lambung Anda. Obat-obat tersebut juga disebut “antagonis reseptor-H2 histamin” atau “penghambat H2”.

Dengan mengurangi jumlah asam, H2 blocker dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan refluks asam, seperti rasa mulas. Ini juga dapat membantu menyembuhkan bisul yang ditemukan di perut atau di bagian usus (duodenum) Anda.

Baca Juga : 7 Obat untuk Mengatasi Sakit Pinggang dan Efek Sampingnya

Sumber

BPOM RI.Penghambat Pompa Proton.www.pionas.pom.go.id 
Drug Bank.Bismuth subsalicylate.www.go.drugbank.com 
Healthline.2019.Antacids.www.healthline.com 
International Foundation for Gastrointestinal Disorder.2020.Proton Pump Inhibitors (PPIs).www.aboutgerd.org 
Mayo Clinic.Bismuth Subsalicylate (Oral Route).www.mayoclinic.org 
National Health Service.Antacids.www.nhs.uk 
Sembiring, J., 2018. Deteksi Awal Penyakit Maag Melalui Lidah Menggunakan Metode Radial Basis Function Network Pada Smartphone Berbasis Android. Sesindo 2018. www.is.its.ac.id 
WebMD.Sucralfate.www.webmd.com 
WebMD.Omeprazole.www.webmd.com 
Patient.H2 Blockers.www.patient.info 



Add Your Comment