Pahami Apa itu Enzim Lipase Beserta Fungsinya

Pahami Apa itu Enzim Lipase Beserta Fungsinya

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Enzim lipase merupakan enzim yang berperan dalam proses pencernaan lemak yang terdapat dalam makanan agar lebih mudah untuk dicerna dan diserap tubuh. Lipase diproduksi oleh pankreas, yaitu organ kelenjar yang terletak di belakang lambung dan akan menghasilkan enzim pencernaan yang mengalir ke usus kecil. Tidak hanya lipase, pankreas juga memproduksi amilase dan berbagai enzim pencernaan lainnya.

Jenis Enzim Lipase di Dalam Tubuh

Enzim lipase memiliki beberapa jenis berdasarkan lokasi tempat enzim diproduksi. Enzim lipase sendiri diproduksi tidak hanya di pankreas, tapi juga di mulut dan lambung. Berikut fungsi enzim lipase secara spesifik sesuai dengan jenisnya.

  • Lipase Lambung. Jenis lipase ini diproduksi di dalam lambung yang berfungsi untuk mencerna asam lemak di dalam tubuh.
  • Lipase Faring. Lipase faring merupakan enzim yang diproduksi oleh kelenjar ludah. Enzim ini berfungsi untuk mencerna lemak pada makanan sejak berada di dalam mulut.
  • Lipase Hati. Lipase hati diproduksi oleh organ hati dan berfungsi untuk mengontrol kadar lemak di dalam darah serta menjaga keseimbangan lipoprotein di dalam tubuh.

Fungsi Enzim Lipase

1. Berperan dalam Proses Metabolisme

Metabolisme adalah suatu proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mengolah makanan dan minuman yang telah dikonsumsi dan diubah menjadi energi. Reaksi kimia dalam proses metabolisme sebetulnya bisa berlangsung secara alami. Namun, dengan adanya enzim lipase maka proses metabolisme dapat berlangsung lebih cepat dan efektif.

2. Membantu Mencerna Makanan

Enzim lipase memiliki fungsi penting untuk membantu tubuh mendapatkan nutrisi melalui proses pencernaan makanan yang telah dikonsumsi. Enzim lipase dapat membantu mencerna makanan yang berlemak dengan cara memecah lemak menjadi partikel yang berukuran lebih kecil lalu mengalir ke saluran limfatik. Setelah itu, nutrisi yang diperoleh dari pengolahan makanan akan dibawa masuk ke dalam aliran darah.

3. Membantu Bayi Mencerna ASI

Lipase merupakan enzim pencernaan yang berperan penting dalam proses pencernaan lemak ASI. Enzim lipase sudah tersedia di ASI yang akan bekerja dengan cara memecah lemak susu lalu mengubahnya menjadi asam lemak bebas dan gliserol. Hal ini dapat berlangsung sampai organ pankreas bayi dapat menghasilkan enzim lipase secara alami.

4. Memindahkan Kolesterol

Enzim lipase dapat menggabungkan asam lemak dengan kolesterol yang nantinya akan menghasilkan dua macam kolesterol yaitu LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein). Kemudian, enzim lipase akan memindahkan kolesterol tersebut ke dalam sel atau keluar dari sel tubuh.

Dengan kata lain, enzim lipase dapat berperan sebagai kurir yang dapat mengemas kolesterol dan dikirimkan melalui darah. Proses ini dilakukan oleh lecithin cholesterol acyltransferase yang akan menggabungkan asam lemak dan kolesterol.

5. Menjaga Pasokan Energi

Enzim lipase memiliki manfaat penting untuk memastikan reaksi kimia yang terjadi pada tubuh dilakukan hanya ketika tubuh benar-benar membutuhkan. Dengan adanya mekanisme tersebut, tubuh tidak perlu membuang energi yang sebetulnya tidak perlu dilakukan.

Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Kadar Enzim Lipase Tidak Normal

Dalam kondisi normal, enzim lipase di dalam tubuh berkisar antara 0-160 U/L yang cukup untuk mencerna lemak. Akan tetapi, jika organ penghasil enzim lipase yaitu pankreas mengalami gangguan, maka jumlah enzim lipase di dalam tubuh bisa berkurang atau berlebihan. Berikut beberapa penyakit yang dapat memengaruhi kadar enzim lipase.

1. Penyakit Crohn

Penyakit ini dapat menyebabkan saluran pencernaan jadi membengkak dan teriritasi. Selain itu, penderita penyakit Crohn dapat mengalami gejala seperti diare, sakit perut, penurunan berat badan, dan pendarahan pada dubur.

2. Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis dapat menyebabkan kadar enzim lipase menjadi tidak normal karena penyakit tersebut dapat membuat lendir di dalam tubuh menjadi tebal, lengket, dan menyumbat saluran pankreas. Hal tersebut dapat menghalangi aliran enzim pencernaan untuk didistribusikan ke usus sehingga tubuh jadi kesulitan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

3. Penyakit Celiac

Celiac dapat menyebabkan sistem imun tubuh menjadi terganggu sehingga penderitanya tidak dapat mencerna makanan yang mengandung gluten. Jika mengonsumsi makanan dengan gluten, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi secara berlebihan dan menimbulkan peradangan pada saluran pencernaan.

Untuk menjaga agar kebutuhan enzim lipase di dalam tubuh tetap stabil, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur yang mengandung serat, menghindari mengonsumsi makanan dan daging olahan, menghindari menggoreng makanan, dan mengurangi makanan atau minuman yang mengandung gula dan lemak jahat.

Baca Juga: Enzim Lipase Menurun? Bisa Jadi Karena Penyakit Ini

Sumber

Healthline. (2022). Understanding Digestive Enzymes: Why Are They Important?. healthline.com

Healthline. (2022). What to Expect from Lipase and Amylase Tests. healthline.com

Medical News Today. (2021). What to know about lipase tests and the pancreas. medicalnewstoday.com

Verywell Health. (2022). Digestive Enzymes: Types and Function. www.verywellhealth.com