Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kista Baker

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kista Baker

Penulis: Heldania | Editor: Opie

Kista Baker merupakan benjolan berisi cairan pada bagian belakang lutut. Kondisi yang juga dikenal dengan nama kista popliteal ini dapat memicu rasa nyeri dan bengkak pada bagian belakang lutut saat lutut digerakkan. Akibatnya, penderita Kista Baker mengalami keterbatasan dalam bergerak.

Sendi lutut merupakan sendi terbesar dan terkuat di dalam tubuh yang mempunyai cairan bernama sinovial. Cairan sinovial memiliki fungsi melumasi bagian dalam sendi selama bergerak.

Jika seseorang menderita Kista Baker, cairan sinovial yang dihasilkan oleh sendi lutut terlalu banyak sehingga mengakibatkan cairan tersebut menumpuk dan membentuk benjolan.

Penderita Kista Baker juga dapat merasakan sakit yang bertambah parah saat beraktivitas atau melenturkan dan memperpanjang lutut sepenuhnya. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan oleh radang sendi atau robekan tulang rawan. Kedua masalah pada sendi lutut tersebut memicu lutut menghasilkan terlalu banyak cairan yang mengakibatkan Kista Baker.

Baca Juga: Cara Mengobati Kista Pilonidal pada Bokong

Penyebab Kista Baker

Utamanya, Kista Baker disebabkan oleh kerusakan lutut yang disebabkan oleh cedera olahraga atau cedera pada lutut.

Terkadang, Kista Baker juga dapat terjadi jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti berikut ini:

  • Osteoartritis

Osteoarthritis merupakan jenis arthritis paling umum yang terjadi ketika tulang rawan pelindung yang menjadi bantalan ujung tulang aus seiring waktu.

Meskipun osteoartritis dapat merusak sendi mana pun, kondisi ini paling sering menyerang sendi di tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang.

Biasanya, osteoartritis disebabkan oleh “keausan” sendi yang berkaitan dengan faktor usia.

  • Radang sendi

Radang sendiri (inflammatory arthritis) adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada banyak sendi di seluruh tubuh secara bersamaan. Termasuk juga rheumatoid arthritis, yaitu jenis radang sendi kurang umum yang disebabkan oleh sistem kekebalan yang menyerang persendian.

  • Asam urat

Asam urat merupakan bentuk umum radang sendi sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan produk limbah asam urat dalam darah.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada satu sendi pada satu waktu (seringkali sendi jempol kaki).

Asam urat dengan gejala yang memburuk disebut flare, sedangkan saat tidak ada gejala dikenal sebagai remisi.

Siapa pun dapat mengalami Kista Baker, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, umumnya kondisi ini lebih rentan terjadi pada kelompok usia 35–70 tahun.

Kista Baker umumnya tidak berbahaya, namun pengobatan diperlukan saat ukuran kista sudah membesar dan menimbulkan rasa nyeri.

Gejala Kista Baker

Kista Baker mungkin tidak menyebabkan gejala apa pun. Namun jika ada gejala, berikut beberapa di antaranya yang mungkin Anda alami:

  • Bengkak di belakang lutut
  • Bengkak di kaki Anda
  • Sakit lutut
  • Kekakuan yang membuat Anda tidak akan bisa menekuk lutut

Baca Juga: Metode Operasi untuk Menyembuhkan Kista Ovarium

Pengobatan Kista Baker

Pada beberapa kasus, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apa pun. Sebab, Kista Baker tidak berbahaya dan cenderung hilang dengan sendirinya.

Meskipun demikian, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit, di antaranya:

  • Kompres dingin – Oleskan kompres dingin ke area Kista Baker untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • Minum obat – Jika Anda mengalami rasa sakit (dan untuk meredakan peradangan), Anda bisa minum obat yang dijual bebas seperti ibuprofen.
  • Istirahatkan kaki – Usahakan agar posisi kaki tetap tinggi jika memungkinkan untuk mengurangi pembengkakan. Anda bisa menggunakan perban kompresi, tongkat atau kruk saat berjalan untuk mencegah tekanan terhadap kaki Anda.

Jika pengobatan rumahan di atas tidak berhasil, temui dokter. Dokter mungkin menyarankan beberapa bentuk pengobatan berikut ini:

  • Steroid – Untuk membantu mengurangi peradangan.
  • Olahraga – Anda bisa belajar gerakan olahraga ringan dari seorang ahli terapi fisik untuk membantu meningkatkan jangkauan gerak, memperkuat gerakan, dan membangun otot-otot di sekitar lutut yang bisa meringankan gejala Kista Baker.
  • Aspirasi – Dokter dapat mengeringkan kista dengan bantuan ultrasound. Perawatan ini mungkin tidak berhasil jika kasus Kista Baker yang Anda alami parah.
  • Operasi – Jika kondisi Kista Baker menyebabkan rasa sakit yang parah atau menyulitkan Anda untuk menggerakkan lutut, operasi dapat jadi pilihan. Namun, pengobatan ini hanya dianjurkan untuk Kista Baker yang disebabkan oleh masalah seperti radang sendi.

Pastikan Anda segera menemui dokter jika kaki Anda berubah menjadi merah atau lebih gelap dan mulai membengkak. Perubahan tersebut bisa berarti Kista Baker Anda telah pecah.

Tubuh Anda akhirnya akan menyerap cairan ekstra di kaki tersebut setelah beberapa minggu.

Jaga agar kaki Anda tetap tegak untuk meringankan pembengkakan, serta bicarakan dengan dokter tentang resep obat untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Baca Juga: Kista Gigi: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sumber

Mayo Clinic. (2020). Baker’s cyst. www.mayoclinic.org

NHS. (2021). Baker’s cyst. www.nhs.uk

WebMD. (2020). Baker’s Cyst. www.webmd.com

Cleveland Clinic. (2020). Baker’s Cyst. my.clevelandclinic.org