Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Cara Mengatasinya

Penulis: Ratna

Radang sendi atau secara ilmiah dikenal dengan artritis merupakan kondisi adanya pembengkakan dan nyeri tekan pada sendi. Umumnya sendi akan terasa nyeri dan kaku dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Penyakit ini sering kali terjadi pada orang berusia 65 tahun, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Terdapat banyak sekali radang sendi jenis radang sendi, dengan penyebab dan metode pengobatan yang berbeda. Dua jenis yang paling umum adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Gejala Radang Sendi

Banyaknya jenis radang sendi membuat gejalanya dapat berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Berikut ini adalah gejala umum yang mungkin saja terjadi, antara lain:

  • Rasa sakit
  • Sendi terasa kaku
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Kemampuan bergerak berkurang

Dalam kasus rheumatoid arthritis, Anda mungkin merasa lelah dan kehilangan nafsu makan. Hal ini karena peradangan disebabkan oleh aktivitas sistem kekebalan tubuh. Anemia mungkin saja terjadi atau mengalami sedikit demam. Kondisi yang parah dapat menyebabkan kelainan bentuk sendi jika tidak mendapat pengobatan.

Penyebab

Dua jenis utama radang sendi yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Keduanya merusak persendian dengan cara yang berbeda.

Osteoartritis

Jenis arthritis yang paling umum, osteoartritis merupakan kondisi adanya kerusakan keausan pada tulang rawan sendi. Tulang ini berfungsi sebagai bantalan pada ujung tulang untuk mencegah gesekan antar tulang. Namun, kerusakan dapat menyebabkan tulang bergesekan langsung pada tulang, yang menyebabkan nyeri.

Osteoartritis juga dapat mempengaruhi seluruh sendi. Hal ini menyebabkan perubahan pada tulang dan kerusakan jaringan ikat yang menempelkan otot ke tulang dan menahan sendi. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan peradangan pada lapisan sendi.

Artritis reumatoid

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, yaitu selaput keras yang membungkus semua bagian sendi. Lapisan ini (membran sinovial) menjadi meradang dan bengkak. Kerusakan ini dapat menghancurkan tulang rawan dan tulang di dalam sendi.

Baca Juga: Artritis Reumatoid : Gejala, Penyebab, dan Faktor Risiko

Pengobatan

Tidak ada obat untuk artritis, tetapi ada perawatan dapat membantu memperlambat tingkat keparahannya. Pada osteoarthritis, perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan metode pembedahan dapat membantu mengatasinya. Sedangkan pada rheumatoid arthritis, perawatan bertujuan untuk memperlambat perkembangan kondisi dan meminimalkan peradangan sendi. Hal ini juga membantu mencegah kerusakan sendi.

Berikut ini metode perawatan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Obat-obatan

  • Analgesik, seperti hydrocodone atau acetaminophen. Obat ini efektif untuk mengatasi nyeri.
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen. Meminum obat antiinflamasi dapat membantu mengendalikan rasa sakit dan peradangan.
  • Krim mentol atau capsaicin dapat memblokir transmisi sinyal nyeri pada persendian.
  • Imunosupresan seperti prednison atau kortison membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Ibuprofen : Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Pembedahan

Operasi bertujuan untuk mengganti sendi dengan sendi buatan. Bentuk operasi ini paling sering dilakukan untuk mengganti sendi pada pinggul dan lutut. Radang sendi pada jari atau pergelangan tangan, dokter mungkin melakukan fusi sendi. Dalam prosedur ini, ujung tulang akan dikunci bersama sampai sembuh dan menjadi satu.

Terapi

Terapi fisik umumnya berupa latihan fisik yang membantu memperkuat otot sekitar sendi yang bermasalah. Selain itu metode pencegahan juga dapat Anda lakukan untuk mencegah radang sendi. Metode pencegahannya, antara lain:

  • Menjaga berat badan tetap ideal. Turunkan berat badan jika diperlukan.
  • Perbanyak berolahraga dan melakukan aktifitas fisik yang lain.
  • Hindari makanan pemicu seperti gorengan, makanan olahan, produk susu, dan daging.

Baca Juga: Perawatan Rumah bagi Reumatoid Artritis

Sumber

Healthline. 2020. Arthritis. www.healthline.com

Mayo Clinic. 2019. Arthritis. www.mayoclinic.org

NHS. 2018. Arthritis. www.nhs.uk

Medical News Today. 2017. What are the causes and types of arthritis?. www.medicalnewstoday.com