Ketahui Berbagai Macam Penyebab Benjolan pada Lidah

Ketahui Berbagai Macam Penyebab Benjolan pada Lidah

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Benjolan pada lidah sering terjadi, dan ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebabnya, termasuk cedera, alergi, dan infeksi. Meskipun benjolan lidah bisa terasa aneh dan dapat menimbulkan kekhawatiran, umumnya beberapa kondisi tidak berbahaya.

Benjolan di lidah umumnya muncul setelah makan makanan yang sangat panas atau asam, yang mengiritasi lidah. Mereka juga dapat muncul setelah menggigit lidah Anda, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat berbicara atau makan.

Benjolan ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Meskipun demikian, benjolan juga bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius, seperti infeksi HPV atau kanker mulut. Berikut adalah berbagai macam penyebab lidah benjol, antara lain:

1. Papillitis lingual sementara (Lie bumps)

Beberapa dari Anda dapat mengalami benjolan di beberapa titik pada lidah. Benjolan berwarna putih atau merah ini terbentuk ketika papila menjadi iritasi dan sedikit bengkak. Masih tidak jelas mengapa hal itu terjadi, mungkin terjadi dengan stres, hormon, atau makanan tertentu.

Meskipun dapat menimbulkan ketidaknyamanan, lie bumps ini bukan kondisi yang serius dan umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, benjolan bisa muncul kembali.

Papilitis lingual erupsi lebih sering terjadi pada anak-anak dan kemungkinan dapat menular. Kondisi ini dapat disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Kadang-kadang dikaitkan dengan infeksi virus. Biasanya tidak memerlukan perawatan dan hilang dalam 2 minggu, tetapi bisa kambuh.

2. Cedera lidah

Cedera pada lidah dapat membuat lidah Anda terlihat atau terasa bergelombang, Seperti area tubuh lainnya, lidah mungkin membengkak sebagai respons terhadap cedera.

Anda yang secara tidak sengaja menggigit lidah, terkadang benjolan akan terlihat atau terasa membengkak selama beberapa hari setelah cedera. Luka bakar karena cairan atau makanan panas adalah penyebab umum lain dari cedera lidah.

3. Herpes mulut

Herpes merupakan infeksi virus yang umum. Beberapa penderita herpes oral tidak pernah mengalami gejala. Namun, kebanyakan orang akan mengembangkan lepuhan yang sakit di sekitar hidung atau mulut dari waktu ke waktu.

Beberapa dari Anda dengan herpes oral juga mengalami lepuhan di lidah atau gusi. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan bisa berlangsung seminggu atau lebih. Herpes oral dapat menular dan menyebar melalui air liur, kontak langsung dengan daerah yang terinfeksi, atau kontak dengan lapisan mulut dan lidah. Kondisi ini dapat terjadi tanpa ada gejala sama sekali.

4. Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyebab paling umum dari luka di mulut. Kondisi ini sering tumbuh di bagian dalam bibir, tetapi mungkin juga jika muncul di area lidah. Luka cenderung berwarna merah, putih, atau kuning dalam penampilan dan bisa terasa sangat menyakitkan.

Kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya, tetapi beberapa mungkin menjadi sangat menyakitkan dan memerlukan pengobatan. Sariawan mungkin muncul sebagai benjolan dan ukurannya dapat bervariasi yang dapat mempengaruhi gusi, bagian dalam pipi, atau lidah.

Penyebab umum sariawan antara lain:

  • Stres atau tekanan.
  • Makanan pedas.
  • Iritasi akibat pasta gigi dengan bahan sodium lauryl sulfate.
  • Respon alergi
  • Kadar vitamin B12 rendah

5. Alergi

Intoleransi makanan dan reaksi alergi juga dapat menyebabkan benjolan pada lidah atau bahkan membuatnya membengkak. Pembengkakan seluruh tidak yang tiba-tiba dan cepat bisa jadi merupakan tanda reaksi alergi berbahaya yang dikenal sebagai anafilaksis.

Anda harus segera mendapatkan bantuan medis segera jika muncul tanda dan gejala seperti:

  • Adanya pembengkakan pada bibir, mulut, atau lidah.
  • Muncul ruam atau gatal-gatal yang tiba-tiba.
  • Mengi atau mengalami kesulitan bernapas.

6. Infeksi

Infeksi di mulut atau di lidah dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit di tempat infeksi. Jika lidah membengkak setelah digigit atau akibat cedera parah, karena kondisi mulut yang sehat pun penuh dengan bakteri.

Cedera apa pun dapat membuat bakteri lebih mudah masuk ke jaringan lidah. Dan jika benjolan terasa sangat menyakitkan atau disertai demam, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Karena kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya infeksi serius.

7. Sipilis

Sifilis merupakan salah satu infeksi bakteri yang dapat diobati, namun berpotensi mengancam jiwa. Anda dapat tertular infeksi melalui kontak langsung dengan luka sifilis selama hubungan seksual.

Beberapa orang dengan sifilis terkadang mengalami luka pada lidah sebagai gejala awal penyakit tersebut. Hal ini lebih sering terjadi jika lidah merupakan tempat yang terinfeksi, akibat dari sifilis yang menyebar melalui seks oral.

Baca Juga: Waspadai Berbagai Penyakit pada Lidah

Sumber

Healthline. (2022). What Are Those Bumps on My Tongue?. www.healthline.com

Medical News Today. (2020). What causes tongue bumps?. www.medicalnewstoday.com

INSIDER. (2021). What those bumps on your tongue mean and how to get rid of them. www.insider.com

Tua Saúde. (2022). Bumps on Tongue: 6 Common Causes & What to Do. www.tuasaude.com