7 Tips Atasi & Hilangkan Stres Agar Hidup Lebih Nyaman

Image: daythere.com

Di tengah modern dan majunya kehidupan masa kini, terselip permasalahan mental yang cukup serius. Stres sebenarnya adalah respon tubuh untuk mempersiapkan diri dalam kondisi tertekan (fight). Tapi jika berlebihan dan tidak terarah tentu tidak baik bagi kesehatan.

Kenali Stres

Gejala stres dapat dilihat dari berbagai bentuk Gangguan fungsi otak seperti sulit konsentrasi, keraguan, dan panik berlebihan juga termasuk gejala stres.

Gejala lain yang mungkin dirasakan penderita adalah nyeri kepala, gangguan pencernaan, dan nyeri punggung.

Sedangkan hal yang paling terlihat jelas adalah perubahan tingkah laku pada penderita stres seperti cepat lelah, menangis berlebihan, dan mudah marah.

Mengatasi Stres

1. Ketahui Penyebab Stres

Hal pertama dan terpenting adalah mengetahui akar penyebab stres. Setelah diketahui, baru cari jalan untuk menghilangkan penyebab tersebut.

Jika tidak bisa dihilangkan, maka cari cara penyelesaian yang lebih tenang.

Misalnya stres karena tugas menumpuk, tentu tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, ubah pola kerja dari yang bermalasan jadi lebih cakap dan rajin.

2. Olahraga dan Relaksasi

Bukan rahasia kalau olahraga punya banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah menghilangkan stres.

Rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu efektif hilangkan stres berlebih.

Meditasi, yoga, dan olahraga pernapasan lainnya juga bantu turunkan level stres, lho!

Hal ini disebabkan olahraga dapat tingkatkan hormon anti-depresi.

Baca Juga: Menghillangkan Stres dengan Olahraga Rutin

3. Tarik Nafas yang Panjang

Saat menghela napas yang panjang, hormon endorphin dilepaskan oleh tubuh. Keberadaan hormon ini membuat kadar adrenalin (hormon stres) berkurang.

Ketika stres melanda, coba menghela napas panjang sambil pejamkan mata. Bernapas lah secara perlahan selama 5 menit saja. Dijamin, anda akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Melepas Stres dengan Yoga, Ini Penjelasannya!

4. Jangan Tergesa-Gesa

Jangan pernah melawan waktu jika tidak ingin tertekan. Berusaha untuk tidak terburu-buru dan lakukan segala hal dengan tenang namun tepat.

Berlatih untuk mengatur waktu dengan baik, buat urutan tugas prioritas, serta fokus pada tujuan merupakan hal yang perlu diingat.

Jika anda orang yang suka mepet, coba majukan jam anda sekitar 5-15 menit. Dengan begitu, tingkat stres akibat telat bisa dikurangi.

5. Sempatkan “Me Time”

Di tengah hiruk pikuk kesibukan pekerjaan, tetap luangkan waktu untuk lakukan hobi anda. Melakukan hobi dapat timbulkan rasa senang yang akhirnya mengurangi stres. Tidak perlu lama, cukup 15-20 menit saja,

6. Berpikir Positif

Penderita stres acap kali berpikiran negatif, terutama tentang dirinya sendiri. Rasa syukur adalah kunci untuk tetap berpikir positif tentang segala yang dimiliki hingga hari ini.

Jika merasa sulit untuk mengubah pola pikir negatif anda, coba lakukan cognitive behavioral therapy (CBT). Terapi ini bertujuan untuk merubah pola pikir seseorang jadi lebih positif.

Cara lain agar dapat berpikir positif adalah dengan menghargai diri sendiri. Berikan pujian pada diri sendiri ketika berhasil melakukan suatu pekerjaan.

7. Sadar Manusia Ada Batasnya

Tidak semua hal bisa diubah begitu saja. Beberapa hal bahkan tidak bisa diubah sama sekali. Daripada berfokus pada hal yang tidak mungkin, lebih baik maksimalkan pada hal lain bisa diubah.

Misalnya jadwal keberangkatan yang diundur selama 5 jam, tentu tidak dapat diubah. Daripada stres memikirkan keterlambatan, lebih baik berfokus untuk tetap produktif selagi menunggu jadwal.

Semuanya akan terkendali jika punya mental yang sehat. Rajin berolahraga, konsumsi makanan seimbang, dan punya selera humor dapat tingkatkan kesehatan mental dna kurangi stres. Yuk, sama-sama kelola stres!

 

Sumber:
Best Way to Manage Stress. 2015. www.health.harvard.edu
Stress: Way to Manage and Reduce It. 2017. www.webmd.com
10 Stress Busters. 2018. www.nhs.uk
16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety. 2018. www.healthline.com