Olahraga Rutin untuk Menghilangkan Stres Berlebih

Image: iccom.ng

Setiap manusia pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Apalagi setiap hari tuntutan hidup makin bertambah. Rasanya hantaman stress yang bertubi-tubi membuat anda cepat marah, mudah lelah, dan tidak bersemangat.

Ternyata tidak perlu modal besar untuk melepaskan stres, lho! Cukup berolahraga rutin, bisa buat tubuh anda lebih bugar, sehat, dan terhindar dari stres berlebihan. Bagaimana caranya?

1. Apa Itu stres?

Image: indianexpress.com

Stres: 


keadaan fisik, sosial,dan psikis yang mengganggu keadaan “normal” tubuh. Sehingga, tubuh pun harusmenyesuaikan diri dengan perubahan yang tiba-tiba tersebut.

Hasil penelitian dari Anxiety and Depression Association of America menyebutkan, bahwa gejala stres, baik fisik maupun emosional, telah meningkat setahun terakhir.

Penyebab stres bisa bermacam-macam, bisa jadi karena permasalahan pribadi, di tempat kerja, maupun hubungan dengan kerabat. Stress memang tidak bisa dihindari, tapi anda bisa mengelolanya, kok!

2. Stres, Bisa Berbahaya maupun Tidak

Stres ringan sebenarnya diperlukan agar manusia dapat beradaptasi dengan lingkungan. Stres ringan yang masih bisa ditangani pun termasuk kategori tidak berbahanya.

Saat stress sudah berkepanjangan dan tidak kunjung membaik, maka bisa jadi berbahaya. Sebab, sistem metabolisme tubuh pun berubah.

Hal ini berdampak pada penurunan sel imun, peningkatan resiko penyakit jantung, timbul gejala penyakit mental, dan gejala depresi.

3. Olahraga, Cara Terbaik Hindari Stres

Image: menshealth.com

Secara ilmiah, olahraga rutin bantu tubuh untuk lepaskan hormon beta-endorphin. Hormon ini memicu rasa senang dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. Bahkan menurut penelitian, hanya dengan berolahraga selama 5-10 menit per hari bisa memicu efek anti-kecemasan.

Selain itu, pada saat berolahraga suhu tubuh meningkat. Peningkatan ini membantu otot-otot untuk rileks ketika olahraga usai.

Penelitian lain menyebutkan bahwa olahraga bantu tingkatkan kualitas tidur, kepercayaan diri, ketahanan stamina, hingga menstabilkan emosi. Rasa gelisah serta tanda-tanda depresi juga terpantau rendah pada orang yang gemar olahraga rutin.  

4. Mulai olahraga dari Hal Kecil

Orang dewasa dianjurkan untuk olahraga  3 kali per minggu dengan durasi 20-30 menit per masing-masingnya. Namun, pasti sulit mencapai durasi tersebut bagi seorang pemula.

Maka dari itu, awali dengan olahraga sedang seperti jogging, renang, atau bersepeda selama 10-15 menit per hari. Setelah terbiasa, tingkatkan sedikit demi sedikit hingga mencapai durasi yang disarankan. Jenis olahraga yang dilakukan pun bisa dikombinasikan supaya tidak bosan.

Tips lain agar olahraga semakin seru adalah senam atau yoga bersama teman. Anggap saja sebagai motivasi untuk rutin berolahraga. Dijamin, tidak ada kata malas lagi, deh.

Menambah pergaulan sekaligus berolahraga bukan suatu yang salah, bukan? Hidup pun sehat dan bebas stres!

Sumber

Peranan Olahraga dalam Mengurangi Stres. (2011). http://staffnew.uny.ac.id

Excercise More, Stres Less. (2017). http://www.colgate.edu

Physical Activity Reduces Stress. (2017). https://adaa.org

Exercise and Stress: Get Moving to Manage Stress. (2018). https://www.mayoclinic.org