7 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan

7 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Beras hitam mungkin terdengar asing, tidak seperti brown rice dan nasi merah yang lebih populer sebagai pengganti nasi putih. Namun, dibandingkan dengan brown rice dan nasi atau beras putih biasa, beras hitam lebih kaya protein dan serat.

Beras hitam juga mengandung jumlah kalori yang kira-kira sama dengan nasi putih, tetapi mengandung antioksidan antosianin tinggi yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Antosianin adalah pigmen yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Pigmen ini juga dikenal untuk mengurangi peradangan dan membantu mengurangi risiko kardiovaskular. Mengonsumsi nasi hitam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran secara keseluruhan. 

Beras hitam memberikan banyak manfaat kesehatan, berikut manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi nasi dari beras hitam secara rutin sebagai pengganti nasi putih:

1. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, masalah umum di antara wanita, anak kecil dan orang dewasa yang lebih tua. Satu porsi nasi hitam menyediakan 6% dari kebutuhan zat besi harian, mineral yang kita butuhkan untuk menjaga darah mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Baca Juga:Mengatasi Lemas dan Lesu akibat Anemia

2. Mencukupi Serat Harian

Satu porsi nasi hitam menyediakan 4% dari kebutuhan serat harian Anda. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat — sehingga jika makan nasi biasa perlu menambahkan biji-bijian, atau banyak sayuran hijau. Setiap 100 gram beras hitam saja sudah mengandung 4,9 gram serat, sementara nasi merah 1,8 gram serat.

3. Mencegah Sembelit

Sebagai makanan pokok yang kaya serat, nasi hitam dapat membantu menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian tentang efek beras hitam pada kesehatan jantung memang masih terbatas. Namun, antioksidan yang kaya di dalamnya telah terbukti membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Flavonoid seperti yang ditemukan dalam beras hitam juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit jantung.

5. Mencegah Obesitas

Jika Anda sedang mengontrol berat badan, maka nasi hitam adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Karena penuh dengan serat, nasi hitam ini akan memberi perasaan kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan.

6. Mengontrol Gula Darah

Flavonoid seperti antosianin dalam beras hitam juga memengaruhi kadar gula darah dan manajemen diabetes. Fitokimia memiliki pengaruh positif pada tubuh Anda, meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat mengelola glukosa dengan lebih baik. Mereka juga membantu dengan mengurangi pencernaan gula di usus kecil, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Beras hitam mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi, dua karotenoid yang dikenal karena perannya dalam melindungi retina dari radikal bebas yang berpotensi merusak. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel di mata Anda dan mengurangi efek radiasi ultraviolet (UV).

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Indeks Glikemik Rendah agar Kenyang Lebih Lama

 

Sumber

Nourish bu WebMD. 2020. Black Rice: Health Benefits, Nutrition, and Uses. www.webmd.com

Verywell Fit. 2020. Black Rice Nutrition Facts and Health Benefits. www.verywellfit.com

HealthLine. 2019. 11 Surprising Benefits and Uses of Black Rice. www.healthline.com

Medical News Today. 2019. What are the health benefits of purple rice?. www.medicalnewstoday.com