Mengatasi Lemas dan Lesu Akibat Anemia

Penulis: Unik Fa | Editor: Atsa

Anemia adalah suatu kondisi di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Anemia dapat membuat Anda merasa lemas dan lesu. Ada banyak jenis anemia dan bisa bersifat sementara atau jangka panjang, mulai dari yang ringan hingga berat.

Perawatan untuk anemia berkisar dari mengonsumsi suplemen hingga menjalani tindakan medis. Anda mungkin dapat mengatasi lemas dan lesu akibat anemia dengan makan makanan yang sehat dan bervariasi. Berikut beberapa cara yang mungkin dapat Anda gunakan untuk mengatasi Anemia.

Baca Juga: Anemia Defisiensi Besi

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin dan Zat Besi.

Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin C, dan zat besi. Kandungan-kandungan tersebut banyak terdapat dan dengan mudah ditemukan pada daging, kacang-kacangan, sayur- sayuran, jeruk, pisang, sereal, susu, melon dan buah beri. Makanan – makanan tersebut paling efektif membantu untuk mengatasi Anemia.

2. Hindari Mengkonsumsi Kafein

Saat Anda mengalami Anemia, ada baiknya jika menghindari minum kopi, teh, atau susu sehabis makan karena dapat mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Bahkan dapat menyebabkan Zat besi sama sekali tidak terserap dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya STOP minum kopi / teh / susu saat Anemia supaya terhindar dari lemas dan lesu.

3. Melakukan Transfusi Darah

Tambahan darah sesuai kebutuhan saat Anemia akan cepat mengembalikan jumlah sel darah merah dalam kondisi normal. Namun, setelah normal, pasien hendaknya menjaga tingkat kenormalan dengan cara menjaga makan makanan yang benar dan sehat.

4. Mengatasi Anemia dengan Suplemen

Mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan vitamin lengkap lainnya sangatlah penting sebagai penunjang pembentukan sel darah merah untuk mengatasi Anemia. Tapi perlu diingat jangan berlebihan mengonsumsinya. Kandungan zat dalam suplemen biasanya lebih besar dari yang dibutuhkan tubuh sehingga menyebabkan kerja ginjal bertambah berat. Maka jika gejala anemia sudah hilang, berhentilah mengonsumsinya dan  lakukan pola hidup yang baik agar kesehatan terjaga dan anemia tidak kambuh lagi.

5. Mengatasi Anemia dengan Istirahat Cukup

Karena Anemia akan menyebabkan Anda cepat lelah, ada baiknya anda mengurangi aktivitas yang dapat membuat lelah. Jika badan anda lelah, otomatis hal ini akan memperparah Anemia Anda, dan Anda akan dengan mudah merasa lemas dan lesu sepanjang hari.

Anemia umumnya memiliki tingkat kesembuhan yang sangat baik dan dapat disembuhkan 100% dalam banyak kasus. Tingkat kesembuhan keseluruhan tergantung pada penyebab anemia, keparahannya, dan kesehatan serta daya tahan tubuh.

Baca Juga: Perbedaan Anemia dan Tekanan Darah Rendah