Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Diet & Membakar Lemak

Image : www.cookinglight.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Tubuh manusia akan menyerap seluruh nutrisi penting bagi tubuh, dan di antara beragam nutrisi yang sangat penting bagi tubuh adalah protein.

Protein yang masuk dalam tubuh akan mengalami proses pencernaan dan diolah menjadi asam amino yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh, dan melindungi tubuh dari beragam penyakit. Asam amino yang berlebih akan dijadikan sumber energi tubuh.

Nutrisi lainnya dalam kandungan ikan salmon juga memiliki beragam manfaat yang menunjang kesehatan dan pembentukan tubuh. Sehingga membantu dalam pembakaran lemak pada program diet Anda. Supaya lebih jelas lagi, berikut ragam manfaat nutrisi ikan salmon untuk diet dan membakar lemak tubuh.

Baca Juga6 Mitos Penyebab Gagal Diet

1. Protein salmon mudah diserap tubuh

Protein yang terdapat pada ikan, termasuk salmon, sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Ketika protein mudah diserap tubuh, maka tidak akan banyak nutrisi yang terbuang karena lambat dicerna. Asam amino pada protein salmon kemudian mudah diolah menjadi energi atau cadangan energi yang baik untuk pembakaran lemak tubuh, dan pembentukan otot. Selain itu, Ikan salmon juga tidak mengandung senyawa karsinogenik seperti daging pada umumnya.

2. Makan salmon dengan karbo meningkatkan thermogenesis

Thermogenesis adalah panas yang dihasilkan tubuh untuk membakar energi saat beristirahat. Thermogenesis juga berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Meski sangat kecil pengaruhnya, thermogenesis dapat menstabilkan kadar lemak dan pembakaran energi supaya terhindar dari obesitas.

3. Mengandung lemak baik untuk pembakaran lemak jahat

Salmon merupakan sumber kolesterol baik (HDL) dan lemak baik (asam lemak omega-3) yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, dan mengontrol berat badan.

Dari semua hidangan laut, salmon memiliki konsentrasi asam lemak omega-3 tertinggi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition and Dietetics pada 2015 mengaitkan suplementasi asam lemak omega-3 dengan penurunan berat badan dan pengurangan risiko penyakit jantung.

Untuk menjaga agar asupan asam lemak omega-3 Anda tetap tinggi, sehingga membantu dalam pembakaran lemak dan pembentukan otot, usahakan konsumsi setidaknya 30 gram salmon setiap minggu.

4. Rendah kalori kaya protein

Salmon dapat membantu menurunkan berat badan jika Anda menggunakannya sebagai pengganti sumber protein tinggi lemak dalam makanan Anda.

Satu porsi salmon (sekitar 30 gram) mengandung 156 kalori, 23 gram protein dan 6 gram lemak. Namun, kalori dari salmon hanya diserap 80%. Protein yang tinggi pada ikan salmon juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Daging sapi mengandung jumlah protein yang kira-kira sama dalam setiap 30 gram, tetapi memiliki 235 kalori dan 16 gram lemak. Ditambah, kalorinya diserap 90% – 99%.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Nutrisi seperti Omega 3, vitamin D, dan selenium pada ikan salmon mampu membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh. Sehingga, gula dalam tubuh mudah diproses menjadi energi oleh pankreas.

Penyerapan gula yang bermasalah karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin dapat menyebabkan berbagai masalah pada otot, hati (liver), dan kadar gula darah. Hal ini juga dapat memicu terjadinya diabetes dan kelebihan berat badan.

6. Meningkatkan metabolisme

Protein dalam ikan salmon sangat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang tinggi akan membantu dalam efektifitas pembakaran lemak, meningkatkan massa otot.  Selain itu metabolisme basal dalam tubuh juga ikut meningkat. Metabolisme basal adalah banyak energi yang dapat dipakai untuk aktifitas jaringan tubuh sewaktu istirahat. Hal tersebut juga berhubungan dengan pembakaran energi saat mencerna makanan, sekresi enzim, sekresi hormon, denyut jantung, bahkan saat bernafas.

Baca Juga7 Prinsip Utama Sukses Diet

 

Sumber :
Klaas R Westerterp. (2004). Diet induced thermogenesis. www.ncbi.nlm.nih.gov
Antigoni Z. (2016). Insulin-Sensitizing Effects of Omega-3 Fatty Acids: Lost in Translation?. www.ncbi.nlm.nih.gov
Jack Salmon. Five Amazing Health Benefits of Salmon. jacksalmon.co.za
SF Gate. (2018). Should You Eat Salmon Raw or Cooked to Burn Body Fat?. healthyeating.sfgate.com