Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

manfaat mengkudu

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Di kalangan penggemar buah, mengkudu mungkin bukan merupakan jenis buah yang lazim dikonsumsi seperti buah-buahan lain. Buah yang juga dikenal dengan nama buah noni ini memiliki aroma dan rasa yang khas. Sekilas, mirip dengan aroma fermentasi dan rasanya juga cenderung pahit sehingga banyak orang tidak menyukainya. Meskipun begitu, buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara termasuk Indonesia ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Apa saja?

Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Buah mengkudu terkenal karena level antioksidannya yang tinggi. Seperti kita ketahui, antioksidan memiliki banyak sekali fungsi untuk tubuh kita. Selain mampu mencegah kerusakan sel karena radikal bebas, jumlah antioksidan yang memadai bisa membantu kita menjaga dan mengoptimalkan fungsi tubuh.

Antioksidan utama yang ada dalam buah mengkudu antara lain adalah beta karoten, iridoids, vitamin C serta vitamin E. Dengan mengkonsumsi jus atau ekstrak buah mengkudu, risiko penyakit kronis seperti diabetes dan jantung dapat dikurangi.

Menghilangkan Rasa Sakit

Mengkudu mendapatkan julukan sebagai “Buah Penghilang Rasa Sakit” dan manfaat ini telah dirasakan selama ribuan tahun. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkudu memiliki kemampuan yang lebih baik dalam meredakan nyeri dibandung tramadol dan hidrokortison. Ini membuatnya jadi opsi yang bagus untuk mengobati artritis dan sakit persendian lainnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain antioksidan yang mampu menangkal racun dan radikal bebas, buah noni mampu mengaktifkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menghasilkan lebih banyak limfosit. Buah ini juga mengandung agen antibakteri yang bisa melawan bakteri menular seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Berfungsi Sebagai Antidepresan

Kemampuan buah mengkudu ternyata tidak berkaitan dengan kesehatan fisik tapi juga psikis seseorang. Mengkudu menstimulasi produksi serotonin dan melatonin yang merupakan dua hormone yang sangat penting. Serotonin memengaruhi mood, emosi dan pola tidur. Ketidakseimbangan serotonin di dalam tubuh bisa memicu depresi.

Melatonin memiliki kemampuan dalam meregulasi jam sirkadian dalam tubuh. Efeknya, tidur Anda akan menjadi lebih baik dan teratur. Ketika tidur Anda cukup dan berkualitas, mood pun bisa semakin membaik.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Mengkudu mengandung fitonutrien, selenium serta vitamin C yang tinggi untuk memerangi kerusakan akibat radikal bebas pada pembuluh darah. Di dalamnya juga terkandung senyawa sc

skolopetin yang mampu menurunkan tekanan darah. Sifatnya yang basa membuat cairan dalam tubuh menjadi tidak terlalu asam sehingga bisa mematikan radikal bebas yang masuk.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berolahraga

Bagi olahragawan atau Anda yang bekerja dengan aktivitas fisik tinggi, menyantap buah noni dianggap mampu meningkatkan kemampuan fisik. Hal ini sudah dibuktikan langsung oleh penduduk yang tinggal di kepulauan Pasifik yang mengaku mendapatkan lebih banyak tenaga saat sedang berlayar atau mencari ikan di lautan.

Peningkatan kekuatan fisik setelah mengonsumsi buah mengkudu ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan ini yang bekerja mengurangi kerusakan lapisan pelindung otot yang biasanya terjadi selama berolahgara atau beraktivitas berat.

Baik untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Buah mengkudu sering digunakan untuk pengobatan beragam masalah kulit seperti eksim dan kurap. Menggosokkan buah mengkudu ke kulit kepala akan membuat rambut berkilau dan bisa membuat Anda tampil lebih muda.

Membantu Mengobati Tumor dan Kanker

Buah noni merangsang produksi oksida nitrat. Zat ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah menghambat pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Kandungan polisakarida imunomodulator atau noni-ppt juga dapat membantu memerangi kanker.

Buah mengkudu memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun dalam mengonsumsinya tetap ada aturan yang harus diperhatikan. Ibu hamil, menyusui serta penderita ginjal dan gangguan hati sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini. Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal, konsultasikan kondisi tubuh Anda pada dokter sebelum menggunakan buah mengkudu sebagai obat.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

 

Sumber:
Healtline (2019). What is Noni Juice? Everything You Need to Know. www.healthline.com
Suara (2019). Diyakini Obat Kanker, Mengkudu Tidak Boleh Dikonsumsi Orang Seperti Ini! www.suara.com
Merdeka (2012). Mengkudu, Obat Herbal Pembunuh Kanker. www.merdeka.com
Healthier Steps (2012). 10 Amazing Health Benefits of Noni. www.healthiersteps.com