8 Makanan untuk Meningkatkan Serotonin

serotonin

Penulis: Unik Fa | Editor: Atsa

Sebagai neurotransmiter di otak, serotonin memberikan peranan untuk mengatur kecemasan, kebahagiaan, dan suasana hati. Kadar serotonin yang rendah telah dikaitkan dengan risiko depresi. Meski demikian, penelitian telah menunjukkan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, dari segi makanan, untuk membantu menstabilkan suasana hati kita. 

Triptofan, yang digunakan untuk membuat serotonin, umumnya ditemukan dalam makanan yang mengandung protein. Makanan berikut adalah beberapa sumber triptofan yang baik untuk Anda konsumsi :

1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3, yang sangat baik dan penting bagi kesehatan. Makan dua porsi ikan salmon per minggu akan membantu tubuh menyediakan triptofan yang cukup. Jika Anda vegan atau vegetarian, Anda bisa mendapatkan omega-3 dari biji labu, kacang walnut, dan kedelai.

2. Daging Unggas

Segala jenis uggas seperti ayam, bebek, bahkan kalkun kaya akan protein yang membantu dalam meningkatkan serotonon. Khususnya, konsumsi dada ayam akan menjadi pilihan terbaik dari daging unggas karena kaya akan protein dan rendah lemak.

3. Telur

Selain daging, sumber protein lain yang tinggi juga murah yaitu dengan mengonsumsi telur. Supaya lebih sehat konsumsi telur dengan cara direbus saja. Menggoreng telur ceplok dengan banyak minyak membuatnya menjadi pilihan yang kurang sehat.

Merebus telur tidak menambah lemak tambahan sehingga lebih baik. Membuat telur dadar dengan wajan tanpa minyak dan menyajikannya dengan salad bisa menjadi pilihan yang baik untuk makanan ringan.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, adalah sumber triptofan yang baik untuk meningkatkan serotonin. Bayam juga merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi membantu tubuh membuat sel darah merah. Kekurangan zat besi dalam makanan dapat menyebabkan anemia dan mudah lemas.

5. Biji-Bijian

Biji – bijian juga merupakan sumber triptofan. Meski tidak mengandung triptofan sebanyak ikan salmon, unggas, atau telur. Namun, biji – bijian adalah sumber triptofan dan protein yang baik untuk vegetarian dan vegan. Beberapa cara mudah untuk memakannya yaitu dengan menaburkan biji – bijian ke salad, mencampur kacang dan biji untuk camilan, dan menambahkannya ke sereal, bubur, atau yogurt.

6. Susu

Susu terkenal sebagai sumber kalsium yang baik, yang membantu membangun tulang dan gigi untuk tetap sehat.

Memilih opsi susu rendah lemak bisa lebih sehat daripada susu biasa bagi orang-orang yang ingin mengurangi asupan lemak jenuh mereka. Tapi perlu diperhatikan, beberapa susu rendah lemak justru lebih kaya akan gula.

7. Produk Kedelai

Produk yang mengandung kedelai, seperti tahu, susu kedelai, atau kecap, adalah sumber triptofan. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk vegetarian dan vegan. Untuk yang alergi susu sapi, susu kedelai juga bisa menjadi alternatif yang sangat baik bagi tubuh dan unuk meningkatkan serotonin.

8. Kacang

Kacang adalah sumber protein, lemak sehat, dan serat. Menjadikan kacang sebagai cemilan di antara waktu makan dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Sama seperti biji-bijian, Anda bisa mencampurkannya ke berbagai hidangan seperti smoothie, salad, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Tingkatkan Serotonin Agar Terhindar Dari Depresi

 

Sumber:
Web MD. Foods to Uplift Your Mood. www.webmd.com
Medical News Today. 2018. How to Boost Serotonin and Improve mood. www.medicalnewstoday