7 Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Image : parenting.firstcry.com

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan kulit putih dan bersih yang menjadi idaman bagi banyak kaum perempuan. Apakah Anda salah satunya? Padahal, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, seperti alpukat, brokoli, bayam bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat kulit Anda terlihat putih dan bersih.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beragam manfaat vitamin E, khususnya untuk kulit. Selain untuk perawatan kulit, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan antioksidan dalam vitamin E terbukti dapat melindungi struktur sel dalam tubuh dari kerusakan dan menangkal radikal bebas.

Tidak heran jika banyak suplemen, produk kecantikan dan perawatan rambut menggunakan vitamin E sebagai bahan utamanya. Penasaran apa saja manfaat vitamin E untuk kulit? Yuk cari tahu melalui artikel berikut ini.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Vitamin C bagi Kulit

1. Mencegah Timbulnya Tanda-tanda Penuaan

Vitamin E telah lama digunakan untuk mencegah timbulnya kerutan di wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya. Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, bermanfaat untuk memblokir radikal bebas dari tubuh, yang menjadi penyebab utama timbulnya tanda-tanda penuaan.

Apabila vitamin E dan C dikombinasikan, maka akan menjadi tabir surya alami yang dapat mencegah kulit terpapar sinar UV secara langsung. Perlu Anda ketahui, jika paparan sinar UV, asap, dan polusi udara dapat merusak kolagen serta sel-sel kulit yang pada akhirnya menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau bintik-bintik gelap pada wajah.

2. Melembapkan Kulit

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, vitamin E adalah salah satu pelembap terbaik yang bisa menjadi solusi untuk melembapkan kulit. Kandungan antioksidan dari vitamin E membantu menjaga kulit tetap kenyal dan mencegahnya dari dehidrasi. Caranya, dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin E dan mengoleskan lotion yang mengandung vitamin E pada kulit sebelum tidur atau di pagi hari. Jika kulit Anda sangat kering, Anda dapat menggabungkan vitamin E dengan minyak zaitun, minyak kelapa, dan air hangat. Rendam selama 15-20 menit dan ulangi sebanyak yang diperlukan.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Vitamin E diyakini dapat menghilangkan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Sel dan jaringan kulit yang rusak menghasilkan bekas luka yang dapat mengganggu penampilan Anda karena terlihat tidak menarik. Bekas luka ini, terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sembuh. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi atau menggunakan produk yang mempunyai kandungan vitamin E.

Hal ini dikarenakan vitamin E merupakan pilihan yang aman untuk memperbaiki sel-sel yang rusak berkat sifat kuratifnya. Selain itu, aman untuk diaplikasikan pada luka bakar dan memar. Kulit Anda akan menyerap nutrisi dan semua bekas luka akan mulai memudar secara bertahap.

4. Mengobati Kulit yang Terbakar Akibat Paparan Sinar UV

Tidak perlu diragukan jika kandungan antioksidan yang ada dalam vitamin E dapat membantu memulihkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar UV lebih cepat. Vitamin E juga mampu menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar UV sehingga rasa perih bisa lebih cepat hilang dan Anda tidak perlu khawatir lagi untuk beraktivitas diluar ruangan.

5. Menyamarkan Stretch Mark

Stretch mark seringkali muncul dan dialami oleh ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Tidak hanya itu, stretch mark juga bisa muncul jika Anda kurang berolahraga. Stretch mark biasanya terdapat pada area perut, paha, pantat, dan kaki. Hal itu disebabkan karena adanya peregangan kulit secara berlebihan akibat diantaranya yaitu obesitas, peningkatan massa, dan melahirkan.

Untuk menyamarkan stretch mark caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan krim penghilang stretch mark yang mengandung vitamin E yang bisa Anda dapatkan di apotek atau supermarket. Oleskan krim tersebut pada area dimana stretch mark itu muncul. Nutrisi dalam vitamin E mampu mengembalikan elastisitas kulit sehingga garis-garis putih akibat peregangan kulit dapat tersamarkan.

6. Mencerahkan Kulit yang Kusam

Memiliki kulit yang kusam terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya, banyak cara untuk mengatasinya salah satunya dengan menggunakan masker tomat. Buah tomat terbukti mengandung vitamin E yang dapat menghalau segala pengaruh buruk dari sinar ultraviolet. Sehingga kulit Anda menjadi putih, bersih, dan berseri seperti terevitalisasi kembali. Bukan hanya itu, mengkonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung vitamin E juga dapat mencerahkan kulit Anda.

7. Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Jika Anda sering bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari, maka vitamin E adalah jawabannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E membantu melindungi membran sel kulit Anda dari paparan sinar matahari dan antioksidannya juga mampu melawan radikal bebas yang memiliki pengaruh buruk terhadap kulit.

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang menyebabkan membran sel rusak dan meningkatnya sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Hal itu membuat kulit Anda timbul bercak-bercak hitam, yang bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Dampak lain dari paparan sinar matahari yaitu munculnya komedo dan jerawat di kulit.

Ternyata banyak juga ya manfaat vitamin E yang bisa Anda jadikan alternatif untuk perawatan kulit. Tapi perlu diingat, tetap konsultasikan dengan dokter kulit untuk menemukan solusi yang paling cocok untuk kulit Anda.

Baca Juga : 10 Manfaat Penting Body Lotion untuk Kulit Sehat

Sumber:
Bioclarity. (2017). Vitamin E and Acne: Is it Effective? www.bioclarity.com
Skincareorg. (2017). Vitamin E for Skin, Benefits, How to Use for Skin Whitening, Acne, Scars, Stretch Mark. www.skincareorg.com
Top10homeremedies. (2016). Top 10 Benefits Vitamin E for Hair and Skin. www.top10homeremedies.com
Well-beingsecrets. (2019). 18 Evidence-Based Benefits of Vitamin E. www.well-beingsecrets.com