10 Manfaat Penting Body Lotion untuk Kulit Sehat

10 Manfaat Penting Body Lotion untuk Kulit Sehat

Penulis : Helen | Editor : Niahappy

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnama Sari

Kulit merupakan organ tubuh yang fleksibel dan bergantung pada keadaan dalam dan luar tubuh Anda. Contoh keadaan dalam tubuh yang memengaruhi kulit seperti dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), sedangkan dari luar tubuh adalah suhu udara dan kelembaban udara. Suhu udara dingin serta dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering. Karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan body lotion, agar tetap menjaga kulit selalu lembap dan halus.

Namun, manfaat body lotion tidak hanya itu saja. Ingin tahu manfaat yang lain? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga : Perbedaan Body Serum, Body Lotion, dan Body Butter

1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan memiliki mobilitas yang tinggi, polusi udara merupakan musuh terbesar Anda dan tidak bisa kita hindari. Jika kita tidak merawat kulit kita, maka debu semakin menumpuk dan menutup pori-pori kulit kita dan tidak baik untuk regenerasi kulit Anda. Jadi, penggunaan body lotion yang di dalamnya ada kandungan AHA, sangat menolong kulit Anda untuk beregenerasi dan mencegah kulit Anda semakin kusam.

2. Mencegah Kulit Kering

Anda yang bekerja di iklim yang panas, dianjurkan untuk sering menggunakan lotion bahkan mungkin setiap hari. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah kering, sangat mungkin bisa teriritasi. Penggunaan terbaik untuk Anda yang memiliki kulit sensitif adalah setelah mandi, berikan body lotion yang memiliki aroma favorit Anda di seluruh kulit tubuh Anda. Manfaat yang bisa Anda rasakan adalah, kulit Anda bisa tetap lembab dan kenyal.

3. Menghaluskan Kulit yang Kasar

Tidak dipungkiri, Anda pasti memiliki area kasar di tubuh Anda, entah itu untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau normal sekalipun. Area kasar di tubuh Anda bisa ditemui pada sekitar siku atau lutut. Nah, untuk menghaluskannya berikan lotion di area tersebut, setelah mandi atau sebelum tidur, tujuannya untuk meringankan kulit kasar dan menjadikan halus.

Baca Juga : Cara Ampuh Haluskan Telapak Tangan Kering dan Kasar

4. Mencegah Masalah Kulit

Masalah kulit yang paling umum ditemui adalah jerawat dan itu ternyata tidak hanya muncul di wajah saja. Perubahan hormon dan emosi, dapat menyebabkan jerawat bersarang di area yang tak seharusnya pada tubuh Anda. Namun, tidak perlu khawatir, beberapa pelembap memiliki kandungan yang ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat, seperti asam salisilat atau minyak yang melembutkan kutikula.

5. Membuat Tubuh Anda Beraroma Harum

Aroma krim pada lotion, membuat tubuh Anda memiliki aroma yang harum dan segar. Dan hal ini juga membawa keuntungan bagi Anda, orang-orang yang berada di sekitar Anda bisa menjadi betah dan senang, karena badan Anda segar, harum. Maka dari itu, produk lotion tersedia dalam berbagai varian rasa. Usapkan lotion di sekitar tubuh Anda dan nikmati aromanya.

6. Membuat Tubuh Lebih Relax

Bagi yang tidak suka dengan aroma minyak untuk pijat, lotion bisa dijadikan alternatif untuk pijat. Cobalah pijat tubuh Anda dengan lotion beraroma, dan aplikasikan ke area badan Anda yang lelah.  Aroma yang harum, gerakan pijatan yang lembut dapat menjadi hadiah yang menyenangkan setelah beraktivitas seharian.

7. Meratakan Warna Kulit

Kebanyakan Anda pasti lebih sering merawat kulit tubuh yang sering terkena sinar matahari, hingga tidak jarang kita lupa untuk merawat kulit bagian lain yang terlindungi oleh pakaian Anda. Untuk hasil terbaik dan merata, sangat disarankan, untuk menggunakannya di seluruh tubuh Anda juga ya, agar warna kulit Anda merata. Nah, jangan salah pilih body lotion, pilihlah yang mengandung CLA(Conjugated Linoleic Acid) untuk menghindari kulit Anda menjadi belang.

8. Mengencangkan Kulit

Hati-hati kulit kita juga bisa kekurangan kolagen, karena kekeringan. Namun, jangan khawatir, produksi kolagen bisa diisi ulang dengan rutin menggunakan body lotion, karena di dalamnya ada kandungan glycerine dan retinol yang bisa buat kulit Anda jadi kencang dan bebas dari kerutan.

9. Mencegah Timbulnya Flek

Pasti Anda semua ingin terlihat awet muda, kan? Nah, tidak perlu perawatan mahal-mahal. Cukup pakai body lotion yang rajin, bisa jadi cara untuk menghilangkan flek pada kulit Anda, sehingga kulit bisa terhindar dari penuaan dini. Kandungan AHA pada body lotion, membantu mengganti sel-sel kulit Anda yang mati dengan yang baru, menjauhkan dari kemungkinan flek yang muncul. Sehingga, tubuh Anda bisa tetap prima dan diremajakan terus.

10. Perlindungan dari Sinar UVA dan UVB

Dua jenis sinar tersebut patut dihindari oleh kulit Anda, karena bisa membawa pengaruh buruk bagi kulit yaitu kanker kulit. Jadi, sebelum keluar ruangan, jangan lupa oleskan body lotion di kulit, karena SPF 15 di dalamnya, mampu melindungi Anda dari efek samping sinar UVA dan UVB. Namun, tetap sesuaikan kadar SPFnya dengan jenis kegiatan yang Anda sering lakukan, ya.

Jadi, tidak ada salahnya kan, untuk menambahkan body lotion sebagai perlindungan kulit Anda. Selamat semakin cantik ya.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Tepat Sesuai Aturan

Sumber:  
Everydayhealth. (2017). The 7 Body Lotion Benefits. www.everydayhealth.com
Drhealthbenefits. (2018). 13 Benefits of Using Body Lotion Everyday for Skin Beauty. www.drhealthbenefits.com
Gel-Nails. (2017). 7 Advantages of using Hand and Body Lotion. www.gel-nails.com
Nivea. (2018). The Benefits of  Firming Body Lotion. www.nivea.com



Add Your Comment