Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Image : www.skinlaser.com

Penulis : Adhenda | Editor : Atsa

Memiliki kulit yang mulus, glowing, dan cerah merupakan idaman setiap wanita. Namun, masalah polusi, radiasi sinar UV, dan pertambahan usia justru memicu banyak masalah pada kulit seperti kusam, warna kulit tidak rata, dan munculnya garis-garis halus.

Tidak banyak yang tahu kalau kulit yang sehat dan cerah bisa didapatkan dari bahan alami yang mengandung vitamin C. Vitamin C memiliki kandungan aktif yang aman dan bagus untuk kulit dan tubuh. Vitamin ini bisa membuat kulit Anda cerah dan sehat karena mampu bekarja mengatasi beragam masalah pada kulit. Berikut beragam manfaat vitamin C untuk kulit Anda.

1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Sinar UVA dan UVB matahari secara signifikan dapat mempercepat laju tanda-tanda kerusakan pada kulit, seperti kulit terbakar atau sunburn, dan juga flek hitam. Pada akhirnya, kulit mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV matahari, dengan melawan radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Selain itu, vitamin C akan membantu Anda mengurangi efek kulit kusam karena radiasi UVB yang menyebabkan kulit terbakar (burning).

Selain mencegah efek UVB, vitamin C juga mencegah efek berbahaya dari radiasi UVA yang berpotensi menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya sebelum Anda beraktifitas sangat penting untuk menjaga kulit awet muda dan juga mencegah terjadinya kanker kulit.

Baca JugaTips Memilih Sun Protection yang Tepat untuk Kulit Sensitif

2. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh dan memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, kolagen yang diproduksi tubuh akan semakin berkurang. Sementara polusi dan faktor lingkungan lainnya justru semakin memicu kerusakan pada kulit. Karena itulah, vitamin C diperlukan untuk membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda akan dapat mengurangi keriput dan melawan tanda-tanda penuaan.

3. Menyembuhkan luka

Vitamin C juga membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka dengan menggantikan jaringan yang rusak, sehingga bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Misalkan Anda terbentur dan luka memar, jika memar Anda sulit hilang hingga berhari hari, bisa jadi Anda kekurangan vitamin C.

Memar diakibatkan rusaknya pembuluh darah kepiler di bawah kulit. Vitamin C akan membantu pembentukan membuat jaringan yang baru sehingga memar cepat pulih. Begitu pun jika tubuh Anda mendapat luka, vitamin C akan membantu membentuk kolagen dan membuat jaringan kulit baru, sehingga luka cepat sembuh.

4. Memperbaiki tekstur kulit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vitamin C membantu dalam meningkatkan produksi kolagen. Konsumsi vitamin C yang cukup akan membuat kulit Anda kencang dan elastis. Selain itu, kulit Anda juga jauh dari efek penuaan dini seperti kerut halus, kulit yang kering dan kasar yang bisa terjadi karena paparan sinar matahari.

Untuk memperbaiki tekstur kulit wajah, Anda juga bisa menggunakan rangkaian perawatan kulit yang mengandung vitamin C seperti serum dan krim wajah. Patikan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda juga, ya.

Baca JugaKenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

5. Mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata

Apakah Anda memiliki mata yang bengkak dan lingkar hitam di bawah mata Anda. Beban kerja dan stres yang terjadi setiap hari bisa berdampak pada menurunnya kualitas tidur. Tidur yang kurang akan membawa masalah kulit seperti mata yang bengkak dan juga adanya lingkaran hitam.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Hal tersebut dapat diatasi dengan konsumsi vitamin C yang cukup. Terbukti, bahwa vitamin C dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata dan dapat memberikan tampilan wajah yang lebih segar.

Penggunaan krim mata juga akan membantu Anda dalam menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Krim ini biasanya sudah mengandung vitamin C yang akan membantu mengatasi masalah kulit di sekitar mata.

6. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Jika kulit Anda tampak tidak cerah atau warna kulit wajah tidak rata, vitamin C akan membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah dan meratakannya. Untuk yang sudah terlanjur memiliki masalah kulit seperti ini, konsumsi vitamin C saja tidak cukup. Anda harus memberikan vitamin C dari luar tubuh juga melalui serum dan krim wajah. Produk ini akan membantu dalam merevitalisasi kulit Anda, sehingga tampak lebih cerah.

7. Mencegah stretch marks

Jika Anda sedang hamil atau melakukan diet, pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C supaya stretch marks tidak mudah muncul pada kulit Anda. Perubahan bentuk tubuh baik itu kenaikan atau penurunan berat badan bisa memicu munculnya stretch marks jika elastisitas kulit kurang.

Nah, jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih sehat, halus dan terlihat lebih muda, pastikan cukupi kebutuhan vitamin C harian Anda, ya. Untuk beberapa masalah yang lebih spesifik bisa juga dibantu dengan penggunaan vitamin C dari luar kulit.

Baca JugaTips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

 

Sumber :
Artnaturals (2018). 10 Benefits Of Vitamin C Serum. www.artnaturals.com
Beautybites (2018). 9 Beauty Benefits Of Vitamin C. www.beautybites.org
Foodmatters (2015). 8 Beauty Benefits Of Vitamin C. www.foodmatters.com
Intothegloss (2018). What Are Vitamin C’s Benefits For Skin? www.intothegloss.com
Myawesomebeauty (2018). Top 10 Vitamin C Serum Benefits For Your Skin. www.awesomebeauty.com
Quora (2018). How Does Vitamin C Benefit Skin? www.quora.com