5 Tips untuk Atasi Tekstur Wajah Tidak Merata

Image : media.allure.com

Tekstur kulit mengacu pada kondisi permukaan kulit Anda. Kondisi tekstur kulit yang baik adalah yang halus, terhidrasi dengan baik, dan kenyal. Tekstur kulit yang tidak rata atau kasar pasti bikin resah dan tidak nyaman, bukan cuma buat wanita tapi juga pria. Kita semua menginginkan kulit yang halus dan lembut.

Namun seiring bertambahnya usia, kita harus menghadapi tekstur kulit yang tidak rata. Kulit kita sering kali terlihat kusam, kering, dan kasar bila disentuh. Tekstur kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kerutan, pori-pori yang terkunci, sinar matahari, dan rutinitas perawatan kulit yang buruk. Kurangnya hidrasi dan nutrisi pada kulit juga dapat menyebabkan kulit terasa kasar.

Tekstur kulit yang tidak rata bukan cuma bikin merasa tidak menyenangkan, itu membuat kulit terlihat kusam. Selain itu, sulit untuk menerapkan kosmetik dengan lancar. Untuk mengatasinya, simak 5 Tips berikut ini, untuk atasi tekstur wajah tidak rata atau kasar.

1. Exfoliation

Lakukan eksfoliasi wajah dua kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ada dua jenis exfoliator yaitu physical exfoliator dan chemical exfoliator. Kalau kulit kamu tidak sensitif, bisa menggunakan physical exfoliator yang merupakan exfoliator atau peeling dengan kandungan scrub yang gentle.

Sedangkan kulit sensitif bisa menggunakan chemical exfoliator yang seperti air, biasanya dikemas dalam bentuk toner wajah. Chemical exfoliator ada yang mengandung AHA, BHA, atau keduanya. AHA mampu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit wajah secara gentle tanpa menggosok-gosokan exfoliator pada kulit wajah. Sementara, BHA mampu mengangkat kotoran yang ada di dalam pori wajah.

2. Non-Clogging Sunscreen

Tekstur sunscreen lebih ringan dibanding sunblock, karena itu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari matahari. Matahari juga bisa merusak tekstur kulit, lho. Supaya lebih amana, pilih tabir surya dengan label non-clog pores atau tidak menyumbat pori wajah. Karena pori-pori yang tersumbat juga menjadi salah satu faktor penyebab kulit wajah tidak rata.

3. Serum

Gunakan serum yang dapat memperbaiki tekstur kulit wajah seperti serum dengan kandungan niacinamide, vitamin C, atau galactomyces. Ketiga jenis serum ini mampu meregenerasi sel kulit baru, melembabkan, meratakan tekstur kulit, serta merupakan anti-oksidan dan anti-aging yang baik untuk kulit wajah.

4. Krim Pagi dan Malam

Gunakan krim pagi dan malam untuk memberikan kelembaban, hidrasi, dan nutrisi pada kulit wajah setiap hari. Kurangnya ketiga hal tersebut akan memicu kulit menjadi kering, kusam, dan tekstur wajah tidak merata.

5. Banyak Minum Air Putih

Yang utama dan tidak boleh dilupakan yaitu pastikan minum air putih 2 liter setiap hari. Bukan sirup, teh, atau perasa-perasa lainnya, ya. Air putih sangat baik untuk sel-sel tubuh, termasuk kulit kita. Air putih akan membantu dalam membersihkan wajah, menjaga hidrasi kulit, dan memperbarui sel-sel kulit yang sudah mati.

Terapkan 5 tips ini supaya kulit menjadi mulus, kenyal, dan terlihat lebih sehat. Sesuaikan juga produk-produk yang diperlukan dengan jenis kulit anda.

 

Sumber :
Lindsay Robinson Sanchez. (2017). How to Improve Facial Skin Texture. www.livestrong.com
SK II Singapore. Everything you should know about your skin’s texture. www.sk-ii.com.sg
Victora Hoff. (2018). A 5-Step Guide to Your Smoothest Face Ever. www.byrdie.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.