Tips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

Image : domashniy.ru

Wanita karir memang memiliki kendala waktu untuk melakukan perawatan kulit wajah. Sebagian waktu mereka sudah habis di kantor. Tak jarang pulang juga dalam keadaan lelah, padahal wanita yang bekerja setiap harinya memerlukan perawatan rutin karena seringnya terpapar matahari, polusi, debu, bahkan pendingin ruangan juga bisa mempengaruhi keadaan kulit, lho.

Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah bagi wanita pekerja? Berikut ini 5 tips yang perlu dilakukan wanita pekerja untuk kulit sehat dan cerah.

1. Cuci Wajah 2 Kali Sehari

Cuci wajah setidaknya 2 kali sehari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Karena kulit wajah setiap orang berbeda-beda, kenali dulu jenis kulit anda dan pilih pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.

Mencuci wajah 2 kali sehari sangatlah penting bagi wanita pekerja, apalagi karena setiap hari menggunakan makeup, terpapar polusi dan debu sepanjang perjalanan. Idealnya, cuci wajah di pagi hari dan malam hari.

Baca Juga : Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

2. Gunakan Toner

Toner merupakan langkah akhir dalam membersihkan wajah setelah mencuci wajah. Penggunaan toner harus diikuti oleh semua wanita pekerja. Toner wajah membantu mengecilkan pori dan mengencangkan kulit wajah, sehingga wajah lebih bersih dan segar. Toner wajah juga membantu dalam menjaga keseimbangan PH kulit dan menunjang proses penyerapan skincare selanjutnya.

Baca JugaCara Menjaga Kelembapan dan PH Seimbang pada Kulit Wajah

3. Cegah Mata Panda

Sebagian besar wanita pekerja memiliki masalah lingkar mata hitam atau mata panda karena jam kerja yang panjang. Meski bukan masalah kulit yang serius, mata panda memang sangat mengganggu penampilan.

Untuk mencegah serta mengatasi masalah yang satu ini maka lakukan pencegahan dengan menggunakan eye cream atau eye mask sebelum tidur.

4. Sesuaikan Serum

Nah, karena paparan matahari, polusi, debu, dan faktor lain yang memicu turunnya kesehatan kulit, maka beberapa masalah kulit bisa terjadi. Mungkin wajah anda menjadi kusam, berjerawat, pori-pori membesar, atau tekstur kulit tidak rata. Untuk mengatasi masalah tersebut, tambahkan serum dalam rangkaian skincare harian.

Serum membantu dalam mengatasi permasalahan kulit yang lebih spesifik. Serum memiliki tekstur yang cair dan mudah menyerap dalam kulit. Molekul dan persentase bahan aktif dalam serum sangat kaya dan terkonsentrasi daripada bahan aktif dalam krim wajah biasa. Pilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulit anda, ya.

5. Gunakan Krim Wajah

Krim wajah sangat penting digunakan untuk menjaga nutrisi kulit anda. Pada siang hari kulit wajah akan terpapar sinar matahari dan polusi yang dapat menyebabkan kulit rusak. Krim pagi atau day cream mengandung antioksidan untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang bisa memicu kerusakan kulit dan penuaan dini.

Selain krim pagi, krim malam atau night cream juga wajib digunakan sebelum tidur. Krim malam memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dibanding dengan krim siang.

Penggunaan krim wajah khusus untuk malam hari bermanfaat untuk memperbaiki kulit pada malam hari saat tubuh beristirahat. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit melakukan sebagian besar perbaikan, pemulihan, dan regenerasi saat kita tidur, sehingga target krim malam memang difokuskan pada pemberian nutrisi ekstra dan pemulihan pada kulit.

Karena nutrisi yang kaya pada krim malam, maka krim malam juga mengandung pelembab yang kuat, menyerap secara lambat, sehingga nutrisi dan kelembaban wajah terjaga hingga pagi hari. Krim malam juga terasa lebih tebal atau lebih berat dari krim siang hari.

Itulah tips merawat kulit wajah bagi wanita pekerja supaya tetap sehat, cerah, dan bebas dari permasalahan kulit. Jangan lupa juga untuk gunakan tabir surya sebelum berangkat bekerja, ya.

Baca Juga : Apa Bedanya? Sunscreen vs Sunblock

 

Sumber :
Clear and Clean. Mengapa Harus Mencuci Muka?. www.cleanandclear.co.id
Fimela. (2018). 5 Manfaat Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari. www.fimela.com
Gwendolen Fairfax. The Difference Between Day and Night Creams. www.more.com
Rachel Nall. (2018). Day Cream vs Night Cream: What’s the Difference?. www.fabfitfun.com
Wolipop Lifestyle. (2013). Alasan Mengapa Wajah Butuh Menggunakan Krim Siang & Malam. wolipop.detik.com