Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Image: tribune.com.pk

Penulis : Helen | Editor : Niahappy

Kebanyakan orang mengenal minyak zaitun merupakan alternatif utama untuk meningkatkan kecantikan wajah. Namun, di negara lain minyak zaitun meskipun terkenal dengan harganya yang tidaklah murah, beberapa orang rela untuk membeli karena dikenal memiliki beberapa khasiat lain terutama untuk kesehatan. Nah, penasaran kan? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Merawat Kesehatan Rambut

Untuk para kaum hawa, rambut Anda sering kali diwarnai, diluruskan, dikeriting ataupun terkena beberapa obat kimia. Tentu saja rambut Anda akan mengalami penurunan fungsi seperti patah, rontok, kering dan bahkan rusak. Tetapi tidak perlu khawatir, dengan rutin memberikan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut.

Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Nah, ketika rambut Anda mengalami kebotakan, minyak zaitun bisa dijadikan pilihan untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda.

2. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun memiliki banyak kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang artinya minyak jenis ini merupakan minyak yang sehat dan bisa digunakan untuk memasak dan campuran beberapa makanan seperti salad.

Selain itu, minyak zaitun dipercaya mampu melindungi lemak jahat dari oksidasi, meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah dan mencegah penggumpalan darah. Sehingga, bisa disimpulkan khasiat minyak zaitun bisa menjaga kesehatan jantung dan melindungi dari berbagai serangan penyakit.

3. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta vitamin E yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker, khususnya kanker payudara dan kulit. Untuk kanker kulit, minyak zaitun bisa digunakan sebagai tabir surya untuk mencegah sinar matahari dan melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Dalam kasus kanker payudara, lemak yang ada pada minyak zaitun bermanfaat untuk melawan berkembangnya tumor yang bisa berujung pada kanker payudara. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat, lemak tak jenuh serta senyawa bioaktif dalam hal ini antioksidan, untuk memperkecil pertumbuhan tumor.

4. Mencegah Stroke

Sebagian orang yang mengonsumsi minyak zaitun, dipercaya memiliki risiko terkena stroke jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi. Stroke sendiri disebabkan karena aliran darah ke otak mengalami gangguan baik karena pembekuan darah maupun adanya pendarahan.

Beberapa penelitian menemukan fakta, kandungan dalam minyak zaitun bisa mengurangi resiko terkena stroke, dikarenakan adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Hal inilah yang membuat kejadian stroke jarang ditemui di negara-negara Mediterania.

5. Anti Alfimasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antioksidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Efek Polifenol yang ditemukan oleh ilmuwan dipercaya bermanfaat positif untuk kekuatan tulang dan kesehatan pencernaan. Selain itu, untuk fungsi otak minyak zaitun bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan kinerja fungsi otak dan memori.  

6. Mengontrol Tekanan darah

Selain mengurangi gula ataupun asupan yang rasanya manis, minyak zaitun bisa dijadikan pilihan terbaik dalam program diet Anda. Mengganti minyak goreng yang biasa Anda gunakan untuk memasak dapat membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah, seperti layaknya manfaat ketimun.

Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi, selain dengan mengonsumsi obat yang disarankan oleh dokter, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak entah itu sayuran, goreng-gorengan ataupun tumis lainnya, yang kedua adalah Anda bisa langsung meminumnya. Anda bisa mengonsumsi dengan takaran dua sendok makan tiap hari, namun untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan keduanya.

7. Menghindari Penyakit Diabetes

Manfaat minyak zaitun bisa untuk mengurangi penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun membuat tubuh terlindung dari penyakit Diabetes Mellitus tipe 2.

Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan, mendapati fakta bahwa minyak zaitun bisa menjaga kadar gula darah serta kadar insulin. Hal ini pernah diaplikasikan dalam program diet di daerah Mediterania dan berhasil menolong masyarakat di sana dalam menghindari resiko penyakit diabetes Mellitus 2.

8. Menghindari Penyakit Alzheimer

Alzheimer disebabkan karena adanya penumpukan plak beta Amyloid di dalam sel otak manusia. Dengan menerapkan pola diet menggunakan minyak zaitun, dapat membantu otak manusia terlindungi dari melemahnya kemampuan kognitif otak manusia. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun bisa membantu mengurangi  sel-sel dalam otak agar tidak terkena racun yang bisa berpotensi terjadinya kehilangan ingatan.

9. Minyak Zaitun Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari yang keras atau angin.

Tekstur ringan minyak zaitun dapat digunakan sebagai  pelembap sempurna yang tidak lengket dan tahan lama serta bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Selain itu, minyak zaitun bisa digunakan untuk mengurangi peradangan jerawat, melembapkan kulit wajah, mengurangi garis-garis halus dan melindungi kulit dari penyakit serius seperti kanker kulit.

Nah inilah ragam manfaat minyak zaitun yang pastinya bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda. Tidak ada salahnya, untuk dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Penggunaan Masker Wajah

Sumber:
Timesofindia (2019). 7 Health benefits of Olive Oil. timesofindia.indiatimes.com
Stylecraze (2019). 22 Benefits of Olive Oil for Skin, Hair, And Health. www.stylecraze.com
GlobalHealingCenter (2015). Benefits of Olive Oil for Skin. www.globalhealingcenter.com
MariaClaire (2018). Should You Put Olive Oil on Your Face? An Investigation. www.marieclaire.com