Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak

Image: pcrm.org

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Nafsu makan anak adalah salah satu masalah bagi para orang tua. Terkadang nafsu makan anak meningkat, tetapi nafsu makan anak juga bisa menurun karena beberapa faktor seperti karena anak sedang sakit atau kondisi anak yang sedang emosional. Jika sudah begitu, dibutuhkan cara kreatif untuk meningkatkan nafsu makan anak misalnya memberi makanan yang bervariasi.

Namun, terkadang cara tersebut tidak bertahan lama pada anak. Jika anak sudah terlalu sering mengalami penurunan nafsu makan, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jika dokter menyarankan anak Anda untuk mengonsumsi vitamin, Anda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan sebagai solusinya.

Supaya tidak salah dalam memberikan suplemen untuk sang buah hati, Anda perlu mengetahui beberapa cara memilih vitamin penambah nafsu makan yang tepat untuk anak.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Nafsu Makan Anak

1. Sesuaikan dengan Usia Anak

Sebelum memutuskan untuk membeli vitamin penambah nafsu makan anak, Anda harus memperhatikan di usia berapa anak Anda mengalami penurunan nafsu makan. Perhatikan dosis pada kemasan vitamin tersebut. Pastikan Anda memilih vitamin yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak Anda. Karena beda usia, beda pula kebutuhan vitaminnya.

Karena jika Anda mengambil dosis yang tidak tepat maka akan berdampak pada overdosis pada anak. Untuk mendapatkan dosis yang tepat, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu dokter dapat menyarankan vitamin dengan dosis yang tepat untuk usia anak Anda.

2. Perhatikan Kandungannya

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan kandungan yang ada pada vitamin. Karena tidak semua vitamin cocok dengan anak Anda, bahkan beberapa vitamin sulit dicerna oleh sebagian anak. Terutama bagi anak Anda yang memiliki alergi terhadap makanan, sangat penting untuk memperhatikan kandungannya.

Sebaiknya pilihlah vitamin yang mengandung B12, karena jika anak kekurangan B12 maka akan menyebabkan keterlambatan perkembangan pada anak. Kandungan folat juga penting untuk membantu membuat sel darah merah. Karena jika kadar folat dalam darah anak rendah akan menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Minyak ikan kod yang memiliki efek minyak ikan juga sangat ampuh untuk penambah nafsu makan anak. Selain itu kandungan zinc dapat membantu meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki asupan nutrisi.

3. Pastikan Berlabel Sertifikasi Resmi

Tidak hanya makanan saja yang memiliki sertifikasi legal BPOM. Vitamin juga harus memiliki sertifikasi BPOM yang ditandai dengan nomor registrasi. Karena jika vitamin sudah berlabel itu artinya produk tersebut sudah terjamin mutu, keamanan, dan manfaat yang ditetapkan oleh lembaga resmi tersebut. Selain itu, jika Anda seorang muslim, perhatikan juga label halal di kemasannya. Jika sudah begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas vitamin tersebut.

4. Perhatikan Efek Sampingnya

Biasanya vitamin yang beredar di pasaran memiliki efek samping. Sebelum membelinya Anda harus memperhatikan efek samping di kemasan vitamin. Pastikan vitamin tersebut tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan anak Anda. Terutama jika anak Anda memiliki gangguan kesehatan. Namun terdapat beberapa vitamin penambah nafsu makan anak yang tidak memiliki efek samping. Karena adanya efek samping justru akan berdampak buruk pada kesehatan anak.

5. Pilih Bentuk Vitamin yang Tepat

Umumnya vitamin diproduksi dalam bentuk yang bervariasi. Mulai dari yang berbentuk permen hingga yang berbentuk cair atau sirup. untuk memberikan vitamin penambah nafsu makan pada anak, sebaiknya Anda memilih dalam bentuk sirup supaya Anda bisa menakar jumlah dosis dengan tepat.

Walaupun rasanya manis, biasanya vitamin yang berbentuk sirup tidak akan membuat anak terlalu tertarik dibanding vitamin yang berbentuk permen. Jika Anda memberi vitamin yang berbentuk permen, dikhawatirkan anak akan menganggap vitamin tersebut seperti cemilan yang boleh dimakan kapan saja dan bisa berisiko over dosis. Selain vitamin yang berbentuk sirup, Anda juga direkomendasikan memberi vitamin dalam bentuk bubuk atau minyak supaya bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman anak Anda.

6. Berikan Temulawak

Selain vitamin yang beredar di pasaran, Anda juga bisa memberikan vitamin alami seperti temulawak. Bahan ini sudah terbukti ampuh meningkatkan nafsu makan anak karena kandungan curcuma. Salah satu jenis zat aktif tersebut mampu meningkatkan nafsu makan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Vitamin alami umumnya memiliki rasa yang kurang bersahabat dengan lidah anak. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan cara membeli olahan temulawak yang bisa ditemukan di pasaran.

Memberikan vitamin penambah nafsu makan anak memang tidak bisa sembarangan. Mengingat usia anak adalah masa pertumbuhan yang harus dipehatikan. Jika Anda masih ragu mengenai jenis vitamin apa yang tepat, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jadi, pastikan Anda memilih vitamin yang tepat untuk sang buah hati.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Tidak Doyan Makan Sayur dan Buah

Sumber:
Dokter Sehat. Tips Memilih Vitamin Anak yang Bagus untuk Meningkatkan Nafsu Makan. Doktersehat.com
Medcom.id. (2018). Cara Memilih Vitamin yang Baik untuk Anak.www.medcom.id
LIVESTRONG.COM. (2019). Are There Vitamins That Can Give a Toddler a Good Appetite?. www.livestrong.com
Alodokter. (2018). Zat yang Dapat Terkandung di Dalam Obat Penambah Nafsu Makan. www.alodokter.com