5 Siasat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Image : www.brunch.co.kr

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Orang tua sering sekali merasa bingung jika anaknya sulit makan sayuran dan buah-buahan. Mayoritas anak kecil memang sangat sulit untuk menyukai sayur dan buah karena kurang menarik bentuknya dan mungkin rasanya yang kurang enak bagi anak.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa buah dan sayuran sangat penting, tetapi mencoba membuat anak makan dan memasukkannya ke dalam perut anak-anak bisa menjadi tantangan. Kebanyakan anak jika dipaksa untuk memakan sesuatu, pasti akan semakin menolak dan malah bisa sampai menangis.

Untuk itu, berikut 5 siasat mengatasi anak susah makan sayur dan buah yang bisa menjadi solusi bagi Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Obat Alami

1. Buat Tampilan Makanan yang Cantik

Siasat ini adalah cara yang paling ampuh yang dapat dilakukan orang tua. Pasalnya, membuat makanan yang mengandung sayur dan buah tidaklah sulit. Contohnya, Anda bisa membuat makanan dengan sayuran dan buah-buahan dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk bintang, bunga dan berbagai macam binatang.

Cetaklah sayuran dengan cetakan/alat pemotong khusus yang banyak dijual di toko. Sehingga, anak akan melihat sayuran dan buah menjadi sesuatu yang menarik untuk dimakan karena bentuknya yang unik.

2. Ajaklah Anak untuk Makan Bersama

“Anak adalah peniru yang baik” kalimat ini sudah sangat populer di masyarakat. Memang benar apa yang dilakukan orang tua juga akan sangat mudah ditiru oleh anaknya. Nah, dari kalimat tersebut saja sudah dapat kita simpulkan, bahwa anak akan lebih tertarik pada apa yang orang tua makan daripada makanan yang diberikan padanya.

Jika anak melihat orang tuanya memakan buah dan sayur, kemungkinan besar anak juga ingin makan apa yang orang tua makan karena rasa penasarannya terhadap apa yang orang tua makan.

3. Ajak Anak Belajar Masak Bersama

Anak-anak usia dini sangatlah aktif dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Cara ini mungkin bisa dijadikan referensi karena dapat anda lakukan di rumah bersama anak Anda di rumah.

Ajaklah anak Anda memasak makanannya sendiri. Tidak perlu melakukan pekerjaan yang berat, coba ajak anak untuk mengaduk atau mencetak buah dan sayur yang akan dimakan dengan cetakan. Biarkan anak Anda berkreasi dengan masakan atau makanannya.

Mungkin akan sedikit “ribet” karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk memasak karena anak melakukan secara perlahan. Namun, hal tersebut akan membuat Anak lebih tertarik makan sayur dan buah hasil kreasinya. Sekaligus anak akan belajar menghargai makanan.

Saat Anda memasak dengan anak Anda, jangan lupa untuk selalu menjaga anda dari api, pisau dan benda-benda berbahaya lainnya.

4. Variasi Buah dan Sayur sehingga Warnanya Menarik.

Anak- anak sangat menyukai segala macam sesuatu yang memiliki warna cerah. Variasikan bersama potongan buah, misal semangka, apel,dan anggur. Begitu juga sayur, coba buat sayur sop dengan tampilan yang lebih cerah berwarna, misalnya saja memasukkan wortel yang berwarna oranye, daun bawang yang berwarna hijau dan jagung yang berwarna kuning.

Tampilan menarik pada buah dan sayur tentu akan lebih menarik perhatian si kecil untuk makan buah dan sayur. Selain tampilan menarik, pastikan juga rasanya enak, ya.

5. Biarkan Anak Memilih Buah dan Sayuran Sendiri, dan Iris dengan Potongan Kecil

Sering sekali kita lihat bahwa toko yang menjual buah yang sudah dipotong lebih laris dibandingkan dengan buah dan sayur utuh atau dengan potongan yang besar. Karena, buah yang telah dipotong tampak lebih cantik dan menarik. Selain itu, buah dan sayur akan lebih mudah dimakan anak dengan potongan kecil yang sesuai dengan ukuran mulut anak.

Ajak anak untuk membeli buah dan sayuran di pasar atau . Hal tersebut akan meningkatkan ketertarikan Anak kepada buah dan sayur. Karena, anak akan memilih sendiri buah atau sayuran yang mana yang ingin dimakan.

Kelima siasat diatas wajib sekali Anda coba. Buah dan sayuran mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh Anak. Maka dari itu siasati saja bagaimana caranya supaya anak Anda dapat mengonsumsinya dengan rutin dengan 5 cara diatas. Selamat Mencoba!

Baca Juga : Tabir Surya untuk Bayi dan Anak-Anak

Sumber :
Bebelac. (2017). Si Kecil Susah Makan Sayuran? Ini Solusinya. bebeclub.co.id
Queensland Government. (2018). How to get your kids to eat fruit and veggies. www.health.qld.gov.au
PBS Parents. 7 Ways to Get Your Kids to Eat Fruit (And Love It!). www.pbs.org