Cara Mudah Mengatasi Nafsu Makan Anak

Image: portlandpediatricnutrion.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Anak-anak pada dasarnya sedang dalam fase pertumbuhan dan perkembangan, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagaimana jika anak Anda sering menolak saat waktu makan atau anak Anda pemilih makanan? Kedua hal tersebut merupakan tanda bahwa anak Anda mengalami kurang nafsu makan.

Mungkin sebagian orangtua merasa kesulitan saat anak menjadi pemilih makanan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak kurang nafsu makan seperti intoleransi makanan, masalah pencernaan, penyakit tertentu, kekurangan zinc, kekurangan zat besi, dan kurangnya latihan fisik.

Jadi bagaimana Anda harus mengatasi masalah ini dan tetap memastikan bahwa anak Anda tidak hanya makan namun mengkonsumsi makanan sehat. Jangan khawatir, berikut beberapa cara menambah nafsu makan anak:

Baca Juga: 6 Manfaat Penting Sarapan bagi Anak

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Kewajiban untuk sarapan tidak hanya berlaku bagi orang dewasa yang memiliki aktivitas padat. Anak pun harus sarapan untuk meningkatkan nafsu makan. Pastikan anak Anda sarapan dengan makanan yang sehat. Karena telah terbukti secara ilmiah bahwa sarapan dapat meremajakan metabolisme yang lebih baik dan terikat untuk meningkatkan nafsu makan.

Sarapan yang sehat dan mengenyangkan merupakan cara yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu sarapan juga membuat tubuh bekerja secara maksimal untuk mendukung aktivitas harian anak Anda.

2. Berikan Makanan Kaya Zat Besi

Kadar zat besi yang rendah bisa menjadi salah satu penyebab anak Anda kurang nafsu makan. Padahal zat besi sangat penting untuk pertumbuhan anak secara keseluruhan. Saat anak tumbuh, cadangan zat besinya perlahan-lahan habis kecuali jika diisi ulang dengan sumber makanan. Maka dari itu jika anak kekurangan zat besi dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Anak-anak yang berusia di bawah 9 tahun membutuhkan sekitar 7 hingga 10 miligram zat besi per hari dan anak yang berusia di atas 9 tahun membutuhkan sekitar 8 miligram zat besi per hari. Anda dapat memberikan makanan kaya zat besi seperti bayam, telur, kacang, dan tahu yang dapat membantu menyediakan zat besi yang diperlukan oleh tubuh anak.

3. Berikan Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan imunitas, mengatur fungsi antioksidan, serta pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika anak Anda kekurangan zinc maka akibatnya hilang nafsu makan, penurunan berat badan, diare bahkan rentan terhadap infeksi.

Untuk menambah nafsu makan anak, Anda perlu memberikan makanan yang mengandung zinc seperti kacang mete, sereal, jamur, dan biji labu ke dalam menu harian anak.

4. Sajikan Makanan Setiap 2 -3 Jam

Karena anak Anda kurang nafsu makan, bukan berarti Anda memberikan makan dalam porsi yang banyak. Sebaiknya Anda berikan porsi makan yang sedikit supaya anak tidak merasa tertekan untuk makan terlalu banyak pada satu waktu. Berikan porsi kecil makanan setiap 2 -3 jam sekali untuk merangsang nafsu makannya.

Berikan anak makanan ringan seperti kacang-kacangan di antara waktu makan. Karena kacang dikenal mampu menambah nafsu makan dan membangun protein. Selain itu alasan memberi makan setiap 2 – 3 jam sekali juga karena anak yang cukup aktif membutuhkan energi instan, sehingga beri mereka makan dengan paket energi kecil setiap 2 – 3 jam.

5. Latihan Fisik yang Cukup

Kurangi kebiasaan anak bermain gadget, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut. Salah satu anak kurang nafsu makan adalah kurangnya aktivitas fisik yang cukup untuk merangsang nafsu makannya. Dorong anak untuk berolahraga atau bermain di luar selama 60 menit. Semakin banyak anak melakukan aktivitas fisik, maka akan menambah nafsu makan anak. Anda juga bisa mengajak anak bersepeda, berkebun, berenang bahkan melakukan yoga sederhana.

6. Minum Air Sebelum Makan

Jika banyak yang menyarankan untuk minum air setelah makan, namun sebenarnya anak Anda juga perlu minum segelas air setidaknya 30 menit sebelum makan. Karena minum air dapat mengaktifkan pencernaan dan enzim yang dapat menambah nafsu makan anak serta meningkatkan pencernaan. Ajak anak Anda untuk membiasakan rutin minum segelas air 30 menit sebelum makan terutama pada pagi hari. Hal ini memungkinkan supaya anak makan lebih banyak.

7. Buat Waktu Makan Menjadi Menyenangkan

Berinteraksi dengan anak tidak bisa dilakukan dengan hal yang biasa. Sekalipun soal makanan, Anda perlu membuat waktu makan menjadi hal yang menyenangkan. Sebagai orangtua, Anda harus mencoba merencanakan beberapa kegiatan saat waktu makan, sehingga membuat anak menanti-nantikan waktu makan.

Anda bisa mengawalinya dengan bercerita atau dengan permainan menyenangkan yang dapat anak nikmati saat makan. Selain itu Anda juga dapat mengubah dekorasi ruang makan anak menjadi lebih menyenangkan seperti mengatur posisi kursi secara berbeda, atau menggunakan tikar. Hindari menonton TV selama waktu makan bersama anak, fokus makan dan ajak berbicara. Anda juga bisa mengajak anak untuk membantu menyiapkan makanan dan membersihkan peralatan makan.

8. Variasikan Menu Harian yang Berbeda

Salah satu penyebab anak Anda kurang nafsu makan bisa jadi karena mereka bosan dengan menu yang diberikan. Padahal penting untuk mencampur menu supaya anak mendapatkan semua nutrisi penting. Jadi Anda perlu memberikan variasi menu yang berbeda setiap hari, dengan begitu anak pun tidak akan merasa bosan.

Pilihlah produk biji-bijian utuh seperti roti dan pasta yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B. Gunakan produk susu seperti yogurt sebagai sumber kalsium, vitamin D, dan protein. Pastikan juga menyajikan anak Anda buah, sayuran, dan daging tanpa lemak.

9. Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Selain makanan, terdapat beberapa vitamin penambah nafsu makan anak yang bisa Anda beli di toko obat atau apotek. Rekomendasi vitamin yang pertama adalah Apialys yang mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin B2, dan vitamin lainnya sebagai penambah nafsu makan anak, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu ada Scotts Emulsion Vita yang mengandung minyak ikan kod, vitamin A, vitamin D, dan omega-3 yang membantu pertumbuhan anak dan pertumbuhan otaknya.

Bagaimana? Mudah bukan? Beberapa cara menambah nafsu makan anak di atas bisa Anda terapkan langsung di rumah. Jika anak Anda mengalami kurang nafsu makan yang cukup berlebihan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena dikhawatirkan akan memperparah kondisi tubuh anak.

Baca Juga: Tips Penuhi Nutrisi Bekal Anak Sekolah

Sumber:
Food NDTV. (2017). 5 Brilliant Tips to Increase Your Child’s Appetite. Food.ndtv.com
Livestrong. How to Increase Appetite in an Underweight Child. www.livestrong.com
Mommy in Me. (2018). 10 Tips to Increase Your Child’s Appetite. www.mommyinme.com
Parentune. (2018). 16 Tips to Boost Toodler’s Weak Appetite, Hunger Home Remedies. www.parentune.com
Appetite to Play. Facilitating a Positive Meal Time Environment. www.appetitetoplay.com
Wikihow. (2019). How to Increase a Toddler’s Appetite. www.wikihow.com