7 Suplemen Tingkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Image : koreatimes.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Seiring bertambahnya usia, menurunnya daya ingat memang mengkhawatirkan. Meski masih remaja pun sering juga ditemukan ramaja dan dewasa awal yang memiliki masalah konsentrasi.

Anda mungkin juga mencari-cari suplemen untuk memperkuat daya ingat.

Berikut adalah beberapa suplemen untuk nutrisi otak yang mungkin juga bisa membantu menutrisi sel otak sehingga daya ingat dan konsentrasi lebih meningkat.

Namun, jika Anda mencurigai Anda atau seseorang justru memiliki tanda-tanda Alzheimer. Penting untuk menemui dokter spesialis.

1. Omega 3

Suplemen minyak ikan Omega-3 telah banyak dilirik sebagai vitamin super dari asam lemak esensial yang sangat baik bagi tubuh. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, karena itu omega 3 perlu didapatkan dari konsumsi makanan tertentu atau dengan suplemen omega 3.

Asam lemak omega-3 mengandung EPA dan DHA yang sangat penting untuk fungsi otak. Pada orang dewasa yang lebih tua, kadar DHA yang lebih rendah berkaitan dengan sulitnya konsentrasi dan menurunnya kemampuan memori secara umum.

Jadi, pastikan Anda mendapatkan asam lemak Omega-3 yang cukup untuk menghindari beberapa efek yang merusak fungsi dan perkembangan otak. Selain itu, terpenuhinya omega 3 dalam tubuh akan membantu dalam mengurangi risiko terjadinya Alzheimer di masa tua.

2. Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 lainnya bisa diperoleh dari suplemen minyak ikan. Suplemen minyak ikan adalah sumber yang kaya akan asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), dua jenis asam lemak omega-3.

Asam lemak ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan otak. DHA memainkan peran penting dalam menjaga struktur dan fungsi otak Anda.

Ini juga bermanfaat bagi orang yang mengalami penurunan fungsi otak ringan atau sulit mengingat. Mengonsumsi 1 gram DHA dan EPA dari minyak ikan per hari direkomendasikan untuk menjaga kesehatan otak.

3. Minyak Hati Ikan Kod

Manfaat hebat minyak hati Kod sangat beragam dan sangat direkomendasikan oleh para profesional kesehatan di seluruh dunia.

Asam lemak omega 3 adalah salah satu lemak yang paling penting untuk dikonsumsi dan minyak hati ikan kod mengandung omega 3 yang sangat tinggi.

Minyak hati ikan kod mengandung DHA dalam asam lemak Omega 3 yang penting bagi sel-sel tubuh manusia termasuk kulit, retina dan otak.

Minyak hati ikan kod juga mengandung lebih banyak vitamin A dan D, sehingga digolongkan sebagai super food untuk perkembangan dan stabilitas otak.

Manfaat utama konsumsi minyak ikan cod adalah peningkatan fungsi otak termasuk memori, mencegah depresi dan risiko terjadinya bipolar.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 dapat membantu menjaga nutrisi sel-sel otak pada orang dewasa dan orang tua. Para peneliti dari University of Oxford membandingkan hasilnya, bahwa terpenuhinya vitamin B12 mencegah penyusutan otak dan menjaga kekuatan memori otak.

5. Acetyl-L-carnitine

Acetyl-L-carnitine adalah asam amino yang diproduksi secara alami di tubuh Anda. Ini memainkan peran penting dalam metabolisme Anda, terutama dalam produksi energi.

Mengkonsumsi suplemen asetil-L-karnitin juga mendukung untuk meningkatkan daya ingat, dan memperlambat hilangnya daya ingat karena faktor usia.

6. Curcumin

Curcumin adalah senyawa bioaktif utama dalam kunyit, zat ini kaya akan manfaat kesehatan yang dipercaya sejak lama. Kunyit juga sering sekali digunakan untuk beragam pengobatan tradisional.

Curcumin melindungi otak Anda dengan meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berfungsi sebagai anti-depresan dengan meningkatkan hormon bahagia. Selain itu, curcumin meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan otak, sehingga meningkatkan energi, mengurangi risiko sulit mengingat dan konsentrasi rendah.

7. Asam Folat

Folat adalah vitamin B-kompleks larut air yang mendukung beberapa fungsi tubuh yang paling vital, termasuk pembentukan sel darah merah, produksi energi, neurotransmiter dan detoksifikasi sel. Ini memainkan peran penting dalam mengurangi kadar homocysteine dalam tubuh. Homocysteine adalah asam amino yang telah dikaitkan dengan gangguan kardiovaskular dan gangguan otak degenerasi.

Baca Juga : 5 Suplemen Vitamin dan Mineral untuk Usia 20 dan 30-an

Meski demikian, tanpa pola hidup yang baik maka kerja suplemen juga tidak akan efektif. Pola hidup yang baik sangat diperlukan untuk mendukung suplemen, diantaranya :

Asupan Nutrisi Seimbang

Otak juga memerlukan nutrisi penting lainnya untuk energi. Konsumsi protein dari daging dan ikan, serat dari sayuran hijau, vitamin dan mineral dari buah-buahan, serta susu sangat dianjurkan untuk mendukung kinerja otak yang lebih baik.

Olahraga Teratur

Olahraga dalam waktu singkat pun sudah berdampak besar bagi kebugaran tubuh dan fungsi otak jika dilakukan secara teratur. Secara signifikan, olahraga akan meningkatkan kualitas syaraf otak daerah korteks otak yang membantu mengingat memori dengan jelas.

Tidur Berkualitas

Kuantitas dan kualitas tidur memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat. Tidur adalah periode dimana otak mengkonsolidasikan ingatan. Tidur yang cukup diperlukan untuk memori deklaratif yang optimal.

Manajemen Stres

Stres dapat memengaruhi bagaimana ingatan terbentuk. Ketika stres, orang memiliki waktu yang lebih sulit menciptakan ingatan jangka pendek artinya lebih sulit untuk belajar ketika stres.

Hormon stres yang dikeluarkan sacara aktif memiliki dampak terhadap fungsi otak, terutama memori. Terlalu banyak produksi kortisol dapat meenghambat kerja otak untuk menyimpan atau mengakses memori yang sudah ada.

Stres dapat memengaruhi jenis ingatan yang kita bentuk juga. Jika kita merasa tertekan selama suatu acara, kita mungkin akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk secara akurat mengingat detail acara, karena stres akan mewarnai persepsi kita dan memengaruhi kemampuan otak untuk mengingat.

 

Sumber :
HealthLine. (2016). The 10 Best Nootropic Supplements to Boost Brain Power. www.healthline.com
HealthLine. (2017). How Omega-3 Fish Oil Affects Your Brain and Mental Health. www.healthline.com
WebMD. Natural Brain Boosters. www.webMD.com
WebMD. Fortifying Your Memory With Supplements. www.webMD.com
Be Brain Fit. (2019). Top 15 Brain Supplements for a Mental Edge. www.bebrainfit.com