7 Jus Sehat Bantu Tumbuh Kembang Anak

7 Jus Sehat Bantu Tumbuh Kembang Anak

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Buah-buahan dan sayuran memiliki nutrisi yang baik untuk membantu tumbuh kembang anak. Untuk menyajikannya pun ada banyak cara yang bisa Anda pilih, salah satunya dalam bentuk jus segar.

Agar tetap sehat, sebaiknya jangan tambahkan gula ke dalam jus karena Anda bisa memanfaatkan rasa manis alami dari buah. Namun, jika buah yang Anda pilih kurang manis, kombinasikan dengan buah lainnya yang memiliki rasa manis. Berikut jus sehat yang baik untuk anak.

1. Jus Lemon Apel

Lemon dan apel mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, serat, kalsium, kalium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu menjaga sistem pencernaan, menyegarkan napas, dan meningkatkan kualitas kulit.

2. Jus Wortel

Manfaat kesehatan yang kerap dikaitkan dengan mengonsumsi wortel adalah kesehatan mata. Padahal masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi wortel, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan menjaga kesehatan kulit.

Jika anak enggan mengonsumsi jus wortel, Anda bisa mengkombinasikannya dengan buah lain, seperti buah apel dan bit. Buah-buahan ini, kaya akan antioksidan, serat, vitamin C, zat besi, magnesium, dan vitamin A.

3. Jus Jeruk

Buah yang satu ini menjadi salah satu buah favorit yang disukai oleh banyak orang, termasuk anak. Tidak hanya memiliki rasa manis dan segar, buah ini merupakan sumber vitamin C yang bisa meningkatkan imun tubuh anak Anda. Untuk menghindari agar anak tidak bosan, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk jus.

4. Jus Kale dan Nanas

Jus berwarna hijau yang terbuat dari kale dan nanas ini merupakan sumber vitamin A, B1, B2, B3, B6, K, C, serat, kalsium, zat besi, magnesium, dan protein. Dilansir dari Firstcry Parenting, jus ini adalah jus ideal untuk membantu perkembangan anak Anda.

Baca Juga : Tidak Suka Makan Sayur? Ketahui 7 Solusinya!

5. Jus Jeruk, Wortel, dan Pir

Jus campuran dari buah jeruk, pir, dan wortel mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, C, dan K, serat, zat besi, dan kalsium. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan anak.

Anda tidak perlu khawatir dengan rasanya. Walaupun terdiri dari beberapa buah, jus ini memiliki rasa yang enak. Tentu anak Anda akan menyukainya.

6. Jus Wortel, Jahe, dan Tomat

Tahukah Anda jika sistem kekebalan tubuh anak masih lemah? Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak, Anda bisa memberikannya jus sayuran ini (wortel, jahe, dan tomat).

Pasalnya, nutrisi di dalam sayuran-sayuran tersebut berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Sebelum membuat, pastikan Anda telah mencucinya terlebih dahulu hingga bersih.

7. Jus Buah Stroberi dan Apel

Dua buah ini memang memiliki rasa yang manis dan segar. Oleh sebab itu, tidak heran jika anak-anak sangat menyukainya. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, buah ini juga kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan yang bagus untuk pertumbuhan anak.

Baca Juga : Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan

Untuk membuat jus di atas cukup mudah, yaitu cuci buah dan sayur hingga bersih. Lalu potong buah dan sayur menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam blender. Hindari memberikan jus di waktu jam makan, karena dapat memicu anak susah makan.

Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya, jus buah dan sayur memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsi jus buah dan sayur:

  • Sumber nutrisi dan karbohidrat
  • Melancarkan Pencernaan
  • Mengurangi infeksi saluran kemih
  • Mengurangi risiko penyakit kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Baca Juga : 9 Nutrisi Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia 1-10 Tahun

Sumber


Active Kids. 2017. Healthy Homemade Juice Recipes for Kids. www.activekids.com
Firstcry Parenting. 2018. 8 Healthy and Yummy Juice Recipes for Kids. parenting.firstcry.com
Healthline. 2019. 7 Healthy Drinks for Kids (And 3 Unhealthy Ones). www.healthline.com
Healthy Living for Children. Should Children Drink Fruit Juices. www.healthpromotingschools.co.uk
She Knows. 2018. Make your kids’ diets extraordinary. www.sheknows.com
 



Add Your Comment