Tips Diet Aman bagi Penderita Maag

www.eatthis.com

Kelebihan berat badan memang tidak pandang orang, bisa dialami siapa saja termasuk penderita maag, lho. Namun, untuk menjalankan diet bukan hal mudah buat orang yang terkena maag.

Maag merupakan suatu kondisi peradangan pada lapisan lambung yang memicu jumlah asam lambung berlebih. Sebenarnya, lambung memang memproduksi asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Namun, ketika asam lambung diproduksi secara berlebih, inilah yang menyebabkan masalah. Hal itu yang tentu dikhawatirkan oleh orang dengan maag namun ingin menurunkan berat badan.

Nah, sebenarnya diet yang tepat justru bisa meringankan gejala maag. Selain itu juga bisa dapat bonus berat badan yang turun, lho. Berikut ini 5 tips diet yang aman bagi penderita maag.

1. Bagi Porsimu

Bagi Porsimu. Misal untuk weight loss kamu harus makan 1500 kalori. Daripada makan 3x sehari 500 kalori per porsi, lebih baik kamu bagi 250 kalori per porsi untuk 6x makan, dan makan setiap 3 jam sekali. Ini menghindari asam lambung dan menghindari overeat. Makan seperlunya, dan jangan sampai perut kosong. Namun, jangan sampai makan berlebihan juga.

Baca Juga : 5 Cara Efektif Disiplin Diet

2. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Maag

Yang membedakan diet bagi orang dengan maag yaitu ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari. Hindari pedas, asam, gorengan, makanan berminyak, alkohol, minuman berkarbonasi, minuman berkafein, dan makanan yang terlalu manis. Semua makanan dan minuman tersebut harus dihindari karena dapat memicu produksi asam lambung berlebih.

3. Bawa Happy Diet Anda

Jangan sampai diet membuat kamu stress karena stress dapat memperparah gejala maag, lho. Ganti mind-set mu, diet bukanlah anti-makan, ini salah total. Diet bukan suatu hukuman, namun merupakan manajemen makanan yang benar dan bernutrisi.
Melakukan program diet yang benar yaitu dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Diet yang benar dasarnya itu karena kamu love yourself dan ingin memberikan nutrisi terbaik untuk tubuh. Karena itulah seharusnya diet membuat happy.

4. Lakukan Olahraga Rutin

Bukan hanya mengatur nutrisi pada makanan, untuk menurunkan berat badan juga diperlukan pembakaran kalori melalui olahraga. Weight loss itu bisa dilakukan tanpa mengurangi makan, caranya adalah dengan meningkatkan pembakaran kalori, yaitu dengan berolahraga.

Baca JugaKenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

5. Jaga Asupan Protein

Makanan yang kaya protein dapat membantu memperbaiki radang pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung. Pilih makanan yang mengandung lean protein atau protein rendah lemak. Hindari sumber protein yang berlemak. Misalnya, pilih dada ayam tanpa kulit dibanding paha ayam goreng.

Beberapa sumber protein rendah lemak diantaranya yaitu ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak atau gajih, putih telur, dan kacang-kacangan.

Terapkan lima tips di atas supaya diet bagi penderita maag menjadi sukses. Bukan hanya berat badan yang turun, maag pun tidak kambuh lagi, dan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Badan jadi lebih sehat dan fit!

Baca JugaMengenal Whey Protein dan Manfaatnya

 

Sumber :
Dapurfit. (2018). Cara Diet untuk Penderita Maag. www.instagram.com
Endang Lenywati. (2001). Penyakit Maag dan Gangguan Pencernaan. Kanisius : Yogyakarta
Health Line. Gastritis Diet: What to Eat and What to Avoid. www.healthline.com
Jami Cooley. (2018). Gastritis Diet: Foods That Heal and Foods to Avoid. www.universityhealthnews.com