Kenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

Kenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

Image : www.lesmills.com

Olahraga kardio merupakan salah satu yang paling sering dipilih saat memutuskan untuk berolahraga. Dengan tujuan untuk menurunkan berat badan atau menjaga tubuh fit, banyak orang memilih untuk melakukan kardio sebagai olahraga wajib.

Anda pasti juga percaya bahwa kardio memang olahraga yang efektif dalam membakar lemak, menyehatkan jantung, paru-paru, juga menjaga tubuh supaya tetap fit.

Tapi terkadang bosan juga melakukan kardio selama minimal satu jam. Bahkan sering dijumpai juga orang-orang yang melakukan kardio pelan-pelan di atas treadmill atau sepeda statis, ada juga yang sambil bermain HP. Kalau begitu dapat dimaklumi juga kalau ada yang sering melakukan kardio di tempat fitness tapi berat badan tidak juga turun.

Salah satu pilihan olahraga kardio yang efektif dalam membakar lemak dan singkat sehingga tidak membosankan adalah olahraga HIIT.

Apa Itu HIIT?

High Intensity Interval Training (HIIT) kardio merupakan olahraga kardio yang memanfaatkan kombinasi gerakan intensitas tinggi dan intensitas rendah secara bergantian dalam satu waktu.

HIIT kardio hanya memerlukan waktu singkat dan tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua kali seminggu selama 10-20 menit. Meski cuma sebentar, efeknya untuk tubuh luar biasa. Olahraga ini dapat menghasilkan pembakaran lemak lebih lama, bahkan setelah berolahraga.

Keuntungan HIIT Kardio

Membakar lemak melalui kardio biasa seperti jogging memerlukan waktu 1 jam untuk membakar 600 kalori. Berbeda dengan HIIT kardio yang bisa membakar 600 – 800 kalori hanya dalam 10 – 20 menit, tergantung jenis HIIT kardio apa yang dipilih.

1. HIIT kardio hanya berfokus membakar lemak tubuh

Saat melakukan HIIT kardio, tubuh kita memerlukan energi. Tapi karena durasi HIIT kardio sangat terburu-buru dan singkat, badan akan mencari sumber energi tercepat dan tersingkat yaitu lemak.

Saat melakukan olahraga, tubuh membentuk energi dari protein, karbohidrat yang diubah menjadi gula, dan lemak. Namun karena proses pembentukan energi dari karbohidrat dan protein lebih lama, HIIT melakukan pembentukan energi melalui pembakaran lemak saja. Dengan demikian massa otot juga lebih terjaga dan tidak ikut menyusut saat melakukan kardio.

2. HIIT kardio terus membakar lemak 24 – 48 jam setelah kardio

HIIT kardio meningkatkan excess post exercise oxygen consumption (EPOC) artinya tubuh akan tetap membakar lemak 24-48 jam setelah melakukan kardio.

Saat masa recovery setelah melakukan HIIT, tubuh akan memerlukan banyak sekali oksigen untuk me-recovery badan kita yang sudah memakai banyak oksigen saat melakukan HIIT. Oksigen yang lebih aktif ke dalam tubuh inilah yang menyebabkan pembakaran kalori terus berjalan setelah melakukan HIIT. Jadi, tubuh akan tetap membakar lemak, walau sedang tidur, membaca, atau sekedar bersantai!

3. HIIT kardio meningkatkan stamina

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa latihan HIIT dapat menstimulasi sistem aerobik dan anaerobik. Itu berarti tubuh akan memiliki lebih banyak stamina. Stamina yang baik akan berhubungan dengan kebugaran dan kesehatan anda. Selain itu hal tersebut juga akan mendukung kualitas olahraga anda.

4. Tidak menghabiskan banyak waktu

Tidak perlu bingung lagi untuk berolahraga di tengah aktifitas padat, luangkan waktu 20 menit saja untuk melakukan HIIT. Latihan ini sangat intens dan melelahkan, tetapi layak dicoba. HIIT selama 20 menit bahkan lebih efisien daripada meluangkan waktu satu jam untuk berjalan-jalan atau lari.

HIIT kardio juga bisa menjadi alternatif bagi yang bosan melakukan olahraga selama satu jam. Cukup 20 menit namun sungguh-sungguh maka lemak akan terbakar sepanjang hari. Sangat efektif untuk anda yang hanya ingin membekar lemak tanpa mengurangi massa otot!

Baca Juga7 Gerakan HIIT Kardio dalam 25 Menit

 

Sumber :
Fitness Blender. (2018). Fat Burning HIIT Cardio Workout. www.fitnessblender.com
Marrkham Heid. (2017). Don’t Have Time to Exercise? Do This for 10 Minutes. www.time.com
Paige Waehner. (2018). HIIT vs. Steady State Cardio. www.verywellfit.com
Workout of The Week. (2017). What Is The Best HIIT Workout?. www.bodybuilding.com