8 Tips Alami Atasi Nyeri & Kram Haid Tanpa Obat

Image: kenresearch.com

Nyeri dan kram dari bawah perut hingga ke punggung, paha, dan betis kerap dirasakan wanita menjelang haid. Rasa nyeri dan kram tersebut berlangsung hingga awal haid dan baru berhenti di hari ke-4 atau 5.

Saking tidak tahannya, beberapa wanita mengonsumsi obat pereda nyeri dan kram. Padahal, beberapa tips alami juga ampuh redakan nyeri haid, lho!

Kenapa Kram dan Nyeri Saat Haid?

Menjelang dan awal haid, otot rahim berkontraksi agar lapisan rahim meluruh dan menumpahkan darah menstruasi. Selain itu, otot rahim juga menekan pembuluh darah untuk batasi pendarahan yang terjadi.

Efek penekanan pembuluh darah, suplai oksigen ke jaringan pun berkurang. Hal ini buat jaringan memproduksi hormon prostaglandin. Prostaglandin membuat otot rahim berkontraksi lebih kuat dan sebabkan nyeri serta kram di daerah bawah perut.

Tips Alami Kurangi Nyeri dan Kram Saat Haid

1. Bahan Herbal

Berdasarkan penelitian bahan herbal seperti chamomile, adas, jahe, kunyit, temulawak, dan kayu manis bisa bantu kurangi kram saat haid.

Misalnya penelitian tentang konsumsi minuman jahe dan kayu manis. Hasilnya, mahasiswi yang minum minuman jahe dan kayu manis 3-4 kali sehari selama 3 hari merasa lebih nyaman, rasa mual dan pun nyeri berkurang.

Penelitian lain terhadap 70 wanita menyimpulkan adanya penurunan gejala PMS setelah konsumsi kunyit selama 7 hari sebelum haid. Hal ini disebabkan kandungan curcumin dalam kunyit yang memang dapat kurangi gejala PMS.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak sembarangan konsumsi suplemen herbal. Terlebih jika anda sedang minum obat. Usahakan selalu cek interaksi herbal dan obat serta efek sampingya.

2. Air mineral

Salah satu penyebab kram adalah dehidrasi dan perut yang kembung. Atasi dengan minum air 2 liter per hari untuk bantu kurangi nyeri dan kram haid.

Minum air hangat dibandingkan air dingin. Sebab air hangat dapat bantu otot yang kram untuk relaksasi.

Konsumsi pula makanan kaya air seperti selada, semangka, timun, jeruk, dan melon.

3. Buah dan sayur

Buah dan sayur akan mineral penting yang dapat bantu kurangi nyeri dan kram saat haid. Contoh mineral tersebut adalah zat besi, magnesium, kalsium, dan kalium.

Diketahui kalsium dan vitamin D dapat kurangi gejala PMS. Dalam kadar yang cukup tinggi, kalsium dapat redakan nyeri, kram, dan relaksasi otot.

Baca Juga: Makanan yang Sebaiknya Dibatasi Saat Haid

4. Telur

Banyak yang takut mengonsumsi telur karena kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi. Padahal asal tidak lebih dari anjuran kebutuhan sehari tentu tidak masalah.

Penelitian melibatkan 116 perawat buktikan bahwa diet kaya vitamin D, B dan E dapat turunkan gejala PMS. ketiga vitamin tersebut bisa anda dapatkan dalam telur.

5. Tahu

Seperti yang sudah disebutkan, kalsium dapat bantu redakan nyeri haid saat PMS. Salah satu makanan kaya kalsium adalah tahu. Seperempat kebutuhan kalsium dapat dicukupkan dengan sepotong besar tahu.

Makanan lain yang kaya akan kalsium namun rendah lemak adalah sereal dan jeruk.

6. Olahraga

Anggapan menjelang dan saat haid tidak boleh olahraga cukup keliru. Sebab berdasarkan penelitian, justru olahraga ringan bantu perbaiki mood dan buat anda merasa lebih nyaman. Hal ini disebabkan oleh hormon endorphins yang diproduksi salah satunya saat berolahraga.

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan, seperti berjalan santai, yoga, dan jogging. Penelitian tahun 2011 menyimpulkan bahwa olahraga yoga dapat menurunkan rasa nyeri haid secara signifikan pada wanita berusia 18-22 tahun.

Baca Juga: Alasan Olahraga Rutin Bisa Bantu Hilangkan Stres Berlebih

7. Hangatkan Perut

Cara ini mungkin sudah lama anda kenal. Tapi kenyataannya memang rasa hangat (sekitar 40°C) sama ampuhnya dengan obat ibuprofen. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian tahun 2012 yang melibatkan 147 wanita.

Jika tidak punya bantalan atau karet panas, anda dapat gunakan botol kosong yang diisi dengan air hangat. Kemudian usapkan ke daerah bawah perut yang nyeri. Ganti air ketika sudah mulai dingin.

8. Pijat dengan Minyak Esensial

Sama seperti olahraga, pijatan juga dapat melepaskan endorphin (hormon rasa nyaman dan tenang). Tentu semakin lengkap dengan minyak aromatik esensial seperti lavender dan clary sage yang memang bertujuan untuk relaksasi.

Pijatan ringan juga bantu luapkan “stres” karena nyeri haid. Lakukan pijatan ringan 20 menit sebelum dan saat haid di daerah bawah perut, paha, hingga punggung. Anda bisa melakukannya sendiri di sela waktu senggang.

Ucapkan selamat tinggal pada kram dan nyeri. Kini aktivitas anda tidak akan terhambat!

 

Sumber:

Home Remedies to Relieve Menstrual Pain/ 2017. https://www.healthline.com/health/

14 Food to Eat and Avoid on Your Period. 2018. https://thethirty.byrdie.com/bestfoodstoeatonyourperiod/

Food That Help or Hurt Tummy Cramps. 2018. https://www.webmd.com/digestivedisorders/

Menstrual Cramps. 2018. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menstrual-cramps/