Skincare Penting yang Perlu Dibawa saat Traveling

Image : www.travelcompute.com

Saat akan melakukan traveling, apakah anda masih bingung skincare apa yang perlu dibawa? Nggak mungkin juga kita bawa semua skincare yang biasa kita pakai di rumah, bisa-bisa separuh dari isi koper atau tas habis cuma untuk skincare.

Nggak jarang juga sebagian orang hanya membawa sabun wajah saja, atau malah berencana memakai sabun mandi untuk cuci muka. Meski traveling, kesehatan kulit juga harus tetap dijaga, lho. Perubahan iklim dan kondisi saat traveling bikin kulit rawan jadi kusam dalam sekejap.

Nah, kalau begitu skincare pokok apa saja yang perlu dibawa, ya? Yang nggak makan banyak tempat tapi bisa melindungi kulit secara maksimal. Berikut ini 4 skincare yang perlu kamu bawa, dan tips supaya nggak makan banyak tempat di koper atau tas anda.

Baca JugaKenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

1. Sabun Wajah

Saat traveling jangan pernah lupa membawa sabun wajah atau facial foam, ya. Mungkin untuk meminimalisir bawaan, beberapa orang ada yang memutuskan sesekali memakai sabun mandi saja untuk mencuci wajah.

Sabun mandi memiliki pH yang lebih tinggi yang bisa bikin wajah kering. Apalagi saat traveling kulit wajah akan jadi lebih sensitif. Kulit juga lebih sering terkena debu dan polusi karena aktivitas luar ruangan yang lama. Jadi, gunakan pembersih wajah yang gentle dengan pH seimbang. Selalu cuci wajah anda 2 kali sehari, saat pagi hari dan setelah pulang dari aktivitas traveling anda.

2. Toner

Nah, karena saat traveling kulit jadi lebih sensitif dan kering, jangan lupa untuk tetap membawa toner wajah. Pilih toner sesuai kebutuhan dan jenis kulit anda, ya. Beberapa toner ada yang mengandung alkohol dan ada juga yang tanpa alkohol.

Toner berfungsi untuk mengembalikan hidrasi kulit, mengencangkan kembali pori-pori, dan membersihkan kotoran atau sabun pembersih wajah yang mungkin masih tersisa. Toner digunakan setelah mencuci wajah, untuk menjaga keseimbangan PH kulit sehingga tidak terlihat kusam keesokan harinya.

Baca JugaPerawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari

3. Tabir Surya

Yang paling penting saat traveling adalah jangan pernah lupa memakai tabir surya. Bawa terus tabir surya kemanapun anda pergi saat traveling. Anda harus rutin memakai dan mengaplikasikan ulang tabir surya pada kulit supaya tidak mudah terbakar matahari.

Gunakan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum bertemu paparan sinar matahari. Kulit juga perlu pengulangan aplikasi setiap dua jam. Ada dua macam tabir surya, yaitu sunscreen dan sunblock, keduanya punya cara kerja yang berbeda dalam menangkal efek sinar UV. Kalau aktivitas traveling anda lebih sering bertemu dengan paparan matahari, gunakan sunblock dengan SPF minimal 30, ya.

Baca Juga : Apa Bedanya? Sunscreen VS Sunblock

4. Sheet Mask

Saat melakukan traveling, kulit wajah sering sekali menjadi lebih sensitif karena perbedaan iklim termasuk kondisi udara saat di pesawat. Bawa satu atau dua sheet mask untuk kembali menyegarkan kulit wajah anda saat terasa mulai kusam atau bermasalah.

Sheet mask bermanfaat untuk menyegarkan dan melembapkan kulit wajah secara praktis. Cukup tempelkan masker selama 15 menit, kulit wajah kembali segar. Sheet mask juga tidak memakan banyak tempat, dan mudah diselipkan pada tas atau koper.

Tips :

Apa sabun wajah, toner, dan tabir surya anda memakan banyak tempat kalau dibawa traveling. Berikut ini tips supaya skincare anda nggak makan banyak tempat!

1. Bawa Travel Size Skincare
Image : www.innisfree.com

Sekarang ini banyak sekali produk kecantikan yang menjual travel size skincare kit. Jadi dalam satu tas kecil sudah berisi rangkaian produk perawatan kulit seperti sabun wajah, toner, sooting cream, dan tabir surya. Produk seperti ini bisa jadi pilihan yang sangat membantu para traveler. Sudah sangat lengkap dari pembersih, krim pelembap, hingga tabir surya.

Baca Juga : Kenali Bedanya, SPF dan PA pada Tabir Surya

2. Gunakan Travel Bottle Kit
Image : souq.com

Tips kedua kalau mungkin produk yang anda pakai tidak menjual travel size, gunakan travel bottle kit yang banyak dijual di mall, toko kecantikan, bahkan terkadang ada di toko plastik. Botol-botol kecil ini dijual dalam berbagai ukuran mulai dari 5 ml sampai 15 ml.

Pindahkan skincare anda pada botol-botol tersebut. Tapi sebelumnya cuci bersih dulu botol-botol tersebut, dan pastikan sudah kering sebelum anda mengisinya.

 

Sumber :
Avo Skin Beauty. Double Fungsi, Inilah Manfaat Sheet Mask. www.avoskinbeauty.com
Female Daily. (2017). Skincare untuk Traveling Minim Namun Efektif. www.editorial.femaledaily.com
Leslie Baumann. What are the Best Tips for Skincare While Traveling?. www.lesliebaumannmd.com
Paula’s Choice. Best Travel Skincare Advice. www.paulaschoice.com