Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari

www.en.stylenanda.com
Apakah anda melakukan perwatan wajah secara rutin setiap hari? atau justru langsung tidur setelah selesai aktivitas? tanpa mempedulikan paparan matahari, debu, dan polusi yang menempel seharian di kulit wajah. Ada juga orang yang tidak peduli dengan rangkaian perawatan wajah, bahkan hanya mencuci muka satu kali setiap pagi hari. Padahal rangkaian perawatan wajah harian itu sangat penting. Jaga selalu kebersihan kulit wajah dengan rangkaian perawatan dasar yang tepat. Supaya kulit bukan hanya bersih, tapi juga sehat. Berikut ini rangkaian perawatan yang harus anda terapkan sehari-hari di rumah.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Perawatan wajah sehari-hari yang pertama adalah membersihkan wajah anda secara rutin 2 kali sehari. Bersihkan wajah anda sehari-hari dengan sabun muka yang sesuai jenis kulit anda. Jika anda menggunakan makeup yang tebal atau sering terkena polusi, setelah selesai beraktivitas lakukan double cleansing juga, ya. Gunakan micellar water atau susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Kemudian cuci wajah anda supaya sisa-sisa pembersih hilang.

2. Gunakan Toner

Toner atau penyegar merupakan langkah akhir dalam membersihkan wajah. Toner menjaga keseimbangan PH kulit dan menunjang proses penyerapan skincare selanjutnya. Toner wajah juga membantu mengecilkan pori-pori dan mengencangkan wajah anda. Hal ini dapat membuat wajah lebih bersih, segar, serta mencegah munculnya jerawat. Jangan lupa, Pilih toner sesuai jenis wajah anda. Untuk kulit wajah kering dan sensitif biasanya toner mengandung bahan untuk melambabkan wajah dan bebas alkohol. Sehingga. mengembalikan kelembaban wajah setelah mencuci muka dengan sabun. Sedangkan toner untuk kulit berminyak atau berjerawat mengandung zat aktif untuk mengangkat minyak berlebih dan mengeringkan jerawat.

3. Gunakan Pelembab

Apapun jenis kulitnya, jangan pernah lupa memakai pelembab wajah. Bahkan bagi kulit berminyak, pelembab justru akan membantu menyeimbangkan kadar minyak di permukaan kulit. Minyak alami pada wajah tidak selalu benar-benar melembabkan kulit berminyak, juga tidak bisa menghaluskan tekstur kulit. Karena itulah penggunaan pelembab tetap diperlukan. Bagi kulit berminyak, gunakan pelembab oil free dan non-comedogenic. Jenis pelembab ini tidak akan memicu timbulnya jerawat dan tidak menutup pori-pori kulit. Gunakan juga pelembab dengan tekstur yang ringan seperti gel, losion, atau krim yang ringan untuk mencegah penumpukan sebum. Sementara untuk kulit normal dan kering, pelembab sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit. Pelembab juga berperan penting dalam menjaga tekstur kulit supaya halus.

4. Gunakan Serum yang Sesuai

Serum wajah berupa cairan bertekstur ringan dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung larutan campuran vitamin dan sejumlah bahan aktif yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat. Molekul dan persentase bahan aktif dalam serum lebih kaya dan sangat terkonsentrasi daripada kandungan bahan aktif dalam krim wajah biasa. Karena itu serum hanya digunakan sedikit pada wajah, dan dijual dalam botol yang sangat kecil. Produk kecantikan ini khusus menargetkan isu-isu kulit yang lebih spesifik, misalnya untuk mencerahkan, memutihkan, melawan keriput, jerawat, dan flek. Gunakan serum wajah sesuai dengan permasalahan kulit wajah anda.

5. Gunakan Sun Protection

Untuk melindungi kulit dari paparan dan efek sinar matahari (UV), pengaplikasian sun protection sangat direkomendasikan. Jangan sepelekan paparan sinar matahari. UVA dapat menyebabkan kanker, sementara UVB bisa membuat kulit burning/gosong. Pemilik kulit berminyak dan berjerawat biasanya takut menggunakan sun protection karena tidak suka dengan rasa lengket yang membuat wajah terasa semakin berminyak, dan khawatir menyumbat pori-pori. Padahal, apapun jenis kulitnya tetap memerlukan sun protection untuk melindungi kulit dari radiasi UV. Gunakan sun protection sesuai dengan jenis kulit anda. Pilih yang tertulis broad spectrum karena dapat menangkal UVA dan UVB. Pilih juga sun protection dengan SPF sesuai dengan kebutuhan kulit anda. Jangan lupa untuk selalu merawat wajah anda dengan lima rangkaian perawatan di atas, ya. Supaya kulit tetap cantik, bersih, sehat, dan tidak terjadi penuaan dini. Baca Juga : Apa Bedanya? Sunscreen vs Sunblock

Sumber : Dewi Muliyawan. (2013). A-Z Tentang Kosmetik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Maria Dwikarya. (2017). Merawat Kulit & Wajah. Ciganjur : Kawan Pustaka Salma Swastika. (2018). Apa Itu Serum ?. www.nextskin.co.id The Body Shop. (2018). 5 Manfaat Memakai Serum Wajah yang Belum Diketahui Banyak Orang. www.thebodyshop.co.id