Ketahui Pilihan Masker Sesuai Tipe Kulit Wajah

Image: evoke.ie

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Setiap orang pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan bagus. Terutama bagi wanita, kesehatan dan kecantikan kulit wajah sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satu perawatan kulit wajah yang populer disukai oleh wanita adalah masker wajah.

Namun, memilih masker wajah tidak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan terutama jenis kulit wajah Anda. Sebelum Anda memilih jenis masker yang akan digunakan, harus tahu terlebih dahulu tipe kulit wajah Anda. Nah, supaya tidak salah pilih, Anda wajib tahu pilihan masker mana yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.

Baca Juga : Cara Cerahkan Wajah Kusam dalam Sekejap

1. Kulit Wajah Kering

Salah satu penyebab utama kulit kering adalah penghalang lipid yang terganggu. Ketika penghalang lipid kekurangan, kulit mengalami kehilangan air trans-epidermal di malam hari. Terdapat beberapa jenis masker untuk Anda pemilik kulit kering.

Yang pertama adalah masker berbasis krim yang sangat cocok untuk memberikan kelembapan dan hidrasi sekaligus melembutkan kulit Anda. Masker krim membuat kulit Anda lebih sehat dan lebih halus. Carilah masker krim yang mengandung bahan-bahan seperti AHA, BHA, minyak esensial, dan mentega alami.

Kedua ada masker gel yang yang cocok untuk menghidrasi karena bertekstur lembut, ringan, dan cepat meresap. Anda bisa menggunakan masker bertekstur gel yang berasal dari mentimun, tee hijau, dan daun mint untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. 

2. Kulit Wajah Berminyak

Jenis masker terbaik untuk kulit berminyak adalah clay mask atau masker tanah liat. Masker jenis ini membantu menyeimbangkan minyak di kulit wajah Anda dengan mengontrol kelebihan sebum dan mengencangkan pori-pori. Clay mask juga membantu menghaluskan dan melembutkan permukaan kulit Anda yang membuatnya ideal untuk kulit berminyak dan tersumbat.

Selain itu, clay mask juga dapat menghilangkan komedo dan menyelesaikan masalah zona T saat bekerja mengencangkan kulit Anda. Sebaiknya gunakan clay mask yang mengandung asam laktat dan sitrat. Tidak hanya itu peel-off mask juga dapat menjadi pilihan lain untuk kulit berminyak. Peel-off mask memiliki konsistensi dan tekstur yang tebal.

Untuk menggunakan masker jenis ini, tambahkan air ke mangkuk masker dan aduk dengan merata. Biarkan mengering dan kupas setelah dibiarkan mengeras selama beberapa menit. Masker jenis ini berubah menjadi tekstur seperti gel ketika dicampur dengan air, dan membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati sambil memberi nutrisi dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: Manfaat Masker Clay Mask untuk Wajah

3. Kulit Wajah Sensitif

Jika Anda memiliki kulit wajah sensitif seperti kemerahan dan iritasi, disarankan untuk menggunakan masker hydrogel untuk mendinginkan dan melembapkan kulit anda. Masker ini direndam dalam serum berbasis air yang menjenuhkan kulit dengan kelembapan. Selain itu, Anda bisa menggunakan exfoliating mask yang dapat digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari.

Sesekali, Anda perlu menggunakan masker untuk fokus hanya pada pengelupasan kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat. Gunakan masker yang mengandung asam glikolat, asam laktat, atau enzim pepaya dan buah nanas karena dapat dengan lembut mengelupas dan mengembalikan kulit Anda sepenuhnya. Bahan-bahan ini juga merupakan bahan pencerah kulit alami.

4. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang sebagian daerah wajah bersifat kering dan sebagian lainnya berminyak. Salah satu jenis masker yang sangat cocok untuk kulit kombinasi adalah sheet mask. Karena sheet mask sangat efektif untuk melembapkan dan tidak membuat berminyak. Selain itu, masker ini juga mudah digunakan. Masker jenis ini mudah menyerap ke kulit dan sebenarnya cocok juga untuk semua jenis kulit. Masker yang populer di Korea ini bersifat hydrating. Gunakan sheet mask selama 30 menit saat malam hari untuk merasakan manfaatnya.

5. Kulit Wajah yang Menua

Jika usia Anda sudah menginjak lebih dari 40 tahun, biasanya garis-garis halus dan kusam adalah masalah utama kulit utama Anda. Seiring bertambahnya usia, pengelupasan kulit dan pergantian sel kulit akan melambat dan menyebabkan kerutan. Masker terbaik untuk jenis kulit ini adalah water sleeping mask.

Biasanya masker ini digunakan semalaman untuk meremajakan dan melembapkan kulit wajah secara menyeluruh. Sehingga saat bangun tidur kulit Anda akan terasa awet muda dan lembut. Masker jenis ini akan bekerja sempurna karena sebagian besar pekerjaan restoratif pada kulit Anda terjadi semalaman.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker vitamin C. karena vitamin C dibutuhkan oleh kulit Anda untuk memperkuat tekstur kulit. Vitamin C, asam L-askorbat, dan AHA adalah beberapa bahan terbaik untuk mengatasi masalah penuaan. Sebaiknya gunakan masker vitamin C setiap beberapa minggu karena dinilai sangat ampuh untuk menunjukkan hasil yang cepat.

Itulah info lengkap mengenai jenis masker yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya! Gunakan jenis masker yang sesuai dengan kulit wajah Anda untuk menghindari efek buruk pada kulit.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Putih di Wajah

Sumber:
Stackedskincare. The Right Mask for Your Skin Type. www.stackedskincare.com
STYLECRAZE. (2019). 10 Best Types of Face Mask for Every Skin Type. www.stylecraze.com
Women’s Health. (2015). The Best Type of Face Mask for Every Skin Type. www.womenshealthmag.com
Khoobsurati.com. How to Choose the Best Face Mask for Your Skin Type. www.khoobsurati.com
Grid.ID. (2018). 4 Jenis Masker yang Cocok Sesuai Jenis Kulit Wajah, Kamu yang Mana nih?. www.grid.id