Kenali Bedanya, SPF dan PA pada Tabir Surya

Image : www.tinystep.in

Hal utama yang dilihat pada kandungan tabir surya pasti adalah jumlah SPF-nya. Umumnya orang akan lebih tergoda untuk memilih SPF 50 karena dinilai lebih kuat menahan matahari dan tahan air. Ada juga yang memilih SPF dibawahnya karena tekstur SPF 50 biasanya lebih kental.

Tapi anda pasti juga sering melihat adanya label PA dengan bintang-bintang. Terkadang PA ini memang sering tidak diperhitungkan untuk menjadi pilihan karena SPF dirasa sudah dapat mengatasi semua masalah radiasi Ultra Violet (UV).

Sebenarnya, jumlah SPF yang perlu digunakan harus berdasarkan kesesuaian kondisi lingkungan dan keadaan kulit tiap orang. PA juga harus dipertimbangkan untuk menjadi perhatian, karena baik SPF dan PA keduanya memiliki fungsi tersendiri dalam menangkal radiasi UV. Untuk lebih jelasnya, kenali dulu beda dari SPF dan PA itu sendiri.

Baca JugaTips Memilih Sun Protection yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Mengenal SPF dan PA

Rating SPF pada botol tabir surya adalah singkatan dari Sun Protection Factor. SPF melindungi dari paparan UVB yang mengakibatkan kulit gosong (burning). Angka SPF merupakan ukuran dari seberapa baik tabir surya mampu melindungi kulit dari sinar UVB.

Beberapa tabir surya juga menggunakan sistem PA sebagai perlindungan terhadap UVA sama pentingnya untuk mencegah timbulnya kanker dan penuaan kulit. Tapi tidak perlu khawatir jika tidak menemukan tulisan PA, periksa dulu jika ada tulisan broad spectrum artinya tabir surya mampu bekerja melindungi UVA dan UVB.

Angka pada SPF dan Rating pada PA

Dokter kulit asal Amerika Serikat, Dr. James Spencer, mengatakan jika SPF 15 menghalangi 94% sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, dan SPF 45 menghalangi 98%. SPF lebih dari itu tak bermanfaat lagi karena tak ada SPF yang mampu melindungi kulit dari sinar UVB hingga 100%.

Label PA pada tabir surya menunjukkan seberapa besar perlindungan UVA yang ditawarkan produk. PA+  memberi proteksi terhadap UVA dengan Persistent Pigment Darkening (PPD) yang rendah. Sedangkan, PA++ memberikan proteksi sedang terhadap sinar UVA. PA+++ memberi proteksi tinggi terhadap sinar UVA. PA++++ memberi proteksi paling tinggi terhadap UVA dengan PPD yang tertinggi.

Jumlah SPF dan PA yang Diperlukan

Sebenarnya berbeda iklim dan geografi maka berbeda pula SPF yang diperlukan. Namun, untuk di Indonesia sendiri setidaknya minimum SPF yang diperlukan adalah SPF 30. SPF yang lebih tinggi dapat digunakan jika anda dituntut untuk beraktifitas di bawah sinar matahari.

Sementara PA yang diperlukan setidaknya adalah PA+++. Jika produk tidak tertulis kandungan PA, pastikan terdapat kandungan zinc oxide dan titanium dioxide, zat aktif tersebut membantu dalam melawan radiasi UVA.

Pilih SPF dan PA pada tabir surya sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk menggunakannya 15 menit sebelum terpapar matahari. Juga tetap gunakan tabir surya meski di dalam ruangan, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela juga.

Baca JugaApa Bedanya? Sunscreen VS Sunblock

Sumber :
Amanda Woerner. (2015). Heading to the beach? New SPF regulations issued by the FDA. www.foxnews.com
Barbara Poncelet. (2018). The Facts About How Skin Tans. www.verywellfamily.com
Paula Beth Begoun. What Does the PA+ Sunscreen Symbol Mean?. www.paulaschoice.com