Pertolongan Pertama Ketika Semut Masuk ke Telinga Anda

Pertolongan Pertama Ketika Semut Masuk ke Telinga Anda

Penulis: Dewi | Editor: Opie

Telinga Anda sangat rentan dari masuknya benda asing secara tidak sengaja, termasuk serangga atau semut. Jika benda tersebut tidak dapat dikeluarkan, maka kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan gangguan pendengaran.

Serangga kecil dapat masuk kapan saja ke telinga Anda, seperti ketika sedang berkebun, berolahraga, atau bahkan sedang tidur.

Serangga yang kemungkinan sering masuk ke dalam telinga Anda adalah semut. Ketika serangga masuk ke dalam telinga Anda, hewan ini mungkin akan langsung mati, atau dalam kasus lain, ia akan mencoba bertahan hidup dengan mencari jalan keluar dari telinga Anda.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat

Gejala yang mungkin Anda rasakan

Beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan adalah:

  • Pendengaran menurun tiba-tiba
  • Telinga terasa nyeri dan sakit
  • Telinga terasa berdengung
  • Keluar darah dari telinga
  • Telinga terasa penuh

Pertolongan Pertama untuk Telinga Anda

Jika Anda mengalami kejadian tersebut, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Tenang dan Tidak Panik

Tenangkan diri Anda dan jangan panik. Karena jika Anda panik dan melakukan gerakan-gerakan yang berlebihan, Anda akan membuat semut semakin masuk ke dalam saluran telinga bagian dalam.

Beberapa cara agar tetap tenang ialah dengan menarik nafas dalam sebanyak tiga kali.

Selanjutnya, jangan pernah gunakan alat-alat yang dapat mendorong semut untuk memasuki posisi yang semakin dalam, seperti cotton bud atau pinset.

2. Memiringkan Kepala

Miringkan kepala Anda ke arah samping, tepatnya bagian telinga yang dimasuki semut ke bagian atas, agar ia dapat menemukan jalan keluar.

Namun jika tidak juga berhasil, Anda dapat menggelengkan kepala Anda untuk memastikan apakah semut dalam telinga Anda sudah mati atau masih hidup.

3. Teteskan Minyak

Jika Anda merasa semut dalam telinga Anda masih hidup, dan tidak bisa keluar, teteskan sedikit baby oil atau minyak sayur ke dalam saluran telinga Anda.

Selanjutnya, miringkan kepala Anda dengan posisi telinga yang dimasuki semut berada di bagian bawah, lalu secara perlahan goyangkan kepala Anda sampai minyak dan semut keluar dari dalam telinga Anda.

Cara ini dilakukan untuk memastikan Semut di dalam telinga Anda benar-benar mati, sehingga Anda menjadi lebih mudah mengeluarkannya.

Baca Juga: Ketahui Gejala Infeksi Parasit dan Cara Mengatasinya

4. Teteskan Air Hangat

Jika Anda merasa semut dalam telinga Anda sudah mati, Anda cukup meneteskan air hangat ke dalam telinga Anda dan goyangkan kepala Anda ke arah samping, hingga semut dan air tersebut keluar dari dalam telinga Anda.

Hal yang Perlu Dihindari

Untuk menghindari gejala yang semakin parah, hindari penggunaan pinset atau cutton bud pada telinga Anda, karena penggunaan alat tersebut akan memicu terjadinya iritasi dan dapat melukai lubang telinga Anda.

Komplikasi Telinga Akibat Kemasukan Semut

Salah satu komplikasi yang paling umum jika telinga Anda kemasukan semut adalah pecahnya membran timpani dan gendang telinga.

Semut yang masuk ke dalam telinga Anda mungkin saja menggigit atau menggores bagian gendang telinga Anda, sehingga memperburuk keadaan gendang telinga Anda.

Hal ini akan mengakibatkan hilangnya pendengaran Anda dan menyebabkan infeksi pada telinga bagian tengah.

Kondisi ini mungkin akan bersifat sementara dan gendang telinga Anda akan pulih seperti sedia kala.

Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Dokter

Segera hubungi Dokter Anda jika Anda tetap tidak bisa mengeluarkan semut dalam telinga Anda dan merasakan gejala-gejala, seperti:

  • Telinga membengkak
  • Sulit mendengar bahkan dari sumber suara terdekat
  • Telinga bagian dalam yang terasa sangat sakit

Beberapa gejala di atas adalah gejala yang patut Anda waspadai, karena mungkin Anda mengalami infeksi dan harus segera diberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Cara Membasmi dan Mengobati Gigitan Kutu Kasur

Sumber

Mayo Clinic. (2020). Foreign object in the ear: First aid. www.mayoclinic.com

Stanford Childrens. Insects in a Child’s Ear. www.stanfordchildrens.org

Medline Plus. (2020). Ear emergencies. www.medlineplus.gov

Medical news today. (2018). Ear emergencies. www.medicalnewstoday.com