Penyebab dan Cara Mengatasi Mood Swing Saat Menstruasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Mood Swing Saat Menstruasi

Penulis: Lady | Editor: Umi

Bagi sebagian wanita, menstruasi memang dapat menyebabkan berubahnya suasana hati yang datang secara tiba-tiba. Saat mood Anda berubah, Anda bisa menjadi marah, gelisah, sedih dan mudah tersinggung dengan orang disekitar tanpa tahu alasannya. Gejala tersebut merupakan bagian dari sindrom pramenstruasi (PMS). Lalu, apa penyebab mood swing saat menstruasi dan bagaimana cara mengatasi? Simak beberapa informasi dibawah ini.

Penyebab Mood Swings Saat Menstruasi

Dilansir dari Healthline, 75 persen wanita mengalami PMS dengan berbagai tingkat termasuk gejala fisik dan emosional. Sayangnya, alasan yang tepat untuk gejala mood swing saat sebelum dan selama periode menstruasi memang tidak diketahui secara pasti. Namun, para ahli percaya bahwa perubahan siklus hormon merupakan pemicunya.

Pada masa menstruasi, tubuh Anda akan mengalami ovulasi yang terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi Anda. Pada saat itu, tubuh Anda melepaskan sel telur dan menyebabkan kadar hormon estrogen dan progesteron turun sehingga menyebabkan perubahan emosional.

Selain itu, perubahan hormon estrogen dan progesteron juga dapat memengaruhi kadar serotonin dalam tubuh Anda. Serotonin merupakan zat kimia otak (neurotransmitter) yang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati. Jumlah serotonin yang rendah dapat menyebabkan perasaan sedih, mudah marah, mengidam makanan, hingga kesulitan untuk tidur nyenyak.

Baca Juga : Lemas dan Pusing Saat Menstruasi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mood Swings Saat Menstruasi

Gejala mood swing saat menstruasi cenderung berulang dalam pola yang dapat diprediksi, meskipun perubahan fisik dan emosional yang Anda alami saat PMS dapat bervariasi mulai dari yang sedikit terlihat hingga yang intens. Namun, Anda tidak harus membiarkan masalah tersebut mengendalikan hidup Anda. Perubahan dan penyesuaian gaya hidup dapat membantu mengurangi atau mengelola emosi Anda saat menstruasi.

1. Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Mengonsumsi makanan kaya kalsium bisa membantu meringankan perubahan suasana hati Anda saat menstruasi. Beberapa makanan sumber kalsium yang baik untuk Anda konsumsi, yaitu yogurt, susu, keju, sayuran hijau, jus jeruk, dan sereal.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6 (seperti daging ayam, dan buah-buahan) juga dapat membantu meringankan gejala mood swing Anda saat menstruasi. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia selama menstruasi.

2. Rajin Berolahraga

Gejala PMS lainnya seperti rasa sakit dan kembung, mungkin membuat Anda ingin meringkuk daripada berolahraga. Sayangnya, berdiam diri dan meratapi rasa sakit dapat menurunkan mood, dan membuat Anda merasa lebih buruk. Cobalah untuk melakukan olahraga bahkan ketika Anda merasa sakit, kram, atau kembung. Olahraga membantu tubuh Anda melepaskan zat kimia yang disebut endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati.

3. Melakukan Aktivitas Menyenangkan

Mengalihkan diri dari perasaan Anda mungkin bukan hal termudah untuk dilakukan, tetapi hal tersebut bisa efektif. Selain berolahraga, cobalah untuk menghibur diri dengan melakukan berbagai aktivitas seperti menonton film, menghabiskan waktu dengan teman, atau menjadwalkan kegiatan yang Anda nikmati.

Pastikan juga untuk melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuan tubuh Anda dan lakukan istirahat yang cukup. Hindari melakukan aktivitas yang menguras banyak energi (seperti bekerja lembur) agar tubuh tidak semakin lelah dan menjadi mudah emosi.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Nyeri Haid Tidak Tertahankan

3. Tidur Teratur

Tidur yang teratur dapat meringankan mood swing Anda saat menstruasi. Cobalah untuk tidur yang teratur setidaknya 7 hingga 8 jam semalam, agar tubuh Anda menjadi segar dan suasana hati dapat menjadi baik.

Jika Anda mengalami insomnia, perbaiki rutinitas malam hari Anda untuk membuat tidur menjadi lebih kondusif. Anda juga bisa mencoba dengan mematikan ponsel satu jam sebelum tidur atau tidak mengonsumsi kafein di malam hari.

4. Hindari Kafein, Alkohol, dan Permen

Hindari untuk mengonsumsi minuman yang berkafein selama menstruasi karena kafein dapat membuat Anda mudah gelisah, gugup dan bahkan insomnia. Mengurangi alkohol juga dapat membantu Anda agar tidak mengalami depresi saat menstruasi. Jangan lupa pula untuk menghindari permen, soda dan makanan manis lainnya, karena dengan menghindari makanan tersebut dapat meringankan mood swing Anda.

5. Lakukan Yoga

Yoga atau meditasi dapat secara alami meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan perasaan menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres selama menstruasi. Anda juga bisa menggunakan aromaterapi pada saat melakukan yoga agar membantu Anda rileks. Cobalah minyak esensial yang dikenal memiliki kualitas menenangkan seperti lavender, mawar, dan chamomile.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas bisa membantu Anda meredakan rasa sakit saat menstruasi. Cara ini juga akan mengurangi emosional Anda yang diakibatkan dari rasa nyeri di perut. Cobalah meminum obat, seperti aspirin, ibuprofen, atau NSAID lainnya segera apabila Anda mulai merasa kram dan jangan menunggu rasa sakitnya semakin memburuk.

Jika gejala PMS tidak hilang dalam beberapa hari selama menstruasi, segera bicarakan dengan dokter. Apabila Anda mengalami kasus mood swing yang berat, dokter mungkin akan meresepkan obat antidepresan yang dapat membantu, seperti selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Baca Juga : Kenali Perbedaan dan Persamaan Tumor, Miom dan Kista

Sumber

Everyday Health. Mood Swings: PMS and Your Emotional Health. www.everydayhealth.com
Teens Health. Why Do I Feel Depressed When I Have My Period? www.kidshealth.com
Bustle. 7 Reasons Your Period Is Making You Feel Emotional (2016). www.bustle.com
Healthline. How to Deal with Premenstrual Mood Swings. www.healthline.com
Mayo Clinic. 2018. Premenstrual Syndrome (PMS). www.mayoclinic.org



Add Your Comment