5 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Insomnia

Image: rd.com

Insomnia bisa jadi permasalahan tersendiri jika terus berulang. Sulit fokus, lelah, suasana hati yang buruk sangat dirasakan oleh penderita insomnia. Efeknya, kehidupan di siang hari pun tidak bisa berjalan normal sebagaimana mestinya.

Sebenarnya insomnia bukanlah penyakit, melainkan gejala permasalahan tidur.  Insomnia bisa diatasi dengan beberapa perubahan gaya hidup, termasuk dari segi makanan.

1. Madu dan Cuka

Baik madu dan cuka dapat bantu tingkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang memberikan rasa senang dan perbaiki suasana hati. Serotonin diubah oleh tubuh jadi melatonin, yaitu hormon yang atur lama serta kualitas tidur.

Untuk dapatkan minuman ini, campur 2 sdm cuka apel dengan madu. Minum beberapa jam sebelum anda tidur. Murah sekaligus bermanfaat!

2. Jujube

Buah jujube mungkin masih asing didengar. Namun buah kecil berwarna merah ini punya banyak manfaat, termasuk atasi insomnia dan kecemasan.

Dalam ekstrak jujube, terdapat senyawa kimia bernama “jujuboside A”. Jujuboside A pengaruhi bagian hippocampus otak untuk stimulasi rasa tenang.

Rasa tenang ini dorong penderita insomnia untuk tidur lebih pulas. Makanya, ekstrak jujube kadang digunakan sebagai ganti obat penenang.

3. Kacang

Hampir setiap jenis kacang, termasuk almond dan walnut, merupakan sumber melatonin. Seperti yang sudah dijelaskan, melatonin adalah hormon yang mengatur rasa ngantuk dan waktu tidur.

Selain itu, kacang juga mengandung magnesium. Magnesium ini bisa turunkan kadar hormon kortisol (penyebab stres), sehingga kualitas tidur penderita insomnia akan jadi lebih baik.

Oleh karena itu, cobalah konsumsi satu genggam kacang (28 gram) beberapa jam sebelum tidur.

4. Chamomile

Teh atau bunga chamomile sudah cukup terkenal beberapa waktu belakangan. Tentu saja, sebab kandungan antioksidannya turunkan resiko terkena penyakit degeneratif.

Dan ternyata chamomile juga mengandung antioksidan bernama “apigenin”. Antioksidan ini akan berikatan dengan reseptor pada otak dan picu rasa kantuk.

Belum lagi manfaat chamomile yang dapat turunkan tingkat stres serta depresi, 2 faktor penyebab insomnia. Penelitian menyebutkan bahwa terjadi peningkatan kualitas tidur pada orang yang minum teh chamomile selama 2 minggu rutin.

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan beragam kandungan gizi. Salah satunya adalah serotonin, yaitu hormon pengatur siklus tidur.

Penelitian yang dilakukan berkesimpulan bahwa konsumsi 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur dapat tidur nyenyak lebih cepat.

Kandungan lainnya, yaitu vitamin C dan antioksidan dalam kiwi berfungsi untuk menghalau inflamasi. Sehingga berefek pada kualitas tidur yang meningkat.

Baca Juga: Olahraga Bisa Bantu Atasi Insomnia

Jadi, bila anda terserang insomnia, tidak ada salahnya konsumsi makanan di atas. Tanpa efek samping sekaligus banyak manfaat dan zat gizinya. Selamat mencoba!

 

Sumber:

The 9 Best Food to Eat Before Bed. 2017. www.healthline.com
Insomnia. 2009. www.health.harvard.edu
Honey and Vinegar Tonic for Insomnia. 2017. www.livestrong.com
Health Benefits of Jujube Fruit. 2017. www.livestrong.com